Jenis Sambungan Kayu Dan Aplikasinya


Jenis Sambungan Kayu Dan Aplikasinya – Kayu merupakan salah satu material yang mempunyai begitu banyak kegunaan. Mulai dari konstruksi, furnitur, atau peralatan rumah tangga. Meskipun beberapa fungsinya bisa digantikan dengan material lainnya, eksistensi kayu tetap tidak tergantikan.

Mengubah kayu untuk menjadi suatu barang yang bermanfaat membutuhkan pemahaman tentang teknik pengolahan. Misalnya untuk sambungan kayu, maka kita perlu memahami banyak hal tentang sambungan kayu. Mulai dari jenis sambungan, jenis kayu yang bisa digunakan, hingga bagaimana cara membuatnya.

Dari beberapa hal tersebut, kami bahas tentang jenis sambungan kayu yang bisa kita adopsi. Untuk diketahui, jenis sambungan kayu sangat beragam. Masing-masing memiliki bentuk yang berbeda-beda, termasuk karakteristiknya. Sehingga kita perlu mengetahuinya terlebih dahulu untuk mengetahui jenis sambungan mana yang tepat untuk pekerjaan kita. Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda.

Sambungan Kayu Langsung

Sambungan kayu langsung atau butt joint adalah jenis sambungan yang paling sederhana dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Pasalnya pada sambungan ini kita hanya perlu menempelkan kedua permukaan kayu yang sudah dilem kayu. Lalu sambungan tersebut dipres dengan memakai klem atau alat pres. Selain itu biasanya pemasangannya juga memakai sekrup agar tidak mudah lepas.

Baca juga: Cara Finishing Kayu Yang Rapi

Sambungan Kayu Lidah dan Alur

Sambungan ini juga dikenal dengan Tongue and Groove atau T&G. Sambungan ini dipakai untuk menyambungkan dua kayu dengan memasukkan profil lidah ke alur kayu satunya. Sambungan kayu lidah dan alur biasa diaplikasikan pada lantai kayu dan sistem flooring. Dengan sambungan semacam ini kayu dapat terpasang dengan kuat. Ada beberapa cara untuk membuat sambungan kayu T&G. Yakni dengan memakai mesin profil atau mesin moulding dan dengan cara manual atau memakai peralatan tangan.

Sambungan Kayu Purus Lubang

Sambungan dengan julukan lain Mortise & tenon Joint ini memiliki sedikit kemiripan dengan T&G. Akan tetapi sambungan ini biasa diaplikasikan pada balok atau untuk membuat sambungan furnitur. Pada sambungan ini kita perlu membuat lubang berbentuk persegi atau setengah lingkaran untuk dimasuki kayu lain yang sudah dipurus.

Baca juga: Harga Kayu Kalimantan Per Kubik

Sambungan Kayu Ekor Burung dan Finger Joint