Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan


Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan – Kusen merupakan salah satu material konstruksi yang memiliki peran penting dalam pemasangan pintu maupun jendela pada suatu konstruksi rumah atau gedung. Kusen merupakan salah satu bagian konstruksi yang difungsikan sebagai tempat peletakan daun pintu maupun daun jendela.



Baca juga: Harga Kusen Cor / Beton Jendela Dan Pintu

Kusen memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat diletakkannya daun pintu dan juga daun jendela. Kusen juga dapat digunakan sebagai penyekat dinding bangunan atau pemisah antar ruangan. Dilihat dari fungsi utamanya sebagai tempat peletakan dan menghubungkan pintu dan juga jendela rumah yang penting maka untuk pemasanganpun juga harus diperhatikan dengan benar.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kusen baja ringan dimana kusen baja ringan tersebut merupakan salah satu material konstruksi yang digunakan untuk menopang daun pintu atau dauh jendela yang memiliki bahan darsar berupa baja ringan.

Baca juga: Harga Kusen Aluminium

Dengan berbahan dasar baja ringan tentu kusen tersebut akan awet dan bebas dari rayap, jadi akan lebih lama lagi daya tahan kusen tersebut, meskipun harga dari kusen baja ringan pintu maupun jendela lebih mahal dibandingkan dengan kusen yang berbahan kayu. Harganya juga dibandrol variasi sesuai dengan ukuran dan juga modelnya. Dan penggunaan material berbagan baja ringan saat ini lebih diminati dibandingkan dengan material yang berbahan lainnya.

Struktur Kusen

Diketahui pada fungsi kusen sebagai penopang daun pintu dan juga dau jendela. Oleh karena itu kusen harus memiliki struktur yang kuat agar dapat menjalankan fungsinya. Berikut ini adalah struktur atau bagian – bagian pada kusen yaitu:



  • Sponneng. Merupakan bagian iang kusen yang dijadikan tempat untuk melekatnya daun pintu atau daun jendela.
  • Telinga kusen. Bagian ini merupakan bagian ambang (dorpel) yang ditanamkan ke dalam dinding. Bagian ini memiliki fungsi sebagai penahan gerakan kusen ke depan maupun kebelakang.
  • Alur Kapur. Merupakan bagian tiang kusen yang memiliki fungsi sebagai penahan gerakan kusen kedepan atau kebelakang akibat dibuka dan ditutupnya pintu maupun jendela.
  • Angkur. Bagian ini dipasang pada tiang kusen dan memiliki fungsi untuk memperkuat kusen pada dinding, dan digunakan sebagai penahan gerakan pintu maupun jendela.
  • Duk (neut). Merupakan bagian yang letaknya ada pada bagian bawah kusen. Bagian ini memiliki fungsi untuk menahan gerakan tiang ke segala arah dan untuk melindungi tiang kayu dari rembesan air dari lantai ke atas.

Baca juga: Harga Kusen Kayu Pintu Dan Jendela

Jenis Kusen