Harga Kayu Mahoni Per Kubik Terbaru 2022


Harga Kayu Mahoni Per Kubik Terbaru 2022 – dalam kehidupan sehari – hari penggunaan kayu tidak dapat lepas. Hal itu karena terdapat beberapa manfaat kayu yang sering dijumpai yaitu sebagai bahan konstruksi rumah dan bangunan, peralatan rumah tangga, karya seni, kertas dan lain sebagainnya.



Kayu sendiri merupakan bagian batanga atau cabang atau ranting rumbuhan yang mengalami pengerasaat akibat proses lignifikasi atau pengayuan yang terjadi secara alami. Kayu tersebut terbentuk karena akumulasi slulosa dan lignin yang ada pada bagian dinding sel berbagai jaringan pada batang pohon. Tumbuhan kayu mulai muncul sekitar 400 juta tahun lalu dan telah banyak digunakan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu.

Dari kayu kita juga dapat mengetahui kondisi iklim an cuaca pada masalalu dengan mempelajari cincin pertumbuhan dari sebuah kayu. Terdapat dua jenis kayu yaitu kayu lunak dan kayu keras, untuk kayu – kayu keras akan dihasilkan dari jenis pohon yang memiliki daun lebar (dikotil), sedangkan kayu lunak dihasilkan dari jenis pohon yang memiliki daun jarum (konifer).

Kayu juga terdapat berbagai macamnya. Di Indonesia juga populer dengan macam kayu jati yang banyak digunakan sebagai furnitur rumah. Akan tetapi pada artikel ini akan dibahas mengenai kayu mahoni yang didapat dari pohon mahoni.

Baca juga: Harga Jalusi Aluminium Jendela Dan Pintu

Baca juga: Biaya Bangun Rumah Minimalis Per Meter



Penjelasan Kayu Mahoni

Kayu mahoni ini merupakan salah satu kayu yang populer di Indonesia, terutapa fungsinya sebagai material dasar dalam pembuatan furnitur. Kayu ini memiliki habitat di daerah tropis, pohon ini diusia mudanya berbentuk seperti bola rugby. Apabila sudah menua maka bunga akan mulai mekar dan memperlihatkan biji yang tersusun rapi, biji pohon ini dapat digunakan sebagai obat herbal meskipun rasanya pahit.

Untuk pohon mahoni yang memiliki usia sekitar 10 tahun sudah dapat dipanen dan diambil sebagai kayu untuk material dasar furnitur, akan tetapi jika akan digunakan sebagai material bangunan harus menunggu sampai 15 tahun.

Kayu ini memang tidak sekuat seperti kayu jati, akan tetapi kualitas dari kayu ini tetap unggu dan dianggap cocok untuk menjadi pengganti dari kayu jati karena harganya yang lebih ekonomis. Kayu ini sering ditemui di Indonesia khususnya daerah Pulau Jawa. Kayu mahoni memiliki tekstur yang lunak dibandingkan dengan kayu lainnya, jadi akan mudah untuk dibentu. Ciri khas tone warna dari kayu ini adalah merah.



Diketahui bahwa pohon mahoni ini juga dapat digunakan untuk mengurangi polusi. Apabila dilihat dari presentasinya, kemampuan mahoni dalam mengurangi polusi udara dapat mencapai angka 70%. Hal itu disebabkan karena pohon mahoni ini memiliki daun daun yang dapat menyerap udara kotor, yang kemudian akan mengolah udara tersebut menjadi oksigen jadi udara akan terasa lebih segar. Dan juga pohon mahoni ini dapat menyerap banyak air sebagai cadagannya