Harga Mesin CNC Plasma Cutting Dan Cara Menggunakannya


Harga Mesin CNC Plasma Cutting – Teknologi CNC belakangan ini sudah semakin populer di kalangan masyarakat industri. Mesin yang mirip dengan robot ini memiliki keunggulan tersendiri, baik itu dari segi biaya murah, menghemat waktu dan tingginya kualitas produk.

Adapun salah satu kegunaan mesin CNC dalam dunia industri yang paling sering dijumpai yaitu untuk memotong plat logam atau material yang lainnya. Sedangkan alat yang bisa mendukung hal tersebut adalah mesin CNC plasma cutting.

Baca juga: 10 Merk Mesin Pertukangan Terbaik 2022

Mengenal Mesin CNC Plasma Cutting

Mesin CNC plasma cutting adalah sebuah mesin yang biasa digunakan untuk memotong plat berbagai jenis logam ataupun material lain yang memiliki akurasi tinggi. Dalam pengoperasiannya, mesin biasa memanfaatkan energi panas yang berasal dari sinar laser dengan tingkat kedalaman yang sudah disesuaikan dengan tebal plat logam yang ingin dipotong.

Didukung dengan adanya sistem robot CNC, kinerja alat ini bisa dikontrol melalui pemograman komputer. Sehingga nantinya mesin akan melakukan pemotongan secara otomatis serta memberikan hasil akurat dan pemotongan yang halus.

Baca juga: Harga Mesin Dan Perhitungan Jasa Laser Cutting Per Cm

Keunggulan dan Kelemahan Mesin CNC Plasma Cutting

Sama halnya dengan teknologi atau mesin pada umumnya, mesin CNC plasma cutting ini memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Berikut ini adalah pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahannya yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

Keunggulan Mesin CNC Plasma Cutting

  • Mesin CNC plasma cutting mampu menghasilkan tingkat akurasi hasil pemotongan yang lebih bagus jika dibandingkan dengan mesin pemotong konvensional yang lainnya. Hal tersebut karena mesin CNC menggunakan bantuan sinar laser sehingga proses pengerjaannya akan selalu stabil.
  • Dengan akurasi yang bagus membuat hasil potongannya menjadi lebih rapi, presisi, dan sesuai dengan rancangan. Apalagi mesin ini merupakan mesin hemat energi karena proses pengerjannya bisa dilakukan secara lebih cepat dan tidak membutuhkan terlalu banyak daya listrik.
  • Mesin CNC plasma cutting tidak hanya bisa digunakan untuk memotong logam saja, namun juga berbagai jenis material yang lain. Beberapa diantaranya adalah material keras seperti kayu, akrilik, multiplek, dan sebagainya. Bahkan juga bisa digunakan untuk memotong material berbahan lunak seperti karet, silikon, kulit dan juga kertas.
  • Mesin ini mampu mengeluarkan panas hingga 6000 Waat sehingga bisa digunakan untuk memotong plat logam yang tergolong tebal.
  • Kemungkinan terjadinya kesalahan bisa dibilang sangat rendah. Ini karena memang akurasinya sangat baik sehingga bisa digunakan untuk memotong pola yang sangat rumit sekalipun.

Kelemahan Mesin CNC Plasma Cutting

  • Mesin CNC plasma cutting pada umumnya membutuhkan daya yang sangat tinggi. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat wajar karena CNC plasma cutting bekerja keras supaya bisa memenuhi akurasi dan ketepatan yang tinggi sehingga perlu didukung dengan daya yang tinggi pula.
  • Untuk mengoperasikan mesin CNC plasma cutting maka dibutuhkan software khusus. Beberapa contoh software khusus yang dimaksud disini adalah CorelDraw, Illustrator, dan Inkspace. Fungsinya adalah untuk mengatur arah sinar laser sesuai dengan pola yang ada. Jika polanya semakin tinggi maka akan membutuhkan biaya yang juga semakin besar.

Baca juga: Perbedaan Plasma Cutting Dan Laser Cutting

Cara Mengoperasikan Mesin CNC Plasma Cutting