Kelebihan dan Hal Penting dalam Penggunaan Scaffolding

Candra Irawan

Kelebihan dan Hal Penting dalam Penggunaan Scaffolding – Scaffolding ini memilki fungsi utama untuk dapat membantu para pekerja konstruksi yang bekerja pada ketinggian dimana ketinggian tersebut telah ditentukan sebelumnya. Mungkin sedang terdapat pengerjaan dari suatu pembangunan atau konstruksi yang cukup tinggi maka tidak ada alasan lain untuk tidak menggunakan scafolldong atau perancah ini. penggunaan alat ini terdapat suatu fungsi aitu untuk menahan beban manusia dan juga berbagai material lain yang diperlukan dalam konstruksi dengan ketinggian tertentu.

Dimana scaffolding ini merupakan work platform sementara dimana pengertiannya yaitu suatu konstruksi penyokong sementara seperti disebutkan sebelumnya, konstruksi ini dapat digunakan pada suatu pekerjaan diketinggian untuk mendukung peralatan, pekerja serta material lainnya selama sedang melakukan pengerjaan suatu konstruksi tersebut. Pada kenyataannya scaffolding ini sering dikhususkan pada platform atau penyokong sementara yang terbuat dari pipa besi.

 

Scaffolding memiliki peran aktif dalam menjaga keselamatan kerja bagi para pekerja konstruksi tersebut. Penggunaan scaffolding akan membuat para pekerja merasa aman yang akan berujung pada peningkatan produktivitas dan kelancaran sebuah proyek konstruksi bangunan. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan serta hal penting didalam penggunaan scaffolding ini.

Kelebihan Penggunaan Scaffolding

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan scaffolding yaitu:

– Terdiri dari beberapa komponen yang dapat dirangkai lebih mudah tanpa sambungan baut atau paku seperti halnya pada perancah kayu atau bambu, bahkan dalam penyetelan untuk menyesuaikan elevasi atau ketinggian perancah untuk bekisting hanya dilakukan dengan menyetel klos atas (wing nut u head jack) dan klos bawah (wing nut base jack);

– Scaffolding memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding perancah kayu;

Bagikan:

Tags