Desain Dan Struktur Rumah Roof Top Garden

Desain Dan Struktur Roof Top Garden – Di zaman sekarang ketersediaan lahan untuk bangunan semakin menipis. Di sisi lain kebanyakan rumah masa kini memiliki area yang tidak terlalu luas. Sehingga harus berpikir lagi jika ingin menambahkan taman yang indah. Akan tetapi kita bisa meletakkan taman di atas atap rumah kita atau biasa dikenal dengan istilah roof top garden.

Roof top garden sebenarnya bukan hal baru, sebab sebelumnya taman di atas atap ini sudah ada lebih dulu di restoran atau hotel. Menghadirkannya di rumah pribadi tentu akan menjadi hal yang menarik. Sehingga kita bisa bersantai di sana sambil menikmati suasana sekitar atau memandang bintang di malam hari dari atas rumah.

Rooftop garden bisa berfungsi untuk apa saja. Mulai dari untuk bercocok tanam, berkumpul dengan keluarga, bersantai, menonton film dan lain sebagainya. Jika tertarik, yang perlu Anda pikirkan tentu saja seperti apa desain yang Anda inginkan. Berikut adalah referensi desain rooftop garden yang bisa Anda jadikan ide untuk merancang taman di atas atap.

Referensi Desain Rooftop Garden

Rooftop Garden Minimalis

Kebanyakan orang suka dengan rumah minimalis. Jika Anda juga demikian, Anda bisa menghadirkan rooftop dengan gaya minimalis. Anda bisa menambahkan sentuhan alami dengan menambahkan beton atau material bebatuan.

Jangan lupa untuk menambahkan sentuhan tanaman hijau. Tujuannya tidak lain agar membuat taman atap rumah tetap terlihat sejuk. Anda bisa memberikan pepohonan peneduh berukuran kecil atau sedang. Sehingga tampilan rooftop rumah Anda terlihat lebih menarik.

Rooftop Rumah dengan Rumput Sintetis

Kebanyakan orang memanfaatkan rooftop sebagai taman yang dihiasi tanaman hidup. Tentu saja hal ini membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra supaya tanaman yang ada tetap tumbuh dengan baik. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman namun tetap ingin memiliki rooftop bernuansa hijau, manfaatkan rumput sintetis.

Sekilas rumput sintetis terlihat seperti rumput asli. Dan keuntungannya rumput ini tidak membutuhkan perawatan rutin. Sehingga tidak akan memberatkan tugas Anda nantinya.

Rooftop dengan Kolam Renang dan Tanaman Hias

Adalah hal yang menyenangkan jika Anda memiliki kolam renang di atas rumah. Oleh karenanya Anda bisa menempatkan kolam renang di atap rumah dengan ukuran yang disesuaikan. Selain itu tambahkan pula tanaman hias yang akan membuat rooftop terlihat lebih sejuk.

Jika ingin menambahkan kolam renang di atap rumah, jangan lupa mempertimbangkan beberapa hal. Seperti stabilitas atap yang diperlukan, kekuatan dan ketersediaan sistem drainase.

Rooftop dengan Pencahayaan yang Indah

Sore adalah waktu yang tepat untuk Anda bersantai dan menikmati suasana langit yang perlahan memerah. Untuk itu Anda bisa membuat rooftop garden yang nyaman. Selain itu Anda juga bisa menambahkan spotlight reflektif yang menyorot tanaman di rooftop agar lebih cantik. Anda juga bisa menambahkan bangku sebagai tempat Anda bersantai.

Rooftop dengan Meja Makan

Meja makan di ruang makan sudah terlalu mainstream. Oleh karenanya Anda bisa memindahkannya ke rooftop rumah. Menyantap hidangan lezat bersama keluarga sembari melihat suasana sekeliling dari atas akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa menyesuaikan konsep sesuai selera, selama sesuai dengan gaya desain rumah Anda. Tambahkan pula pencahayaan yang menarik sehingga Anda bisa makan malam bersama di sana.

Rooftop dengan Kursi Ayunan

Tidak ada patokan khusus dalam mendesain rooftop rumah. Sehingga kita bebas menentukan desain sesuai dengan keinginan. Misalnya dengan menambahkan kursi ayunan di atasnya. Tentunya waktu bersantai Anda akan terasa lebih nyaman. Jangan lupa menambahkan beberapa tanaman agar rooftop terlihat lebih hijau dan segar.

Rooftop Rumah dengan Kolam Ikan

Bagi Anda pecinta ikan, Anda bisa membuat kolam ikan di atas rooftop rumah. Atau Anda bisa meletakkan akuarium, terserah mana yang lebih Anda sukai. Anda bisa mendesain kolam dengan sentuhan material kayu sebagai lantai di salah satu bagian. Tambahkan tanaman hias berukuran kecil dan sedang di sekeliling kolam agar kesan alami semakin kuat.

Rooftop dengan Ruang Tamu

Rooftop garden juga bisa Anda manfaatkan sebagai ruang tamu. Anda bisa mengajak tamu yang datang ke rumah untuk menikmati pemandangan dari atas rumah. Sediakan sofa yang nyaman dan warna yang serasi dengan warna area rooftop.

Anda juga bisa membuat lantai kayu sebagai pijakan di bawah kursi tamu dan memberikan tanaman hias di belakangnya. Sehingga suasana area rooftop terlihat lebih alami dan hijau.

Rooftop dengan Tempat Tidur Outdoor

Jika Anda suka beristirahat di ruang terbuka, Anda juga bisa menghadirkan area untuk tidur di rooftop. Jangan lupa berikan peneduh di atas kasur agar Anda bisa bersantai dengan nyaman. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan kursi multifungsi yang bisa dilipat jika tidak sedang dipakai atau bahkan dapur mini beserta ruang makan.

Rooftop dengan Air Mancur

Hadirnya taman di atas atap rumah masih kurang lengkap rasanya jika tidak ada air mancur. Anda bisa menambahkan air mancur yang membawa konsep senada dengan rumah Anda dan meletakkannya di salah satu sudut rooftop.

Selain itu hiasi pula area sekitar air mancur dengan material kayu, batu alam atau rumput sintetis yang membuat suasana alami terlihat lebih kuat. Pencahayaan yang memadai juga diperlukan sehingga rooftop juga terlihat indah saat di malam hari.

Jenis Rooftop Garden

macam macam rooftop garden

Struktur Bangunan Rooftop Garden

struktur rooftop garden

bangunan rooftop garden

Baca juga: Desain Rumah Tropis Modern

Tips Mendesain Rooftop Garden

Merancang Rooftop garden bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa poin yang perlu Anda pelajari. Berikut kami jelaskan beberapa hal yang harus Anda catat.

Mempertahankan Tampilan Terbuka

Ciri khas dari rooftop garden adalah tampilannya yang terbuka. Sehingga kita bisa melihat pemandangan di sekitar dengan lebih jelas. Akan lebih baik jika Anda memilih pagar kaca transparan daripada pagar besi, railing, atau pagar tanaman. Sehingga kesan terbuka tetap terasa kental.

Memberikan Peneduh

Karena berada di atas rumah, maka tantangan terbesarnya adalah saat musim hujan tiba. Untuk itu Anda bisa menambahkan peneduh seperti payung, kanopi atau material kreatif lainnya yang bisa melindungi Salah satu area di rooftop rumah. Anda juga dapat memberikan windscreen atau beberapa tanaman untuk melindungi unit-unit yang ada di koridor berangin.

Memilih Jenis Tanaman

Memilih jenis tanaman yang tepat juga penting untuk dilakukan. Sebab jenis-jenis tanaman sangat beragam, sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi rooftop. Tidak hanya itu, juga perhatikan media tanam yang cocok dengan rooftop. Atau Anda bisa meminta saran akan hal ini dari orang yang sudah ahli.

Memanfaatkan Ruang Vertikal

Jika ada ruang vertikal yang kosong, Anda dapat memanfaatkannya untuk taman. Anda bisa menambahkan rak tanaman di dinding dan pagar tanaman maupun pergola. Dengan begitu ruang vertikal di rooftop akan terlihat lebih hijau dan menarik dari sebelumnya.