Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter


Borongan Pasang Keramik – Keramik sering diandalkan untuk lantai ataupun dinding bangunan. Bukan tanpa sebab memang, keramik memiliki tampilan yang menarik dan bisa membuat sebuah ruangan tampak lebih mewah. Maka dari itu keramik masih menjadi primadona sampai saat ini.

Di pasaran pilihan ukuran dan motif keramik yang tersedia juga sangat banyak. Hal ini memudahkan pembeli untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Akan tetapi perlu diingat bahwa pemasangan keramik membutuhkan teknik yang tepat. Sehingga hasil pemasangannya nanti rapi dan Anda terhindar dari risiko yang tidak diharapkan.

Oleh karenanya kebanyakan orang akan memanfaatkan jasa borongan pasang keramik yang membuat pengguna jasa tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara memasang keramik pada lantai maupun dinding. Jika Anda juga tertarik memanfaatkan jasa pasang keramik, Anda perlu mengetahui kisaran biaya yang perlu disiapkan.

Akan tetapi tidak perlu bingung, di bawah ini ada referensi tarif atau biaya borongan pasang keramik yang bisa Anda jadikan referensi. Umumnya biaya jasa pasang keramik lantai dihitung per meter persegi. Sedangkan tarif yang dipasang berbeda-beda, tergantung ukuran atau jenis keramik, dan jenis pekerjaannya.

Di samping itu masing-masing orang juga memiliki ketentuan tarif yang berbeda-beda. Sehingga ada yang murah, dan juga ada yang mahal. Berikut kisaran tarif yang bisa Anda simak.

Harga Borongan Pasang Keramik Lantai dan Dinding

No Pekerjaan Harga
1 Pasang Keramik Dinding 20 x 25 Rp 37.500 / m2
2 Pasang Keramik Dinding Diatas 20 x2 5 Rp 43.000 / m2
3 Pasang Keramik Lantai Kamar Mandi Rp 33.000 / m2
4 Pasang Keramik Lantai 30 x 30 Rp 30.000 / m2
5 Pasang Keramik Lantai 40 x4 0 Rp 34.000 / m2
6 Pasang Keramik Lantai 60 x 60 Rp 39.000 / m2
7 Pasang Keramik Lantai 80 x 80 Rp 43.000 / m2
8 Pasang Keramik Lantai 100 x 100 Rp 50.000 / m2

Harga Borongan Pasang Keramik Lainnya

No Pekerjaan Harga
1 Pasang Mozaik Rp 69.000 / m2
2 Pasang Keramik Pilar Rp 50.000 / m2
3 Pasang Klem + Pingul Rp 30.000 / m2
4 Pasang Klem Lantai Rp 25.000 / m2
5 Pasang Trap Tangga Rp 89.000 / m2
6 Pasang Trap Tangga + Pingul Rp 103.000 / m2
7 Pasang Border Keramik Rp 25.000 / m2
8 Pasang Plin Keramik Rp 20.500 / m2

Sudah kami jelaskan bahwa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membayar jasa borongan pasang keramik sangat bervariasi. Biaya ini juga ditentukan oleh kualitas dari keramik yang dipakai. Jika kualitas keramik lebih bagus atau lebih mahal maka biaya jasanya juga akan lebih mahal.

Baca juga: Harga Keramik Dinding Kamar Mandi Dan Dapur

Jenis-jenis Keramik

Keramik menjadi salah satu material yang sudah lama ada. Seiring berjalannya waktu kini ada banyak jenis keramik di pasaran. Setidaknya ada enam macam keramik yang bisa kita beli. Berikut beberapa jenis keramik yang bisa Anda simak.

Keramik Teraso

Keramik ini memiliki tampilan yang terkesan klasik. Tak heran jika keramik teraso sering diaplikasikan pada rumah, restoran, hotel, dan bangunan-bangunan lain yang mengusung nuansa etnik atau klasik. Keramik jenis ini biasanya dijual dalam ukuran 20 x 20 cm.

Keramik Kuadrat

Keramik ini biasanya dipakai untuk teras rumah. Keramik ini dibuat dengan memanfaatkan tanah liat dan campuran glasir. Sedangkan untuk proses pembuatannya adalah dengan cara dipanggang dalam suhu yang tinggi. Berkat proses tersebut keramik ini biasanya memiliki warna merah yang khas.

Keramik Mozaik

Ciri khas dari keramik ini adalah adanya motif heksagonal kecil. Keramik mozaik cocok dipakai untuk kamar mandi ataupun lorong. Anda bisa menjumpai dua jenis keramik ini. Yakni keramik mozaik tanpa glasir dan keramik mozaik berlapis kaca. Perbedaannya untuk jenis pertama dibuat tanpa glasir sehingga tidak licin. Sedangkan keramik mozaik dengan lapisan kaca mempunyai tingkat penyerapan air yang rendah. Meski demikian keduanya mempunyai daya tahan yang baik.

Pavers

Keramik ini memiliki nama lain, yakni ubin genting. Disebut demikian karena keramik jenis ini mempunyai ketebalan melebihi keramik pada umumnya. Di pasaran pavers dijual dalam ukuran 12 inci atau lebih besar. Keramik ini terbuat dari tanah liat dan biasa dipakai untuk ubin di area tepi kolam renang. Selain itu pavers juga sering dipakai untuk ubin di halaman depan, belakang, ataupun teras rumah.

Keramik Marmer

Keramik yang satu ini identik dengan kesan mewah. Selain karena tampilannya, keramik ini memang mempunyai harga yang terbilang mahal. Keramik marmer ini dibuat dengan proses kristalisasi batu kapur.

Berkat proses pembuatan tersebut keramik marmer mempunyai tampilan yang mengkilap dan mempunyai motif yang tampak mewah. Bahkan diklaim daya kilap tersebut bisa bertahan sampai delapan tahun. Biasanya marmer dipakai pada rumah mewah ataupun hotel dan bangunan lainnya.

Keramik Granit Alam

Granit alam juga mempunyai keistimewaan pada tampilannya yang tampak mewah. Bahan pembuatannya didapat dari hasil tambang, sehingga membuat harga keramik granit alam mahal. Keramik ini seringkali diaplikasikan pada interior ruang keluarga, ruang tamu, maupun kamar tidur. Selain itu granit alam juga sering dipakai pada bangunan-bangunan mewah lainnya.

Homogeneous Tile

Keramik jenis ini merupakan keramik dengan motif yang dibuat mirip seperti granit ataupun marmer. Keramik hasil produksi pabrik ini dibuat dalam ukuran yang besar dan jarang dijual dalam ukuran kecil. Sehingga keramik homogeneous tile cocok dipakai pada gedung-gedung besar, seperti apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran dan lain sebagainya. Keuntungan keramik ini adalah biaya yang lebih terjangkau, namun tampilan yang dihasilkan tetap terlihat mewah.

Teknik Pemasangan Keramik

Walaupun Anda ingin memanfaatkan jasa borongan pasang keramik, tidak ada salahnya untuk mengetahui teknik pemasangan keramik. Perlu dicatat, teknik pemasangan keramik terbagi menjadi beberapa macam. Masing-masing mempunyai cara pengerjaan yang berbeda. Berikut penjelasan singkatnya.

Open Joint

Teknik pertama adalah open joint. Teknik ini dilakukan dengan memasang keramik pada jarak nat lebih dari 3 mm. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi pemuaian pada material keramik. Oleh karenanya jarak antar keramik dibuat lebih renggang.

Close Joint

Merupakan kebalikan open joint, teknik ini dilakukan dengan memasang keramik dan memberikan jarak nat kurang dari 3 mm. Jarak nat yang sempit ini diterapkan jika Anda memakai keramik dengan porositas yang rendah.

Expansion Joint

Teknik expansion joint dilakukan dengan memasang keramik di mana jarak natnya tidak diisi seluruhnya dengan semen. Melainkan juga diisi dengan bahan lain seperti styrofoam, atau karet. Tujuannya untuk mengantisipasi saat terjadi pergeseran struktur. Selain itu teknik ini juga bisa mencegah lantai keramik meledak.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik

Kelebihan dan Kekurangan Keramik

Keramik memang menarik untuk dipilih jika Anda ingin mempercantik interior rumah ataupun bangunan lainnya. Akan tetapi Anda juga harus memahami poin plus dan minusnya. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa keramik merupakan material yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Kelebihan Keramik

  1. Ubin keramik dibuat dari bahan alami, sehingga tidak beracun dan aman untuk digunakan pada interior bangunan.
  2. Keramik memiliki permukaan yang halus sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan bakteri dan jamur.
  3. Mempunyai ketahanan yang baik terhadap air dan kelembapan.
  4. Material keramik juga anti noda.
  5. Dapat dibersihkan dengan mudah.
  6. Bebas perawatan dan bisa dipakai dalam waktu yang lama.
  7. Memiliki kekuatan yang sangat baik.
  8. Tidak mudah terbakar sehingga tidak menyalurkan api
  9. Warna keramik juga tidak akan berubah saat dipakai dalam jangka waktu yang panjang.
  10. Dapat menjadi dekorasi pada rumah atau bangunan lainnya.
  11. Mempunyai varian motif yang beragam
  12. Harga keramik bermacam-macam sehingga dapat disesuaikan dengan budget.

Kekurangan Keramik

  1. Tidak terlalu kuat dalam menahan guncangan maupun benda-benda padat yang berat.
  2. Kurangnya elastis sehingga tidak dapat diaplikasikan pada permukaan yang melengkung.
  3. Pemasangannya keramik memerlukan tenaga tukang yang ahli
  4. Materialnya terkesan dingin.
  5. Nat keramik sulit dibersihkan
  6. Mudah pecah jika tidak diaplikasikan dengan hati-hati.
  7. Dapat tergores jika terkena benda yang tajam.

Loading...