Biaya Bangun Rumah Minimalis Per Meter


Biaya Bangun Rumah Minimalis Per Meter – Butuh sebuah langkah besar ketika Anda ingin membangun rumah dari nol. Berbeda dengan membeli rumah yang sudah jadi, ketika hendak membangun rumah sendiri banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari lahan, desain rumah, material bangunan, hingga hal-hal lainnya.

Maka dari itu artikel ini dibuat untuk membantu memberikan gambaran kepada Anda terkait apa saja biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin membangun rumah. Sehingga Anda bisa memulai persiapan dari sekarang, sembari menanti dana untuk membuat rumah impian.



Baca juga: Biaya Servis Pemanas Air (Water Heater)

Rincian Biaya Membangun Rumah

Biaya Tanah

Tidak ada patokan khusus mengenai harga tanah. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa kita cermati. Harga tanah di daerah cluster akan lebih mahal dari yang ada di kawasan non cluster. Pasalnya daerah cluster sudah dilengkapi dengan fasilitas tertentu yang menjadi nilai tambah. Seperti tempat ibadah, taman bermain, keamanan lingkungan yang memadai, dan lain sebagainya.

Selain membeli tanah, Anda juga perlu mengukurnya. Sehingga Anda akan tahu seberapa besar daerah yang bisa dimanfaatkan untuk bangunan rumah. Pengukuran ini harus melibatkan tenaga ahli di bidangnya karena membutuhkan akurasi yang tinggi. Kesalahan pengukuran tentu bisa berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan.

Misal saja untuk tanah dengan luas 150 m2 di Jakarta dengan kisaran harga Rp3.000.000, biaya beli tanahnya menjadi 150 x Rp3.000.000 = Rp450.000.000

Biaya Pondasi

Agar dapat berdiri kokoh, rumah membutuhkan pondasi yang kuat. Maka dari itu jangan abaikan soal ini. Menghitung biaya pondasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan rumus trapesium. Rumus ini kita pakai untuk mengetahui volume pondasi yang akan dibuat. Rumusnya adalah sebagai berikut:



Penampang Bawah + Penampang Atas : 2 x Tinggi Pondasi

Setelah mengetahui volume pondasi sudah diketahui, kita kalikan dengan biaya pembuatan per meter kubik. Sehingga kita bisa mengetahui dana yang dikeluarkan untuk pembuatan pondasi tiap meter.

Contoh:

  • Panjang penampang bawah: 0,5 meter
  • Panjang penampang atas: 0,3 meter
  • Tinggi pondasi: 0,6 meter

Maka, biaya yang diperlukan untuk tiap meter pondasi adalah sebagai berikut:



0,5 + 0,3 / 2 = 0.4 x 0,6 = 0,24 m3

Dari perhitungan tersebut ditemukan bahwa volume pondasi adalah 0,24 meter kubik. Jika untuk per meter kubik pondasi membutuhkan biaya sebesar Rp 800.000 maka:

Rp 800.000 x 0,24 = Rp 192.000

Dengan begitu, biaya yang diperlukan untuk tiap meter pondasi adalah Rp 192.000

Baca juga: Biaya Pondasi Rumah Berbagai Type Dan Ukuran

Biaya Material Bangunan



Dari beberapa komponen yang ada, material bangunan bisa dibilang yang paling banyak menghabiskan dana. Meskipun hal ini tidak berlaku untuk semua bangunan rumah. Dalam menentukan material bangunan kita bisa mencermati beberapa hal, seperti kualitas material, toko tempat kita membeli material, dan lain-lain.