Cara Membuat Table Saw Sendiri Yang Aman


Cara Membuat Table Saw Sendiri Yang Aman – Table saw atau yang biasa disebut dengan meja potong merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memotong balok kayu dan papan kayu.  Penggunaan alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan seseorang yang hobi membuat perabotan atau apapun dari bahan kayu.

Table saw mampu menghasilkan potongan yang lurus, akurat dan siku daripada alat pemotong lain yang biasanya menggunakan tangan untuk mengontrol pemotongan. Sayangnya harga table saw yang dijual di pasaran terbilang sangat mahal. Namun hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah besar karena Anda bisa membuatnya sendiri.

Baca juga: Harga Table Saw Berbagai Merk Rekomendasi

Cara Membuat Table Saw Sendiri

Proses pembuatan table saw ini terbagi dalam dua macam, yaitu dengan menggunakan dinamo dan menggunakan circular saw. Cara membuatnya bisa dibilang sangat sederhana dan mudah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini:

Cara Membuat Table Saw dengan Circular Saw

Persiapan

Gambar di atas adalah design dan ukuran meja potong yang akan dibuat. Ukuran papan yang perlu disiapkan adalah (menggunakan multiplex 1,8mm):

  1. 83.6 cm x 42 cm
  2. 83.6 cm x 36.2 cm
  3. 80 cm x 10 cm (4 batang)
  4. 80 cm x 8 cm (8 batang)
  5. 83.6 cm x 1.8cm

Bahan

  1. Multiplex 1,8 mm
  2. Sekrup
  3. Saklar tempel
  4. Stop kontak tempel

Alat

  1. Circular saw/mesin potong
  2. Penggaris siku
  3. Meteran
  4. Bor dan Obeng

Baca juga: Mengenal Ukuran Paku Tembak Dan Mesin Paku Tembak

Langkah-Langkah

Membuat Frame dan Meja Potong

1. Langkah pertama adalah membuat frame persegi dengan menggunakan papan berukuran 80×10 cm. Anda bisa menggunakan sekrup untuk menempelkan. Gunakan juga penggaris siku yang dimana untuk setiap sudut menghasilkan sudut 90 derajat.

2. Kemudian tempatkan papan dengan ukuran 83.6 cm x 42 cm, 83.6 cm x 36.2 cm dan 83.6 cm x 1.8 cm di atas frame yang sudah dibuat, lalu skrup. Khusus untuk kayu berukuran 83.6 x 1,8 cm hanya dipasang sementara karena nantinya digunakan sebagai rel untuk fence.

3. Buatlah 6 lubang pada pelat circular saw dengan ukuran 4 mm. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan bor.

4. Jika plat pada mesin potong sudah diberi lubang maka bisa langsung dipasang di bagian tengah meja yang sudah selesai dibuat. Sebelum melakukan pemasangan maka pastikan posisi mesin sudah sejajar dengan sisi papan. Jika tidak sejajar maka bisa mempengaruhi hasil potongan.