Jenis Mata Profil Kayu Dan Router Kayu Lengkap


Jenis Mata Profil Kayu Dan Router Kayu Lengkap – Kayu sampai saat ini masih digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk membuat perabotan rumah tangga atau dekorasi pada rumah. Jika Anda mengamati, biasanya furnitur atau dekorasi kayu untuk rumah memiliki sudut-sudut atau bentuk yang tampak indah dan bermacam-macam.

Biasanya bentuknya terlihat simetris dan bisa seragam sehingga tampak menarik. Hal tersebut tentu saja tidak dibentuk secara manual bagian per bagian. Bentuk yang tampak seragam itu bisa didapat berkat pemakaian mesin profil kayu, mesin router kayu, atau mesin trimmer kayu.



Apapun sebutannya fungsinya sama saja. Yakni untuk membuat profil pada kayu, yang biasanya di sisi pinggir atau bagian tengah kayu. Dengan menggunakan alat ini pekerja atau pengrajin bisa mendapatkan bentuk yang diinginkan dengan lebih mudah dan terlihat presisi.

Saat ini ada cukup banyak merek mesin profil kayu yang dapat dibeli. Meski begitu pada dasarnya mesin ini mempunyai beberapa bagian yang serupa. Salah satu komponen pentingnya adalah mata profil kayu atau mata router kayu. Sebab bagian inilah yang berperan dalam membentuk kayu menjadi suatu bentuk.

Oleh karenanya ada cukup banyak jenis mata profil kayu yang beredar dan bisa kita dapatkan. Masing-masing tentu saja memiliki bentuk yang berbeda, sehingga menghasilkan profil atau bentuk yang berbeda. Pada artikel ini kami bahas lebih lanjut seputar jenis mata router kayu sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran seputar alat ini.

Baca juga: Harga Lis Profil Kayu Dan Skirting Kayu

Jenis Mata Router / Trimmer

Sudah disinggung di atas bahwa mata router atau mata profil kayu memiliki jenis yang beragam. Dari sekian banyak jenis mata router kita bisa mengelompokkannya menjadi beberapa kategori. Misalnya berdasarkan penggunaannya mata profil kayu dapat digolongkan menjadi:



  1. Mata profil kayu untuk profiling
  2. Mata profil kayu untuk jointing atau menyambung
  3. Mata profil kayu untuk pintu
  4. Mata profil kayu untuk panel
  5. Mata profil kayu untuk slotting
  6. Mata profil kayu untuk flush (memotong hpl / membuat sudut hpl)

Perlu diketahui bahwa mata router untuk kayu atau juga disebut router bits umumnya dapat diaplikasikan pada hand router, dan mesin profil yang dipegang dengan tangan ataupun yang berbentuk meja.

Jenis Mata Router / Trimmer Menurut Bentuknya dan Fungsinya

Selain yang disebutkan di atas, mata router dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam berdasarkan bentuk dan fungsinya. Lebih jelasnya silakan simak pembahasan berikut ini:

  1. Mata router pembuat alur: mata profil kayu ini digunakan untuk membuat alur yang beragam, termasuk membuat penghias kaki meja. Atau juga bisa dipakai untuk membuat sambungan.
  2. Mata router pembentuk pinggiran kayu: jika diamati mata router ini memiliki ujung seperti bantalan peluru. Biasanya juga terdapat bantuan pengantar saat dipakai untuk membentuk kayu. Fungsinya adalah untuk membentuk tepian kayu.
  3. Mata router perata pinggir: mata profil kayu ini dipakai untuk perata pinggiran kayu. Dalam penggunaannya dibutuhkan pengantar khusus lantaran bentuknya yang unik dibandingkan mata router lainnya.
  4. Mata router pembuat alur kecil: mata router ini biasa dipakai untuk membuat lekukan hias pada tepian kayu. Bentuk lekukannya bisa dibuat bermacam-macam sesuai kreativitas dan keinginan.

Baca juga: Macam Macam Teknik Sambungan Kayu

Gambar Jenis Mata Profil Kayu

Setelah mengetahui beberapa jenis mata profil kayu, sekarang saatnya melihat seperti apa bentuk atau gambar mata router / mata trimmer. Anda bisa melihatnya di bawah ini, berikut seperti apa gambaran jika digunakan untuk membuat profil kayu.



Dari gambar di atas sudah dapat dilihat bahwa masing-masing bentuk mata profil kayu akan memberikan bentuk atau profil yang berbeda pada material kayu. Di samping itu ukurannya pun juga bisa bermacam-macam.

Akan tetapi perlu kami sampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan Anda akan menjumpai mata router atau mata profil kayu yang berbeda dari gambar di atas. Dengan ukuran yang berbeda pula. Biasanya masing-masing produsen memiliki katalog mata profil router yang dapat Anda unduh dan lihat sendiri.

Baca juga: Jenis Pintu Enginering

Sekilas tentang Mesin Router

Di atas sudah kami jelaskan seputar mata profil kayu. Sekarang kita bahas singkat mengenaiĀ  mesin router profil kayu. Sesuai dengan namanya, mesin router profil adalah alat yang dirancang khusus untuk membuat profil atau menghias benda kerja kayu. Di samping itu mesin router juga mempunyai fungsi lain, yakni untuk membuat alur, spooning, sisi tebal kayu, meratakan pelapis sintetik atau formika, dan banyak hal berguna lainnya.

Hal tersebut bisa dilakukan karena prinsip kerja dari alat ini. Pada dasarnya mesin router mirip dengan mesin bor vertikal. Hanya Saja kepala pisaunya mempunyai bentuk dan desain yang beragam. Dikarenakan fungsinya untuk membuat alur pada permukaan kayu, maka pisaunya berada pada posisi vertikal ke arah bawah. Kebalikan dari mesin profil atau spindle.



Mesin router ini memiliki kecepatan putar (rpm) yang lebih tinggi dari bor biasa. Mesin ini juga menjadi salah satu alat penting yang banyak dijumpai di pabrik.