Bebagai Ukuran Scaffolding Dalam Suatu Konstruksi

Candra Irawan

Bebagai Ukuran Scaffolding Dalam Suatu Konstruksi – Scaffolding memiliki fungsi utama yaitu digunakan untuk membantu para pekerja yang bekerja diketinggian yang telah ditentukan. Apabila sedang terdapat pengerjaan suatu konstruksi atau pembangunan yang cukup tinggi maka tidak ada alasan alin untuk tidak menggunakan scaffolding atau perancah ini. Dalam penggunaannya scaffolding memiliki fungsi untuk menahan manusi serta material lainnya dalam keringgian tertentu.

Dengan adanya kedua hal tersebut secara tidak langsung scaffolding memiliki peran aktif dalam menjaga keselamatan kerja bagi para pekerja konstruksi tersebut. penggunaan scaffolding akan membuat para pekerja merasa aman yang akan berujung pada peningkatan produktivitas dan kelancaran sebuah proyek konstruksi bangunan. Dimana dalam pembuatan atau pemasangannya harus memperhatikan standar keselamatan dan kesehatan kerja atau yang dikenal dengan K3.

 

Karena alat ini merupakan elemen penting dalam suatu konstruksi atau pebangunan gedung – gedung bertingkat atau gedung tinggi, dimana dengan tanpa menggunakan alat ini untuk menyelesaikan sebagain besar proyek konstruksi akan mustahil. Terdapat beberpa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan atau pemasangan dari scaffolding ini mulai dari bahan, model, bahkan ukuran dari scaffolding tersebut.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai salah satu faktor penting dalam pemasangan atau pembuatan konstruksi alat ini yaitu ukuran dari scaffolding. Scaffolding ini memiliki beberapa ukuran yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa ukuran dari scaffolding beserta penjelasan serta manfaat masing – masingnya yaitu:

Single Wide

Dimana jenis ukuran scaffolding ini memiliki lebar sekitar 74 cm sehingga dapat dipindahkan melalui pintu standar. Untuk ukuran dari scaffolding ini sangatlah sempurna untuk dapat digunakan pada tempat yang cukup sempit. Panjang dari single wide ini mulai dari 180 cm sampai dengan 305 cm.

Dan untuk set ekstensi dapat dipasang dalam rangka meningkatkan ketinggian dari scaffolding ini. rangka dan penyangga dari single wide ini sangat ringan dan sangat kuat serta memigkinkan pemasangan scaffolding yang cepat dan mudah. Berikut ini adalah manfaat dari single wide yaitu:

Bagikan:

Tags