Harga Thinner Untuk Mengencerkan Cat


Harga Thinner – Thinner merupakan salah satu bahan penting yang sangat dibutuhkan saat melakukan proses pengecatan.  Thinner sendiri adalah komposisi dari berbagai jenis solvent yang dapat memberikan pengaruh pada sisi pengeringan, kekentalan dan juga kekilapan cat.

Fungsi utama thinner adalah untuk mengencerkan cat sehingga nantinya mudah diaduk.



Thinner

Cairan thinner memang menimbulkan bau yang sangat menyengat sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan apalagi sampai dibuat bermain oleh anak-anak. Pada dasarnya thinner bisa dicampurkan langsung ke dalam cat yang kemudian diaplikasikan dengan menggunakan cat maupun kompresor.

Pastinya untuk kuas maupun kompresor bisa berkerja secara maksimal jika kekentalan cat sudah benar-benar sesuai.

Bagi para tukang, penggunaan thiner bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan agar bisa mencapatkan finishing yang sesuai harapan.  Untuk hasil yang biasanya diinginkan adalah ketebalan finishing dan kecepatan waktu dalam proses pengeringan.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari thinner untuk mengencerkan cat, Anda bisa simak pembahasan kami. Kali ini kami akan memberikan informasi harga thinner untuk mengencerkan cat secara lengkap beserta ulasannya. Untuk selengkapnya mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.



Pengertian dan Ciri-Ciri Thinner

Thinner adalah sebuah zat cair yang memiliki fungsi untuk dapat mengencerkan cat kayu dan besi, politur serta berbagai bahan finishing lainnya yang umumnya merupakan bahan padat dengan sifat kental, sehingga akan sangat sulit sekali untuk diaduk ataupun diratakan tanpa diencerkan terlebih dahulu.

Sebenarnya selain untu pengencer cat, thinner juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti untuk membersihkan material besi yang sudah berkarat. Apabila dibandingkan dengan bensin maupun solar, karat yang dibersihkan dengan menggunakan cairan thinner dipastikan akan lebih cepat hilang.

Disamping itu, bahan thinner memiliki ciri-ciri khusus, yaitu:

  • Memiliki warna putih bersih seperti air
  • Dapat menimbulkan bau yang sangat menyengat
  • Penggunaan thinner cukup berbahaya bagi kesehatan

Fungsi Thinner

Campuran Thinner



  1. Pengencer Cat

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa fungsi utama thinner adalah untuk mengencerkan cat. Dalam hal ini thinner akan menurunkan tingkat kekentalan atau viskositas dari berbagai bahan yang ingin diaplikasikan menggunakan alat penyemprot ataupun kuas.

Alat penyemprot cat ataupun kuas cat merupakan alat yang berfungsi untuk mengaplikasikan bahan finishing dan hanya bisa bekerja dengan batas viskositas yang tertentu. Maka dari itu, suatu bahan finishing perlu diencerkan lebih dahulu dengan menggunakan thinner supaya viskositasnya turun sehingga bahan-bahan tersebut nantinya dapat diaplikasikan dengan cukup mudah.

Selain dapat menurunkan tingkat kekentalan (viskositas), thinner juga memiliki fungsi untuk mengatur sifat-sifat dari bahan finishing. Dengan begitu maka bahan tersebut dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan.

Jadi dengan penggunaan thinner, suatu bahan finishing dapat diatur untuk masalah waktu pengeringannya dan bahkan lapisan finishing dapat ditentukan dengan ukuran yang tertentu sesuai kebutuhan.