Harga Cetakan Paving Block Manual Buatan Sendiri


Harga Cetakan Paving Block Manual – Halaman rumah termasuk dalam salah satu komponen eksterior rumah. Setiap orang pastinya ingin memiliki halaman rumah terlihat rapi dan menarik saat dipandang mata. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasang paving block.

Paving block sendiri adalah salah satu material bagunan yang dibuat dari campuran semen, air, dan agregat lainnya yang kemudian dicetak. Cetakan paving memang sangat dibutuhkan untuk membentuk berbagai macam ukuran dan motif paving.

Ada banyak sekali tipe mesin cetak paving, mulai dari manual, semi manual, dan full otomatis. Cetakan yang digunakan sudah pasti menyesuaikan dengan kebutuhan setiap mesin. Sehingga harga cetakan paving berbeda-beda untuk setiap jenisnya.

Untuk mesin paving otomatis pada umumnya sudah memiliki desain cetakan build up dari pabrikan. Sedangkan untuk yang manual dapat diganti dengan berbagai macam tipe dan ukuran. Berikut ini kami akan memberikan pembahasan secara lengkap mengenai cetakan paving block beserta daftar harganya.

Baca juga: Harga Paving Block / Conblock

Baca juga: Biaya Bangun Rumah Minimalis Per Meter

Jenis-Jenis Mesin Paving Block

  1. Mesin Cetak Paving Manual

Mesin cetak paving manual merupakan sebuah alat cetak paving manual dan paling sederhana karena berupa plat besi yang menyesuaikan dengan bentuk paving ataupun batako. Proses pengoperasiannya bisa dibilang sangat mudah, yaitu dengan memasukan bahan adonan kedalam cetakan atau molding kemudian ditutup dan dipukul-pukul selama beberapa waktu supaya adonan menjadi sedikit padat.

  1. Mesin Cetak Paving Gravity Drop Vibration

Mesin cetak paving gravity drop vibration merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk mencetak batako dan paving block dengan menggunakan sistem Gravitation Drop & Vibrator. Adonan semen akan dicetak dengan menggunakan molding dan dipadatkan beban molding atas dengan bantuan gaya gravitasi. Kemudian adonan bisa langsung digetarkan dengan menggunakan diesel atau motor listrik sehingga adonan yang ada di dalam molding bisa merata padat.

  1. Mesin Cetak Paving Press Hidrolik

Mesin cetak paving press hidrolik merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi untuk mencetak batako dan paving block dengan menggunakan sistem press hidrolik. Mesin cetak yang satu ini merupakan mesin yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan mesin cetak paving lainnya.

Untuk cara penggunaannya, adonan semen akan dicetak dengan molding lalu dipadatkan dengan tekanan tinggi berupa mesin press dengan kekuatan tekanan (pressure) hidrolik mulai dari 10 ton sampai dengan 40 ton tergantung dari kekuatan hidrolik mesin itu sendiri. Mesin ini mampu menghasilkan paving block dan batako yang mempunyai kualitas tinggi dengan tingkat kekuatan K300, K400, hingga +K480 lebih.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Batako Standar SNI