Harga Cat Dasar Tembok Sealer 5kg – 20kg


Harga Cat Dasar Tembok Sealer 5kg – 20kg – Pada suatu konstruksi atau bangunan pasti terdapat dinding atau pada umumnya dikenal dengan tembok. Dinding sendiri merupakan suatu struktur padat yang dapat membatasi dan juga melindungi suatu area atau ruangan.



Dinding ini memiliki tiga jenis utama yaitu dinding struktural yang merupakan dinding bangunan, dinding pembatas (boundary), dan dinding ppenahan (retaining). Dinding ini memiliki tiga fungsi utama yaitu menyokong atap dan langit – langit, membagi ruangan, dan juga melindungi instrusi dan cuaca. Dalam melakukan fungsi dari dinding tersebut biasanya pada konstruksi – konstruksi dinding akan dilapisi dengan beberapa cat.

Baca juga: Harga Borongan Cat Tembok Per Meter

Baca juga: Harga Mesin Amplas Kayu Dan Dinding / Tembok

Diantara cat – cat tersebut dinding lebih utama untuk dilapisi oleh cat dasar. Dimana cat dasar ini memiliki fungsi utama sebagai pelindung warna tembok untuk jangka waktu yang lama. Selain hal itu, cat dasar ini juga dapat menutup pori – pori yang ada pada dinding sehingga permukaan dari dinding tersebut terlihat lebih merata.

Cat tembok atau dinding merupakan salah satu proses finishing dari suatu konstruksi. Dalam melakukan pengaplikasian cat dasar tembok ini penting untuk memastikan apakah at tembok dapat berahan lama atau tidak karena juga akan mempengaruhi fungsi kerja dari tembok atau dinding tersebut. sebelum mengetahui harga – harga dari cat dasar tembok ini lebih baik jika mengetahui beberapa hal yang akan dibahas selanjutnya.



Jenis Cat Dasar

Terdapat 3 jenis cat dasar tembok yang setiap jenisnya memiliki keunggulan masing – masing. Berikut ini adalah jenis cat dasar yang dibedakan berdasarkan fungsi serta keunggulannya yaitu:

  • Cat Water Sealer. Cat jenis ini digunakan khusus untuk memancarkan warna dari cat tembok agar dapat terlihat lebih menonjol. Cat ini terbuat dari alkali resisting primer.
  • Cat Undercoat. Untuk jenis cat ni dapat digunakan khusus untuk melapisi tembok agar terlihat lebih rata dan juga lebih mulus.
  • Cat Water Proofing Wall Sealer. Cat ini dikhususkan untuk mengunci warna dari cat tembok dan dapat melindungi tembok tersebut dari air.

Fungsi Cat Dasar Tembok

Berikut ini beberapa fungsi dari cat dasar tembok yaitu:

  • Cat dasar tembok dapat berfungsi untuk menambah daya tahan terhadap garam dan sebagai anti alkali. Fungsi utama cat ini adalah untuk mencegah adanya kontaminasi dari zar – zat alkali yang dapat merusak penampilan akhir tembok. Zat – zat alkali tersebut biasanya terdapat pada material bangunan seperti semen, batu bata, dll.
  • Cat dasar tembok juga dapat menambah daya perekat pada tembok agar lebih kuat. Fungsi ini meliputi cat dasar tembok dapat memberikan daya rekat yang baik agar hasol cat tembok tidak terkelupas karena cuaca.
  • Dapat digunakan untuk menutupi pori – pori dan membuat permukaan tembok menjadi lebih halus dan merata. Biasanya sebelum melakukan finishing, pada tembok cenderung terdapat banyak pori – pori yang terlihat tidak merata dan tidak sempurna, maka diperlukan cat ini untuk menutupinya.
  • Dapat membantu dalam menghasilkan warna cat tembok lebih sempurna. Cat tidak dapat menghasilkan warna yang sempurna karena masih terpengaruh oleh material dinding, maka diperlukan cat ini sebagai dasar agar warna cat pelapis selanjutnya dapat lebih terlihat dibandingkan dengan tidak menggunakan cat dasar.
  • Cat dasar dapat memberi perlindungan lebih pada tembok. Cat dasar ini dilengkapi oleh zat yang digunakan untuk perlindungan ekstra dari berbagai masalah seperti jamur, lumut, sampai kebocoran dinding yang disebabkan oleh rembesan air hujan.

Baca juga: Cara Ngeloot Plesteran Tembok / Dinding