Harga Mesin Amplas Kayu Dan Dinding / Tembok


Harga Mesin Amplas Kayu Dan Dinding / Tembok – Mesin amplas merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi untuk menghaluskan permukaan benda kayu, beton, dinding, dan logam dengan menggunakan daya listrik sehingga prosesnya bisa dilakukan secara lebih cepat.



Mesin yang memiliki material abrasif ini terdiri dari satu pasang drum yang memutar amplas pita sehingga bisa digunakan oleh tukang untuk menghaluskan dan mengamplas bagian permukaan kasar atau mengeras secara lebih efektif. Perputarannya dibilang sangat cepat sehingga para pemula biasanya mengalami kesulitan saat menggunakan mesin ini.

Baca juga: Harga Mesin Potong Besi Dan Aluminium

Baca juga: Harga Mesin Poles Berbagai Merk Terbaru

Fungsi Mesin Amplas

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari mesin amplas yang perlu Anda ketahui untuk membantu proses pekerjaan Anda bisa lebih cepat selesai.

  • Menghaluskan permukaan benda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa mesin amplas bisa menghaluskan permukaan benda seperti kayu dan logam. Bahkan juga bisa digunakan untuk mengamplas dinding dengan tektur yang kurang rata sehingga memiliki penampilan yang terlihat bagus dan rapi.
  • Mengamplas substrat yang kasar. Mesin amplas juga bisa mengamplas substrat yang kasar secara lebih cepat. Hal ini pastinya berbeda jauh dengan amplas biasa yang sudah pasti membutuhkan banyak waktu dan tenaga yang sangat melelahkan.
  • Mengupas cat ketika proses refinishing. Mesin amplas juga bisa digunakan untuk mengupas cat selama proses refinishing sehingga bisa memberikan hasil yang lebih bagus dan tampak mengkilap.
  • Menghaluskan permukaan yang luas. Ketika Anda menggunakan mesin amplas maka Anda bisa menghaluskan bagian permukaan yang luas secara lebih cepat daripada amplas yang dilakukan secara manual.

Jenis-Jenis Mesin Amplas (Sander)

Mesin amplas yang ada di pasaran terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  1. Mesin Amplas Belt Sander

Mesin amplas belt sander merupakan sebuah mesin amplas yang memiliki alur lintasan material abrasif amplas yang dibuat dari rangkaian drum roll kecil dan track sehingga bisa membuat material abrasif bisa bergulir dengan mengikuti alur lintasan dengan bentuk persegi panjang.



Belt sander seringkali digunakan untuk mengamplas abrasif yang kasar. Selain itu, mesin amplas ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cat yang ada di tembok, menghaluskan bagian permukaan kayu secara lebih cepat, serta mengasah material dan furniture metal.

  1. Orbital Sander

Orbital sander merupakan mesin amplas yang bekerja degan sistem getaran naik turun. Adapun cara penggunaannya adalah dengan meletakkan lembaran abrasif dengan dijepit pada papan orbital supaya bergerak untuk meratakan bagian permukaan dinding ataupun kayu.

Mesin ini sendiri sudah memiliki papan berbentuk persegi dan persegi panjang. Biasanya digunakan untuk mengamplas ataupun menghaluskan bagian sudut kayu atau papan, mengamplas dempul yang mengeras dan pernis (cat) yang mengering. Selain itu, mesin orbital sander juga bisa membantuk proses finishing dalam pemasangan material abrasif yang sangat sulit.



Baca juga: Ukuran Paku Tembak Dan Mesin Paku Tembak