Harga Jalusi Aluminium Jendela Dan Pintu


Harga Jalusi Aluminium Jendela Dan Pintu – Mungkin bagi sebagian banyak orang tidak mengetahui apa itu jalusi. Jalusi merupakan ornamen pada bagian jendela rumah yang memiliki fungsi dan manfaat yang berkaitan dengan kesehatan karena jalusi berhubungan dengan sirkulasi udara dirumah.



Jalusi ini pada umumnya diaplikasikan pada rumah – rumah kuno, tradisional atau rumah dengan model jaman dulu. Sedangkan untuk pengertian jalusi sendiri merupakan jendela yang memiliki kisi – kisi dengan pemasangannya secara horizontal atau mendatar. Pada umumnya model jendela ini dipasang secara berlapis.

Baca juga: Harga Mesin Potong Besi Dan Aluminium

Jalusi juga memiliki pengertian laun yaitu jendela tersebut masih terdapat lapisan jendela lainnya yang memiliki fungsi sebagai penutup. Panel pada jelusi ini dapat terbuat dari bahan kayu, kaca, logam, plastik atau bahan jendela lainnya. Selain digunakan pada jendela jalusi juga digunakan pada pintu.

Jalusi ini sangat terkenal pada era 1950 sampai 1970 – an diwilayah yang memiliki iklim sedang sampai panas besdamaan denga mulai populernya desain mid century pada era yang sama. Untuk tipe jendela dibuat dengan desai tersebut akan terlihat lebih futuristik dengan paduan struktur aluminium dan panel – panel kaca beningnya. Pada artikel kali ini akan membahas tentang harga dar jalusi aluminium, akan tetapi sebelumnya perlu diketahui beberapa hal dibawah ini.

Tipe Jalusi

Tipe jalusi ini dapat dibedakan berdasarkan pada tipe panelnya seperti tipe jalusi dengan panel tetap (fixed, tipe tanam), ada juga jalusi dengan panel bergerak (movable) yang dapat dibuka dan tutup sesuai dengan kebutuhan. Untuk mekanisme buka dan tutup ini dapat dilakukan secara manual atau secara otomatis dengan motor listrik.

Baca juga: Harga Hollow Aluminium Per Batang

Jenis Jalusi

Untuk jenis jalusi ini apabila dilihat dari bentuknya harus disesuaikan dengan ukuran kusen jendela yang dibutuhkan, akan tetapu setiap rumah maupun gedung memiliki ukuran yang berbeda – beda sehingga diperlukan pengukuran terlebih dahulu.



Jalusi juga dapat dibedakan jenisnya berdasarkan dari bahan dasar pembuatannya, pada jaman dahulu jalusi hanya dibuat dari bahan kayu, akan tetapi pada saat ini beberapa jalusi banya yang terbuat dari baha plastik maupun aluminium. Seperti penjelasan dibawah ini sebagai berikut:

  • Jalusi kayu. Terbuat dari material kayu dan umumnya tipe ini menggunakan tipe kayu keras seperti kayu jati, kamper, bangjirain, mahoni, dll. Penggunaan jenis ini harus memastikan material kayu tersebut sudah kering. Jenis jalusi ini dapat membuat rumah terkesan klasik dan sejuk.
  • Jalusi aluminium. Jalusi yang memiliki material dasar aluminium dimana jenis ini memiliki tipe full aluminium atau aluminium yang dipadukan dengan kaca. Saat ni telah dapat memilih jendela jalusi aluminium dalam berbagai warna tidak selalu earna asli aluminium. Jalusi ini memberikan kesan rumah menjadi modern dan ringan.
  • Jalusi besi. Jalusi jenis ini memiliki material dasar besi yang pada umumnya jenis ini terbuat dari lembara besi galvanis yang tahan karat. Apabila dilihat dari material jenis ini memiliki daya lebih kuat daripada jenis kayu maupun aluminium. Karena itu jalusi jenis ini sering dipasang pada pintu garasi
  • Jalusi UPVC. UPVC memiliki kepanjangan Unplasticied Poly Vinyl Chloride dimana jenis ini memiliki material berbasis polimer plasti PVC. Untuk harga dari jenis ini merupakan harga yang terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya. Dan secara kualitas juga bagus dan tahan terhadap api dan pilihan warnanya yang beragam.

Dapat juga membedakan jenis jalusi berdasarkan dari model jendelanya. Dimana untuk jendela yang besar dapat mengaplikasikan dua jalusi yang dapat dibuka dan ditutup. Dan untuk jendela yang kecil cukup dengan menggunakan satu jalusi saja yang dapat dibuka dan tutup karena ada bagian pengaitnya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman banya pembuat dari jalusi yang semakin bervariasi dan bahan dasar pembuatannyapun juga lebih tahan lama.

Baca juga: Bahan Aluminium Composite Panel

Manfaat Jalusi

Manfaat utama dari jalusi ini adalah untuk mendapatkan suplau atau sirkulasi udara yang lebuh banyak. Dengan adanya jalusi maka udara didalam rumah atau ruangan akan selalu bersih dan tidak pengap. Pemanfaatan jalusi ini dapat diaplikasikan pada banguna pabrik atau tempat usaha yang membutuhkan sirkulasi udara yang lebih lancar dan banyak. akan tetapi tidak membutuhkan banyak pembiasan cahaya matahari.

Kelebihan dan Kekurangan Jalusi

Jalusi ini memiliki kelebihan yaitu memiliki tipe jendela dalam memberikan ventilasi dan aliran udara yang maksimal, bahkan saat terjadi hujan. Tipe jalusi yang dapat dibuka dan tutup memiliki keleluasaan untuk mengatu besarnya aliran udara yang masuk. Jendela jalusi ini efektif untuk menahan sinar matahari langsung sesuai tipe panel ang dipilih