Desain Taman Minimalis Lahan Sempit


Taman Rumah Minimalis – Taman merupakan salah satu pelengkap di sekitar rumah yang penting sekali keberadaannya. Hal ini karena taman rumah bisa menciptakan suasana yang asri dan efek yang menyejukkan di lingkungan rumah. Dulu taman rumah memang hanya di rumah mewah saja dengan halaman yang sangat luas, tetapi sekarang ini taman rumah bisa dibuat di lahan sempit.

Lahan sempit ternyata bukan menjadi masalah besar bagi Anda yang ingin memiliki taman indah. Dengan perencanaan secara detail dan perhitungan matang maka lahan sempit bisa disulap menjadi taman indah sehingga tampilan rumah juga akan terlihat semakin cantik. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan desain taman minimalis untuk lahan yang sempit.

Desain Taman Minimalis

Nah, sebagai referensi kami disini akan memberikan inspirasi desain taman minimalis di lahan yang sempit. Namun sebelum itu, kami akan memberikan tips desain taman minimalis yang bisa Anda coba. Untuk selengkapnya, mari langsung saja tips desain taman berikut ini.

Tips Desain Taman Minimalis

Tips Desain Taman Minimalis

  1. Menentukan Luas dan Lokasi Lahan untuk Taman Minimalis

Pertama Anda harus menentukan terlebih dahulu seberapa luas lahan yang ingin digunakan untuk pembuatan taman. Pemetaan lahan ini memiliki fungsi untuk menentukan konsep taman dan berbagai jenis tanaman hias yang akan menghiasi taman minimalis nantinya.

Untuk masalah lokasi sebenarnya tergantung keinginan Anda sendiri. Bisa Anda tempatkan di halaman depan rumah atau bisa juga di belakang rumah. Namun akan lebih baik jika Anda membangun taman di halaman depan rumah, lebih tepatnya di bagian sudut halaman.

  1. Menentukan Tema Taman

Dalam menentukan tema taman bisa disesuaikan dengan selera Anda sendiri atau bisa juga menyesuaikannya dengan tema rumah. Ada banyak sekali tema yang dapat Anda pilih seperti tema tropis yang cocok untuk daerah dengan tingkat curah hujan sangat tinggi.

taman rumah minimalis gaya bali

Tema Yogyakarta ataupun Sunda yang memiliki ciri khas adanya pancuran dari bambu, tema Bali dengan adanya hiasa patung atau ukiran, dan juga tema lainnya. Untuk memberikan kesan yang lebih dinamis bisa Anda tambahkan pabel kayu dan berbagai jenis bebatuan sebagai carport.

  1. Memilih Jenis Tanaman Untuk Menghiasi Taman

Tips berikutnya adalah memilih jenis tanaman yang digunakan untuk menghiasi taman minimalis. Dalam hal ini Anda tidak boleh sembarangan dalam pemilihan jenis tanaman karena harus disesuaikan dengan luas lahan. Apabila lahan sangat sempit, jangan sampai menanam terlalu banyak tanaman karena bisa membuat taman terkesan penuh dan kotor.

Sebaiknya Anda memiliki satu jenis tanaman yang memiliki ukuran besar. Lalu bisa Anda tambahkan dengan beberapa tanaman hias berukuran kecil seperti Anthurium yang mempunyai kelopak daun lebar sebagai sentral, dan bisa juga dikombinasikan dengan berbagai jenis Adenium. Sedangkan untuk penutup lahan maka Anda bisa menanam rumput gajah.

Baca Juga: Harga Paving Block

  1. Perhatikan Sistem Drainase

Sistem drainase ternyata juga penting untuk diperhatikan, sebab jika taman minimalis Anda terlalu becek maka akan menjadi kurang menarik untuk dipandang mata. Untuk mempermudah penyerapan, Anda bisa membuat lubang drainase di bagian permukaan tanah paling rendah. Anda harus pastikan bahwa sistem drainase tidak terhalangi oleh sampah ataupun benda-benda yang lainnya supaya air bisa mengalir dengan lancar.

taman minimalis bergaya sunda

  1. Faktor Pencahayaan

Cahaya matahari merupakan faktor yang paling penting untuk menjaga supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Meskipun demikia ada beberapa jenis tanaman khusus yang tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung. Inilah yang menjadi alasan mengapa faktor pencahayaan penting untuk diperhatikan dalam desain taman minimalis.

Perhatikan jenis tanaman yang berada di taman minimalis dan seberapa besar kebutuhan tanaman tersebut terhadap sinar matahari. Apabila tanaman bisa tumbuh dengan baik meskipun tidak terkena cahaya matahari maka Anda harus memilih tempat yang teduh atau bisa menggunakan paranest untuk dapat menaungi tanaman dari cahaya matahari.

Inspirasi Desain Taman Minimalis

  • Desain Taman Minimalis di Samping Rumah

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Samping Rumah

Pada lahan yang sempit, area yang tersisa biasanya hanya di bagian samping rumah. Area ini umumnya dijadikan sebagai akses dari depan rumah untuk menuju bagian belakang rumah seperti dapur. Daripada dibiarkan begitu saja maka Anda bisa memperindah tampilan area ini dengan membuat sebuah taman.

Samping rumah yang memiliki bentuk memanjang sehingga desain taman minimalis nantinya juga harus Anda sesuaikan dengan pola memanjang. Seperti misalnya dengan menanam pohon berukuran sedang secara berderet dalam satu garis lurus dengan mengikuti panjang area lahan yang ada. Anda bisa menanam palem-paleman berukuran kecil ataupun tanaman perdu saja untuk menghindari kesan penuh.

  • Desain Taman Minimalis dengan Kolam

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit dengan Kolam

Dengan adanya kolam di sebuah taman sudah pasti akan memberikan kesan sejuk. Dalam hal ini Anda bisa membuat kolam ikan sederhana di taman Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tanaman-tanaman hias yang berukuran kecil di dalam pot atau bisa juga tanaman perdu dengan berbagai kombinasi warna. Bahkan jika memungkinkan Anda bisa menambahkan air mancur mini.

  • Desain Taman Minimalis dengan Batu Koral

Desain Taman Minimalis dengan Batu Koral

Bagi Anda yang sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus kolam maka Anda bisa memanfaatkan desain taman minimalis ini.  Desain ini tidak menggunakan rumput, tetapi bagian bawah taman dapat Anda isi dengan batu koral. Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan desain ini karena memang sangat mudah dalam hal perawatannya.

  • Desain Taman Minimalis yang Dikelilingi Tanaman

Desain Taman Minimalis yang Dikelilingi Tanaman

Supaya tanaman minimalis Anda terkesan lega dan tidak penuh, Anda bisa menyiasatinya dengan desain taman minimalis yang satu ini. Kunci paling utama adalah dengan menyiapkan area cukup lapang sebagai titik fokus dari desain ini. Di sekitarnya bisa Anda tambahkan dengan berbagai macam tanaman berukuran kecil.

  • Desain Taman Minimalis Vertikal

Desain Taman Minimalis Vertikal

Desain taman vertikal ini sudah banyak diterapkan oleh sebagian orang untuk menyiasati keterbatasan lahan. Anda bisa menaruh susunan pot-pot tanaman hias secara vertikal pada bagian dinding eksterior rumah atau bisa juga di dinding pagar rumah. Disamping itu, Anda juga bisa membuat rangka shading jendela yang dapat ditempati banyak pot tanaman cantik.

Baca Juga: Harga Gazebo Minimalis

  • Desain Taman Minimalis yang Menonjolkan Area Hijau

Desain Taman Minimalis yang Menonjolkan Area Hijau

Area hijau pada lahan sempit seharusnya diberikan pembatas supaya tidak menghalangi jalan setapak. Tetapi area ini juga harus terlihat menonjol, supaya sesuai dengan fungsinya sebagai penghias halaman rumah. Bisa dilakukan dengan menaruh tanaman dalam beberapa pot beton yang dibuat lebih tinggi dari bagian permukaan tanah. Sebagai contoh, bisa Anda lihat pada gambar diatas.

  • Desain Taman Minimalis dengan Tanaman Rambat

Desain Taman Minimalis dengan Tanaman Rambat

Taman minimalis ini tidak membutuhkan cukup banyak lahan sebagai tumbuh dan berkembang bagi tanaman. Selain itu, jenis tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan ataupun pemeliharaan secara khusus sehingga cocok sekali bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk merawat taman.


Loading...