Harga Kayu Kamper Per Kubik Dan Batangan


Harga Kayu Kamper Per Kubik Dan Batangan – Kayu masih menjadi material yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk membangun rumah, membuat peralatan atau perkakas, hingga membuat furnitur. Ciri khas kayu yang unik dan indah membuatnya masih diminati oleh banyak orang. Terlebih kita mengenal ada banyak sekali jenis kayu yang bisa didapatkan di pasaran.

Masing-masing jenis kayu memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri yang membuatnya bisa dipakai untuk beberapa keperluan. Salah satu jenis kayu yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat adalah kayu kamper. Beberapa karakteristik dari kayu ini adalah materialnya yang cukup kuat dan tahan terhadap rayap.



Pada kesempatan kali ini kami bahas lebih jauh seputar kayu kamper. Sehingga Anda bisa mengenal lebih dekat dengan salah satu jenis kayu yang lazim ditemui di Indonesia. Termasuk berapa harga kayu kamper di pasaran.

Baca juga: Harga Kayu Kalimantan Per Kubik

Asal Kayu Kamper

Kayu yang memiliki nama latin Cinnamomum Camphora ini berasal dari daerah tropis. Di Indonesia sendiri kayu kamper mudah dijumpai di daerah Kalimantan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kayu kamper juga dibudidayakan di kawasan subtropis.

Dari banyak macam kayu kamper yang ada, kayu kamper dari Samarinda dikenal mempunyai serat yang lebih halus dibandingkan dengan daerah lainnya. Umumnya tinggi pohon kamper bisa mencapai 20-30 meter, dengan diameter berkisar 0,6 meter sampai 1,2 meter. Selain itu kayu ini juga mempunyai aroma yang khas.

Ciri-ciri Kayu Kamper

Jika diperhatikan, kayu ini memiliki pola serat kayu yang dominan lurus atau bergelombang. Di samping itu kayu ini mempunyai tekstur yang sedikit kasar jika diraba. Kayu ini juga cukup mengkilap karena memiliki tingkat kilau medium. Sedangkan warnanya sendiri merah seperti kayu mahoni, namun sedikit lebih muda.



Kamper juga memiliki umur yang panjang karena awet dan tahan lama. Bahkan kayu ini bisa dipakai 10-15 tahun. Hal ini juga ditunjang dengan daya tahan terhadap hama insekta yang baik.

Baca juga: Harga Kayu Bahan Bangunan

Kegunaan Kayu Kamper

Kayu kamper umumnya dimanfaatkan untuk membuat furnitur. Mulai dari kursi, meja makan, tempat tidur, sofa, dan lain sebagainya. Hanya saja disarankan untuk tidak memakai furnitur berbahan dasar kayu kamper untuk luar ruangan. Misalnya untuk kursi taman. Sebab kayu kamper tidak tahan terhadap air. Jika diletakkan di luar ruangan dan terkena hujan terus-menerus akan berpotensi membuat furnitur mengalami kerusakan atau menyusut volumenya. Supaya lebih jelas berikut contoh kegunaan kayu kamper.

Konstruksi Pendopo

Untuk membuat pendopo kita bisa memanfaatkan kayu kamper yang dipakai sebagai usuk atau tiang penyangga. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Mulai dari tampilannya, pemilihan warna cat hingga tambahan dekorasi. Jika ingin terlihat antik maka bisa memakai finishing pernis kayu agar warna alami kayu tetap terjaga.



Furnitur Outdoor

Kayu kamper bisa diubah menjadi furnitur luar ruangan. Anda bisa memberikan cat polyurethane untuk memberikan lapisan coating pada kayu. Dengan demikian furnitur akan lebih terlindungi dari perubahan cuaca. Alhasil warna kayu akan lebih awet dan furnitur bisa tahan lebih lama.

Furnitur Minimalis dan Klasik

Kayu kamper bisa dipakai untuk membuat furnitur berdesain minimalis maupun klasik. Jika ingin membuat furnitur minimalis maka cukup gunakan warna-warna netral, misalnya abu-abu, putih, atau hitam. Sedangkan jika ingin membuat furnitur klasik yang umumnya menonjolkan warna kayu yang alami, maka bisa memakai pernis bersama dengan wood stain.

Furnitur Dapur

Jika ingin membuat furnitur dapur dengan kayu kamper, maka kita perlu melapisinya dengan pernis water based. Sebab furnitur dapur kemungkinan besar akan sering bersentuhan langsung dengan makanan. Maka dari itu kita perlu memakai cat kayu yang aman sehingga tidak mengkontaminasi makanan ataupun minuman.

Baca juga: Harga Lis Profil Kayu Dan Skirting Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kamper

Ketika ingin membeli kayu kamper maka kita perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Bukan tanpa sebab, hal ini penting untuk diketahui sehingga kita paham apakah jenis kayu ini sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak. Berikut beberapa poin plus dan minus dari kayu kamper.



Kelebihan Kayu Kamper

  1. Memiliki kualitas seperti kayu jati namun dengan harga yang lebih terjangkau
  2. Bebas dari gangguan rayap
  3. Tahan terhadap kelembapan
  4. Tidak mudah lapuk dan tidak dapat ditumbuhi jamur
  5. Bukan kayu langka sehingga sangat mudah didapatkan
  6. Mempunyai tekstur serat berbentuk lurus yang terlihat indah jika dipakai untuk membuat furnitur

Kekurangan Kayu Kamper

  1. Dapat mengalami perubahan bentuk jika terlalu sering terkena air
  2. Aroma kamper pada kayu ini bisa menyebabkan alergi dan iritasi kulit pada beberapa orang
  3. Membutuhkan waktu yang lama untuk proses penghalusan jika ingin dibuat menjadi furnitur
  4. Supaya tahan lama diperlukan teknik pengawetan khusus. Seperti memberikan bubuk, direndam, pencelupan, pengolesan dengan kuas, atau memakai vakum tekan.

Dari informasi di atas sudah bisa diketahui bahwa kayu kamper mempunyai material serupa kayu jati. Kayu ini masuk dalam kategori kelas awet II, II dan kelas kuat I, II yang menandakan bahwa materialnya mempunyai daya tahan yang baik. Meskipun masih tidak lebih kuat dari kayu jati belanda.