Harga Thinner Untuk Mengencerkan Cat


Harga Thinner – Thinner merupakan salah satu bahan penting yang sangat dibutuhkan saat melakukan proses pengecatan.  Thinner sendiri adalah komposisi dari berbagai jenis solvent yang dapat memberikan pengaruh pada sisi pengeringan, kekentalan dan juga kekilapan cat.

Fungsi utama thinner adalah untuk mengencerkan cat sehingga nantinya mudah diaduk.

Thinner

Cairan thinner memang menimbulkan bau yang sangat menyengat sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan apalagi sampai dibuat bermain oleh anak-anak. Pada dasarnya thinner bisa dicampurkan langsung ke dalam cat yang kemudian diaplikasikan dengan menggunakan cat maupun kompresor.

Pastinya untuk kuas maupun kompresor bisa berkerja secara maksimal jika kekentalan cat sudah benar-benar sesuai.

Bagi para tukang, penggunaan thiner bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan agar bisa mencapatkan finishing yang sesuai harapan.  Untuk hasil yang biasanya diinginkan adalah ketebalan finishing dan kecepatan waktu dalam proses pengeringan.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari thinner untuk mengencerkan cat, Anda bisa simak pembahasan kami. Kali ini kami akan memberikan informasi harga thinner untuk mengencerkan cat secara lengkap beserta ulasannya. Untuk selengkapnya mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Ciri-Ciri Thinner

Thinner adalah sebuah zat cair yang memiliki fungsi untuk dapat mengencerkan cat kayu dan besi, politur serta berbagai bahan finishing lainnya yang umumnya merupakan bahan padat dengan sifat kental, sehingga akan sangat sulit sekali untuk diaduk ataupun diratakan tanpa diencerkan terlebih dahulu.

Sebenarnya selain untu pengencer cat, thinner juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti untuk membersihkan material besi yang sudah berkarat. Apabila dibandingkan dengan bensin maupun solar, karat yang dibersihkan dengan menggunakan cairan thinner dipastikan akan lebih cepat hilang.

Disamping itu, bahan thinner memiliki ciri-ciri khusus, yaitu:

  • Memiliki warna putih bersih seperti air
  • Dapat menimbulkan bau yang sangat menyengat
  • Penggunaan thinner cukup berbahaya bagi kesehatan

Fungsi Thinner

Campuran Thinner

  1. Pengencer Cat

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa fungsi utama thinner adalah untuk mengencerkan cat. Dalam hal ini thinner akan menurunkan tingkat kekentalan atau viskositas dari berbagai bahan yang ingin diaplikasikan menggunakan alat penyemprot ataupun kuas.

Alat penyemprot cat ataupun kuas cat merupakan alat yang berfungsi untuk mengaplikasikan bahan finishing dan hanya bisa bekerja dengan batas viskositas yang tertentu. Maka dari itu, suatu bahan finishing perlu diencerkan lebih dahulu dengan menggunakan thinner supaya viskositasnya turun sehingga bahan-bahan tersebut nantinya dapat diaplikasikan dengan cukup mudah.

Selain dapat menurunkan tingkat kekentalan (viskositas), thinner juga memiliki fungsi untuk mengatur sifat-sifat dari bahan finishing. Dengan begitu maka bahan tersebut dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan.

Jadi dengan penggunaan thinner, suatu bahan finishing dapat diatur untuk masalah waktu pengeringannya dan bahkan lapisan finishing dapat ditentukan dengan ukuran yang tertentu sesuai kebutuhan.

  1. Sebagai bahan untuk campuran cat
  2. Untuk membersihkan besi yang berkarat
  3. Sebagai bahan pelarut
  4. Sebagai bahan pengkilap
  5. Sebagai bahan penguap cat supaya menjadi lebih cepat kering

Baca Juga: Daftar Harga Cat Tembok

Keunggulan Thinner

Thinner ternyata memiliki cukup banyak keunggulan, yaitu:

  • Memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau
  • Lebih cepat kering dalam proses pengaplikasiannya
  • Memiliki kualitas yang lebih bagus dan unggul
  • Mampu bertahan cukup lama

Kekurangan Thinner

Meskipun memiliki banyak kelebihan, cairan thinner juga tak luput dari kekurangan. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa thinner merupakan cairan benih dan menimbulkan bau sangat menyengat, dimana bau ini memberikan efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal ini dikarenakan dalam thinner terdapat kandungan kimia berbahaya, yaitu toluena. Toluena sendiri dikenal sebagai metilbenzena maupun fenilmetana, cairan bening yang tak berwarna dan tidak bisa larut dalam air.

Toluena adalah bahan kimia paling utama yang ada pada cairan thinner. Dalam jumlah yang cukup, toluena memiliki fungsi untuk membuat cat agar menyebar dengan rata dan nampak mengkilap. Tentunya kandungan kimia ini sangat berbahaya.

Jika dihirup secara langsung ataupun meminum tanpa disengaja bisa menimbulkan kerusakan pada bagian tubuh dan lebih parahnya lagi bisa menimbulkan kematian. Inilah kekurangan yang dimiliki oleh cairan thinner sehingga Anda harus selalu berhati-hati dalam menggunakannya.

Rekomendasi Merk Thinner yang Bagus

  1. Thinner Blinken BC-30

Thinner Blinken BC-30

Produk ini cocok digunakan untuk proses pengecatan yang dimana menggunakan jenis cat PU dan pernis sehingga menghasilkan permukaan sangat mengkilap dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap air.

Thinner Blinken BC-30  sangat baik dalam mengencerkan cat yang seringkali digunakan dengan pengaplikasian secara semprot. Tetapi dalam penggunaannya harus menggunakan masker karena bahan dasar polyurethane sangat berbahaya bagi paru-paru.

  1. Thinner Autoglow

Thinner Autoglow

Thinner autoglow umumnya digunakan untuk mengencerkan cat, terutama cat minyak yang seringkali digunakan untuk mengecat benda yang terbuat dari bahan kayu. Produk thinner memberikan hasil yang lebih cepat kering sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, thinner ini juga dapat digunakan untuk mencuci kuas yang baru digunakan supaya bisa menjadi bersih dan dapat digunakan kembali.

  1. Thinner Cobra 5 L

Thinner Cobra 5 L

Untuk bisa mengencerkan berbagai macam jenis cat, Anda bisa memilih thinner cobra  yang mempunyai kualitas super. Kapasitasnya 5 liter sehingga cocok untuk digunakan sebagai pengencer cat dinding yang biasanya membutuhkan cukup banyak cat.

Formulanya sangat efektif sehingga akan mudah tercampur secara merata dengan bahan cat dan tidak akan menggumpal. Warna cat dinding tembok pun akan semakin bagus dan lebih cepat kering.

  1. Sun Rise Thinner 5 L

Sun Rise Thinner 5 L

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk mengecat ulang rumah, sun rise thinner merupakan pilihan yang paling tepat. Produk ini mempunyai ukuran cukup besar yaitu 5 liter dengan harga terjangkau.

Disamping itu, produk ini dapat digunakan untuk mengencerkan berbagai macam jenis cat baik itu cat dinding ataupun kayu dengan baik sehingga dipastikan tidak akan ada gumpalan cat. Memberikan hasil akhir yang lebih cepat kering dengan tingkat ketebalan yang sempurna.

  1. Nippe Super Thinner

Nippe Super Thinner

Nippe super thinner adalah pengencer cat yang diproduksi oleh Nippon Paint. Produk ini memberikan hasil yang lebih cepat kering dengan daya kilap sangat sempurna. Diformulasikan untuk pengencer cat dasar, cat primer, cat surface, dan undercoat metalic dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Untuk penggunaannya harus sesuai dengan rasio yang telah direkomendasikan. Jangan sampai lupa untuk menyimpannya secara rapat di tempat yang sejuk dan kering.

  1. Dulux Thinner

Dulux Thinner

Sesuai namanya, dulux thinner sangat cocok untuk mengencerkan berbagai produk cat Dulux seperti Dulux V Gloss dan Weathershield Gloss. Produk ini memberikan hasil pengecatan yang lebih cepat kering, merata dan tahan terhadap segala macam cuaca. Harganya sangat terjangkau dengan hasil finishing yang maksimal.

Baca Juga: Harga Cat Kayu Dan Besi

Harga Thinner Cat Berbagai Terbaru 2020

Impala 1 liter Rp. 49.000
Impala 0.8l super high gloss Rp. 29.000
Impala Galon 5 liter super gloss quality Rp. 107.000
Mr Color T104 400ml Rp. 238.000
Tamiya 81030 X-20A Acrylic Thinner 46ml Rp. 131.000
Cobra 1 Liter Rp. 49.000
Cobra 5 Liter Rp. 120.000
Terano 1 Liter Rp. 25.000
Nippon 9000 0.5 Liter Rp. 103.000
Mr Color T106 Levelling Thinner 110 ml Rp. 90.000
Mr Color T102 110ml Rp. 72.000
Mr Color T101 50 ml Rp. 66.000
Mr Color T103 240 ml Rp. 163.000
Mr Color T104 400 ml Rp. 134.000
Mr Color T117 400ml Rp. 149.500
ND ukuran botol Rp. 38.000
ND ukuran botol kecil Rp. 5.000
Jotun Gardex 0.9lt Rp. 325.000
Jotun no.17 5 Liter Rp. 97.000
Acrysion 250ml Rp. 135.000
Nippe super gallon 7 liter Rp. 142.000
Kapinis netto 0,6 liter Rp. 23.000
Propan thinner pu polyurethane 3.8 liter galon Rp. 157.000
Daler rowney low odour thinner 75 ml Rp. 76.000

Loading...