Harga Pemasangan Lift Rumah Sederhana


Harga Pasang Lift Dan Biaya Listrik – Keberadaan lift di pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran adalah hal yang biasa. Akan tetapi tidak demikian dengan rumah. Biaya adalah salah satu alasan utama mengapa penggunaan lift pada rumah tidak populer di Indonesia. Pemilik rumah harus siap merogoh kocek dalam-dalam jika ingin memasang lift pada hunian kesayangannya.

Akan tetapi bukan berarti masyarakat Tanah Air tidak berminat dengan home lift. Bagi mereka yang mempunyai dana lebih memasang lift menjadi hal yang tepat. Terlebih jika rumahnya terdiri lebih dari satu lantai dan ada anggota keluarga yang sudah berusia lanjut.



Terlepas dari harganya, lift memberikan kemudahan untuk kita saat ingin menuju lantai tertentu. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menaiki ataupun menuruni tangga. Dengan lift kita juga bisa lebih menghemat waktu.

Saat ini ada cukup banyak pilihan yang bisa dipilih saat ingin membeli lift. Seperti Mitsubishi, Otis, Condato, Onat, dan lain sebagainya. Ada banyaknya pilihan akan memudahkan Anda dalam menentukan mana yang sesuai kebutuhan.

Akan tetapi jika Anda tidak mengetahui seperti apa lift yang ideal untuk rumah Anda, maka Anda bisa membaca panduan berikut ini.

Baca juga: Struktur Bangunan Gedung Bertingkat Tinggi

Panduan Memilih Lift untuk Rumah

Apabila Anda sudah mantap untuk memasang lift pada rumah, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Sehingga nantinya Anda tidak sampai salah membeli. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.



Jumlah Lantai

Jumlah lantai rumah akan mempengaruhi banyak hal. Semakin tinggi lantai maka harga lift juga akan semakin mahal. Selain itu hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap konstruksi dan material yang dipakai.

Jumlah perhentian yang diinginkan juga akan mempengaruhi biaya keseluruhan pemasangan lift rumah. Mengenai hal ini Anda bisa langsung berkonsultasi dengan kontraktor lift terpercaya.

Rumah Sudah Jadi atau Sedang Dibangun

Memasang lift rumah pada rumah yang sudah jadi akan lebih mahal dari yang sedang dibangun. Sebab dalam kasus tersebut produsen atau kontraktor lift harus mengubah konstruksi rumah agar dapat mengakomodasi lift rumah.



Ukuran dan Daya Angkut Lift

Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kapasitas angkut dan juga ukuran lift yang akan dipilih. Biasanya kapasitas angkut lift rumah lebih kecil dari lift yang sering kita jumpai di pusat perbelanjaan. Daya angkutnya hanya berkisar 250 kg (untuk 3 orang) hingga 420 kg (5 orang).

Pertimbangkan mana lift yang sesuai dengan kebutuhan. Pikirkan apakah Anda butuh lift berukuran besar dan mempunyai daya angkut yang besar pula atau tidak.

Bahan Finishing

Anda juga bisa memperhatikan finishing kabin lift. Lift untuk rumah biasanya dihiasi dengan finishing dengan beberapa pilihan model. Seperti stainless steel, steel plate painted, steel plate laminated, hingga finishing kaca. Masing-masing finishing ini akan mempunyai harga yang berbeda.

Fitur Lift

Anda bisa menjumpai lift yang dilengkapi dengan beberapa fitur opsional yang menjadi kelengkapan dari operasional lift tersebut. Contohnya adanya fitur Automatic Rescue Device (ARD) yang fungsinya memberikan keamanan kepada pengguna saat power listrik mati. Selain itu juga ada lift yang dilengkapi dengan pendingin ataupun sensor gempa.