Mengenal Kode Kawat Las Listrik RB Dan LB


Kode Kawat Las Listrik RB Dan LB – Ada cukup banyak alat pertukangan yang bisa kita jumpai di sekitar kita. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda, begitu juga dengan cara pengoperasian dan komponen yang ada pada alat tersebut. Salah satu dari sekian banyak alat untuk tukang yang biasa dipakai adalah las listrik.

Las listrik adalah alat yang dipakai untuk menyambung logam dengan cara memanfaatkan nyala busur listrik yang diarahkan ke permukaan logam yang hendak disambung. Pada bagian yang terkena busur listrik tersebut nantinya akan mencair, demikian juga dengan elektroda yang menghasilkan busur listrik juga ikut mencair pada ujungnya dan merambat terus sampai habis.



Logam cair dari elektroda dan sebagian benda yang akan disambung tersebut akan tercampur dan mengisi celah dari kedua logam yang akan disambung. Kemudian membeku dan membuat kedua logam tersebut membeku.

Dari penjelasan tersebut kita sudah tahu bahwa elektroda menjadi salah satu komponen penting pada alat las listrik. Di sisi lain ada cukup banyak macam elektroda atau juga biasa disebut kawat las. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko sekitar tempat tinggal ataupun lewat toko online.

Hanya saja karena pilihan produk yang beragam penting bagi kita untuk mengetahui kawat las yang berkualitas. Sebab hal ini akan mempengaruhi hasil kekuatan sambungan nantinya. Jika tidak memilih elektroda dengan tepat, bisa-bisa benda yang kita sambung patah saat dilakukan pengujian atau dipakai.

Selain itu jenis kawat las yang dipilih juga harus disesuaikan dengan material yang dipakai. Sebab hal ini juga akan mempengaruhi hasil pengelasan. Kawat las stainless steel tentu saja mempunyai karakteristik yang berbeda dengan elektroda untuk pengelasan material berbahan baja. Selain itu harganya pun juga menjadi berbeda.



Baca juga: Setting Ampere Las Listrik Dan Ukuran Kawat

Sekilas Tentang Kawat Las RB dan LB

Dari sekian banyak kawat las yang beredar di pasaran, kawat las RB dan LB menjadi dua jenis yang bisa Anda dapatkan. Kedua jenis kawat las  ini memiliki harga yang beragam. Hanya saja umumnya produsen menawarkan produk ini dengan minimal pembelian 5 kg atau 1 kotak boks.

Kita bisa saja membeli kawat las ini dalam satuan kiloan, namun cukup jarang penjual eceran yang memasarkannya. Jika dijual per 5 kg, harga kawat las RB bisa mencapai Rp 160 ribuan. Sedangkan harga kawat las LB berkisar Rp 180 ribu sampai dengan Rp 800 ribuan untuk ukuran 1 dus atau 20 kg. Tentu saja harga juga dipengaruhi oleh diameter kawat las tersebut dan jumlah yang dibeli.

Perbedaan Kawat Las RB dan LB

Yang menjadi pertanyaan tentu saja apa perbedaan kawat las RB dan LB. Perlu diketahui bahwa kawat las ini biasa digunakan pada konstruksi baja. Untuk pekerjaan tersebut kita bisa memakai elektroda atau kawat las RB 26 dan LB 52.



Kedua tipe elektroda tersebut sebenarnya diproduksi oleh perusahaan yang sama, yakni Kobe Steel. Perbedaan keduanya terletak pada klasifikasinya. Di mana kawat las RB 26 adalah E 6013, sedangkan LB 52 adalah E 7018.

Menurut AWS Classification, E 6013 memiliki kekuatan sambungan las sebesar 60.000 PSI. Sementara E 7018 mempunyai kekuatan sambungan las sebesar 70.000 PSI.

Baca juga: Harga Mesin Las Listrik, Mig, Argon Yang Bagus

Fungsi Kawat Las RB dan LB

Lebih lanjut kawat las RB 26 mempunyai fungsi yang cukup spesifik. Kawat las ini merupakan elektroda tertutup yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengelasan secara vertikal. Sehingga kawat las RB cocok untuk dipakai pengelasan struktur, termasuk pengelasan lembaran baja dan struktur yang ringan.

Sedangkan kawat las LB 52 biasa dimanfaatkan untuk mengelas besi hollow, siku besi, pipa, plat, dan lain sebagainya. Kawat las LB ini tersedia dalam beberapa ukuran, antara lain 2,6 x 350 mm, 3,2 x 350 mm, dan 4,0 x 400 mm.



Kode Kawat Las Listrik

Kawat las listrik terbilang banyak macamnya. Maka dari itu agar orang bisa mengenalinya dengan lebih mudah dibuatlah sebuah kode. Kode ini memberikan beberapa informasi terkait jenis bahan lapisan pelindungnya, kekuatan mekanisnya, posisi atau cara pegelasannya, hingga jenis arus dan polaritas listrik yang dipakai.

Sebenarnya produsen kawat las listrik memiliki simbol standar yang bisa berbeda-beda. Maka dari itu kita bisa menjumpai ada cukup banyak simbol atau kode pada kawat las listrik. Kendati demikian ada beberapa persamaan antara satu dengan yang lain. Sehingga bisa disusun sebuah daftar konversi untuk alternatif pemakaian seandainya seseorang ingin menggunakan jenis elektroda dari merek lain.

Maka dari itu kita mengenal kode-kode yang distandarisasi oleh American Welding Society (AWS). Pada standar yang ditetapkan oleh AWS kita bisa mengetahui beberapa kode seperti berikut:

  • E: elektroda
  • R: rod atau batang las
  • B: brazing atau solder
  • Cu: cuprom atau tembaga
  • Si: silicon atau silisium

Simbol atau kode pada elektroda las sudah dinormalisasikan menurut standar, sehingga akan memudahkan orang lain ketika ingin membelinya. Silakan simak gambar berikut.