Informasi Besaran Watt AC Lengkap


Berapa Besaran Watt AC – Sebagai masyarakat yang hidup di negara tropis, kita sering berhadapan dengan hawa yang panas saat musim kemarau. Bahkan meskipun masuk musim hujan cuaca yang panas bisa tetap terjadi saat siang hari.

Hal ini tentu saja mengganggu kita, terlebih saat beraktivitas atau beristirahat di rumah. Hawa yang panas bisa membuat tubuh kita tidak nyaman. Atau bahkan bisa membuat kita kesulitan untuk tidur.



Untuk mengatasi hawa panas di dalam rumah biasanya pemilik akan memasang pendingin ruangan. Pilihannya bisa kipas angin atau Air Conditioner (AC). Jika mempunyai dana yang cukup, Anda bisa memilih AC sebagai pendingin ruangan di rumah Anda. AC memiliki hembusan angin yang lebih sejuk dan dingin sehingga banyak orang yang menyukainya.

Akan tetapi ada satu kekurangan yang cukup mencolok dari AC, yakni penggunaan daya listrik yang lebih besar dari kipas angin. Poin minus ini harus mendapat perhatian khusus dari Anda. Sebelum memutuskan membeli AC Anda harus mengetahui jenis AC yang tepat untuk rumah Anda.

Baca juga: Biaya Pasang AC

Kebutuhan Listrik AC

Jika Anda amati, masing-masing produk AC dari berbagai merek yang ada memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Kapasitas AC biasa dinilai dari PK AC tersebut. PK AC merupakan sebutan horse power atau tenaga dari AC tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui berapa besar PK AC yang cocok untuk rumah, maka Anda harus menyesuaikannya terlebih dahulu dengan daya listrik rumah. Berikut adalah kebutuhan listrik dari kapasitas watt AC yang bisa Anda simak:



Jenis PK AC AC Standard AC Low Watt AC Inverter
AC 1/2 PK 400 Watt 320 Watt
AC 3/4 PK 600 Watt 530 Watt
AC 1 PK 840 Watt 660 Watt 225 – 920 Watt
AC 1.5 PK 1170 Watt 270 – 1070 Watt
AC 2 PK 1920 Watt 300 – 1710 Watt
AC 2.5 PK 2570 Watt 350 – 2220 Watt

Setelah mengetahui PK AC beserta kebutuhan listriknya, Anda tinggal menyesuaikannya dengan daya arus listrik rumah. Seperti yang diketahui, PLN menyediakan beberapa opsi standar daya listrik. Antara lain 220VA (1A), 450VA (2A), 900VA (4A), 1300VA (6A), 2200VA (10A), 3500VA (16A), 4400VA (20A), 5500VA (25A) dan seterusnya.

Tugas Anda selanjutnya adalah mencocokan jumlah total daya arus listrik rumah dengan kebutuhan AC. Jangan lupa untuk menghitung konsumsi penggunaan barang elektronik lain di rumah. Baik TV, lemari pendingin, penanak nasi, mesin cuci dan lain-lain.

Jenis AC (Air Conditioner)

Di pasaran ada beberapa jenis AC yang ditawarkan untuk konsumen. Masing-masing jenis ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, termasuk kebutuhan daya listriknya. Sebelum membeli, alangkah baiknya Anda mempelajari perbedaan jenis-jenis AC ini. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.