Cara Membuat Lilin Aromaterapi Dengan Mudah


Cara Membuat Lilin Aromaterapi – Awalnya kita mengenal lilin sebagai penerangan. Biasanya digunakan saat listrik padam atau saat keperluan tertentu. Akan tetapi seiring berjalannya waktu lilin mengalami perluasan fungsi. Sekarang ada lilin yang memunculkan aroma wangi yang kemudian kita kenal dengan sebutan lilin aromaterapi.

Lilin aromaterapi pada dasarnya lilin yang mempunyai kandungan minyak esensial. Bagi Anda yang belum familiar, minyak esensial adalah cairan pekat yang biasanya terbuat dari berbagai bahan-bahan alami. Seperti sari buah, bunga, lidah buaya, dan jenis-jenis tumbuhan lainnya.

Akan tetapi juga ada lilin aromaterapi yang dicampur dengan bahan atau wewangian buatan. Wewangian atau minyak aromaterapi tersebut dibuat dengan beberapa metode ekstraksi. Apapun metodenya, lilin aromaterapi yang sudah jadi dapat memberikan aroma yang wangi, dengan durasi yang panjang saat digunakan.

Ketika sumbu dibakar lilin aromaterapi akan menyebarkan aroma yang harum ke seluruh ruangan. Tidak sebatas itu saja, ada banyak sekali manfaat dari lilin aromaterapi. Seperti untuk meditasi, relaksasi, untuk membuat istirahat lebih baik. dan lain sebagainya.

Sebenarnya lilin aromaterapi tersedia dalam bentuk yang siap pakai. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko, mall, dan tempat-tempat lain. Akan tetapi kita juga bisa mencoba membuatnya sendiri.

Baca juga: Rangkaian Panel Surya Mini Sederhana

Jenis Lilin

Sebelum membahas mengenai cara membuat lilin aromaterapi, kita perlu mengetahui jenis-jenis dari bahan dasar pembuat lilin. Pasalnya ada beberapa macam lilin yang bisa kita pakai untuk membuat lilin aromaterapi. Ada yang berbahan alami, ada juga yang sintetis, atau campuran keduanya. Supaya lebih jelas berikut beberapa jenis lilin yang bisa kita beli.

Lilin Parafin

Lilin parafin merupakan salah satu lilin yang sering digunakan oleh banyak orang. Jenis ini memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi. Biasanya lilin yang dijual di pasaran berbahan dasar parafin. Lilin ini merupakan produk sampingan dari penyempurnaan minyak mentah. Selain fleksibel, lilin yang terbuat dari parafin lebih mudah leleh, menghasilkan asap tipis, serta dapat diberi aroma dan warna dengan mudah.

Lilin Kedelai

Ketika mencari bahan yang alami, lilin kedelai bisa menjadi opsi yang menarik. Kebanyakan lilin ini terbuat dari 100% minyak kedelai murni. Minyak tersebut kemudian dicampur dengan minyak nabati seperti kelapa.

Lilin Kelapa

Lilin kelapa juga terbuat dari minyak alami. Berbeda dengan lilin kedelai, lilin kelapa terbuat dari minyak sawit. Karena bahan dasar tersebut lililn ini mempunyai tekstur yang keras. Biasanya lilin ini dicampur dengan lilin kedelai agar lebih keras.