Ukuran CNP Dan Tabel Baja CNP


Ukuran CNP Dan Tabel Baja CNP – Seiring Perkembangan jaman, untuk dunia konstruksi pembangunan saat ini telah mengalami perkembangan. Sekarang sudah banyak muncul alat – alat bahkan bahan – bahan pendukung material yang dignakan untuk menunjang peforma pada sebuah struktur bangunan.



Salah satu material itu adalah besi kanal CNP yang merupakan material dari suatu konstruksi atau bangunan yang memiliki peranan penting. Material ini terkenal akan keunggulannya dalam ketahanan pada berbagai kondisi, hal tersebutlah yang membuat material ini digemari dan banyak digunakan pada konstruksi atau pembangunan saat ini.

Baca juga: Harga Pintu Besi Untuk Garasi Atau Ruko

Baca juga: Harga Tangga Besi Lurus Per Meter

Dan juga material besi CNP ini telah hadir dalam beragam berat besi CP dan memiliki ukuruan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga dapat memberikan pengari pada harga besi CNP tersebut. berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai besi CNP tersebut.

Pengertian Besi CNP

Besi CNP ini merupakan salah satu material yang memiliki peranan cukup penting didalam dunia pembangunan konstruksi hingga fabrikasi. Hal tersebut disebabkan karena besi kanal CNP ini merupakan material konstruksi yang cukup vital dalam bahan bangunan yang mana memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang baik.



Besi CNP ini menggunakan material penyusun yang tercipta dari hasil pembentukan bahan plat coil. Bahan tersebut merupakan sejenis lembaran galvalum atau baja yang telah terlapisi krip pada permukaannya. Sedangkan untuk bahan baku dari material ini memiliki sifat yang tidak mudah rapuh, karena harus disesuaikan juga dengan fungsi serta kegunaannya. Material ini biasanya digunakan untuk menopang konstruksi dengan beban berat jadi harus menggunakan penyusun yang kokoh, kuat, dan tidak mudah rapuh ataupun roboh.

Dengan adanya proses dan penggunaan teknologi yang canggih, maka terciptalah tipe besi yang memiliki bentuk dan tekstur besi yang presisi. Pada umumnya tahapan pembuatan material ini dimulai dari proses pemotongan plat besi yang selanjutnya dilakukan penekukan sampai membentuk seperti yang sesuai ukuran dan terakhir akan dilakukan proses finishing yang berupa pendinginan.

Diketahui di pasaran bahwa besi ini memiliki bentuk penampang yang menyerupai huruf C. material tersebut memiliki sebutan lainnya seperti besi kanal C, balok purlin, profil C, profil gording, lipped channel, dan C – channel.

Baca juga: Model Gapura Minimalis Dari Besi



Baca juga: Model Dan Cara Membuat Ranjang Besi

Ukuran Besi CNP

Besi CNP ini memiliki ukuran yang bermacam – macam seperti 60x30x10mm, 75x35x15mm, 75x45x15mm, 150x50x20mm, 200x75x20mm, dan juga masih banyak lain sebagainya. Akan tetapi pada umumnya panjang dari besi CNP ini adalah 6m.

Bahan Besi CNP

Dilihat dari fungsi material ini, dimana besi ini digunakan untuk menopang konstruksi atau beban berat. Oleh karena itu bahan baku pembuatnya pun tidak boleh terbuat dari sesuatu yang mudah rapuh. Apabila material ini tidak kokoh maka benda atau konstruksi yang ditopang dengan menggunakan material besi CNP ini akan roboh. Pada dasarnya bahan baku dari besi CNP ni adalah besi plat yaitu plat koil yang dibentuk dengan metode cutting atau bending sehingga menjadi seperti huruf C.

Jenis dan Tabel Besi CNP

Di Indonesia besin CNP ini memiliki berbagai macam jenis dan berat. Dimana jenis – jenis tersebut telah dianggap sesuai dengan kebutuhan konstruksi di negara ini. Terdapat jenis baja ringan CNP dan juga CNP biasa. perbedaan jenis ini juga telah digolongkan berdasarkan dari warnanya. Berikut ini adalah tabel dari berat besi CNP yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan dalam kostruksi pembangunan yaitu: