Harga Upah Tukang Bangunan Harian


Upah Tukang Bangunan Harian – Dalam menghitung biaya untuk membangun rumah atau jenis bangunan lainnya, salah satu komponen yang tak boleh dilupakan adalah menghitung upah tukang bangunan atau tenaga kerja. Perhitungan upah ini harus dilakukan dengan teliti untuk menghindari selisih biaya yang terlalu besar.

Dalam pekerjaan konstruksi umumnya ada cukup banyak tukang yang dilibatkan. Selain itu masing-masing tukang ini mempunyai keahlian atau bidang yang berbeda. Misalnya tukang kayu, tukang besi, tukang batu, tenaga kerja instalasi listrik, dan lain sebagainya. Keahlian masing-masing tukang ini sangat mempengaruhi upah yang diberikan nantinya.



Tidak hanya itu saja, sistem pembayaran tukang ini juga terbagi menjadi dua macam. Yaitu dengan sistem harian dan borongan. Karena penjelasan keduanya bisa jadi sangat panjang, maka akan kami sampaikan dalam dua artikel yang berbeda. Untuk artikel ini kami jelaskan tentang upah tukang bangunan harian.

Sekilas Tentang Sistem Upah Tukang Harian

Sesuai dengan namanya, sistem ini dilaksanakan dengan membayar upah tukang atau pekerja per hari. Besarnya upah yang dipatok berbeda-beda tergantung daerah kerja. Contohnya di sekitar Jakarta upah satu orang tukang bisa mencapai Rp 150 ribu per hari.

Selain faktor daerah, biasanya upah tukang juga ditentukan berdasarkan luas bangunan yang dikerjakan dan tingkat kesulitannya. Semakin luas dan rumit maka upahnya juga akan semakin mahal. Sistem ini berbeda dengan sistem borongan yang langsung dibayar keseluruhan sampai pekerjaan selesai.

Baca juga: Upah Tukang Bangunan Borongan

Daftar Upah Tukang Bangunan

Walaupun harga yang dipatok berbeda-beda, kisa bisa memperkirakannya berdasarkan kisaran upah tukang bangunan harian yang umum ditentukan. Berikut adalah kisaran upah tukang bangunan dengan sistem harian yang dibagi berdasarkan bidang keahliannya.



Upah Tukang Batu

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Kepala Tukang Batu orang/hari (7jam) 150.000,-
Tukang Batu orang/hari (7jam) 130.000,-
Tukang Batu setengah terampil orang/hari (7jam) 105.000,-
Pembantu tukang/kenek orang/hari (7jam) 95.000,-

Upah Tukang Besi

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Kepala Tukang Besi orang/hari (7jam) 150.000,-
Tukang Besi terampil orang/hari (7jam) 130.000,-
Tukang Besi setengah terampil orang/hari (7jam) 100.000,-

Upah Tukang Kayu

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Kepala Tukang Kayu orang/hari (7jam) 150.000,-
Tukang Kayu orang/hari (7jam) 125.000,-
Tukang Kayu setengah terampil orang/hari (7jam) 110.000,-

Upah Tukang Cat

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Kepala Tukang Cat orang/hari (7jam) 150.000,-
Tukang Cat terampil orang/hari (7jam) 130.000,-
Tukang Cat setengah terampil orang/hari (7jam) 100.000,-

Upah Tukang Gali Tanah

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Mandor Tukang Gali Tanah orang/hari (7jam) 150.000,-
Kepala Tukang Gali tanah orang/hari (7jam) 130.000,-
Tukang Gali Tanah orang/hari (7jam) 100.000,-

Kelebihan dan Kekurangan Tukang Bangunan Harian

Baik sistem pembayaran tukang harian maupun borongan sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan. Berikut kami jelaskan apa saja plus dan minus upah tukang bangunan harian.