Cara Pasang Marmer Ukuran Slab


Cara Pasang Marmer Ukuran Slab – Marmer merupakan salah satu penutup lantai pada sebuah rumah. Alasannya tak lain karena marmer mempunyai tampilan yang mulus dan indah sehingga dapat memberikan kesan mewah pada ruangan.



Untuk pemasangannya sendiri bisa dibilang cukup mudah, namun ada dua metode yang digunakan. Kedua metode tersebut adalah sistem basah dan kering. Bagi Anda yang ingin memasang marmer, berikut ini kami akan menjelaskan cara pemasangan marmer dengan menggunakan metode basah dan kering.

Baca juga: Harga Satu Slab Marmer Lokal Dan Impor

Cara Pasang Marmer Sistem Basah Pada Lantai

Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara pemasangan menggunakan sistem basah. Biasanya sistem basah ini digunakan untuk pemasangan marmer pada lantai. Adapun langkah-langkah adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan Peralatan dan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan berbagai peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pemasangan marmer sistem basah.

  1. Cek Kondisi Material

Cek kondisi marmer yang ingin dipasang. Pastikan bahwa kondisi marmer tersebut tidak retak atau tergores karena bisa membuat marmer memiliki penampilan kurang menarik saat dipasang.



  1. Periksa Arah Tekstur dan Keseragaman Warna

Setiap jenis marmer sudah pasti memiliki tekstur dan warna yang beragam. Maka dari itu, saat melakukan pemasangan sangat disarankan untuk mengikuti arah tekstur yang sama dan warna senada.

Usahakan untuk memeriksa arah tektur dan keseragaman warna antar semua marmer yang ingin dipasang pada lantai. Lalu pasang-pasangkan dengan marmer yang lainnya supaya warna dan tekstur yang dihasilkan terlihat seragam dan cantik.

Baca juga: Perbedaan Marmer Dan Granit Wajib Diketahui

  1. Siapkan Permukaan Pemasangan Marmer

Pada langkah ini, Anda harus pastikan bahwa permukaan sudah rata, di-scred, dan dalam kondisi kering sebelum melakukan pemasangan marmer.



  1. Membuat Pola di Lantai

Anda juga harus membuat pola di lantai sesuai dengan pola yang sudah direncanakan sebelumnya. Untuk memberikan tanda pada lantai sesuai dengan pola yang diinginkan maka Anda bisa menggunakan tali berkapur.

  1. Melapisi dengan Perekat

Langkah berikutnya adalah melapisi lantai dengan cairan perekat. Anda juga bisa menggunakan roskam bertakik untuk membuat garis lubang di bagian permukaan perekat dengan menggunakan takik tersebut.

Pastikan bahwa garis lubang sudah rata, jangan sampai terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Hal ini karena garis lubang tidak boleh menyentuh bagian permukaan lantai.

  1. Pemasangan Marmer

Pelapisan pada marmer bisa dilakukan secara satu persatu pola sehingga pemasangannya juga bisa satu persatu. Berikan jarak untuk satu marmer dengan marmer lainnya menggunakan alat pembuat celah.

  1. Biarkan Kering

Pastikan juga bahwa perekat sudah benar-benar kering. Biasanya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari untuk kering.



  1. Isikan Nat dan Bersihkan

Jika perekat sudah kering maka bisa dilanjutkan dengan mengisi celah antar marmer dengan nat dan biarkan sampai kering kembali. Biasanya membutuhkan waktu selama satu hari untuk kering, setelah itu bisa langsung dibersihkan.