Standar Dalam Menggunakan Scaffolding

Candra Irawan

Standar Dalam Menggunakan Scaffolding – Bekerja dalam bidang area konstruksi memanglah rawan dengan resiko kecelakaan kerja. Salah satu penyebab dari kesalahan atau kecelakaan erja ini adalah dengan menggunakan scaffolding yang tidak sesuai dengan ketentuan. Faktanya di negara Amerika terdapat 16% dari 359 pekerja konstruksi yang tewas akibat terjatuh dari ketinggian yang ada kaitannya dengan penggunaan scaffolding yang kurang tepat.

Dimana scaffolding ini Scaffolding ini memiliki fungsi utama yaitu untuk membantu para pekerja yang bekerja diketinggian yang telah ditentukan. Apabila sedang adanya pengerjaan suatu konstruksi yang cukup tinggi maka tidak memiliki pilihan lain untuk tidak menggunakan scaffolding atau perancah tersebut.

 

Dimana scaffolding tersebut berfungsi untuk menahan manusia serta material dalam ketinggian tertentu. Dengan adanya kedua hal tersebut secara tidak langsung scaffolding memiliki peran aktif dalam menjaga keselamatan kerja bagi para pekerja konstruksi tersebut. Penggunaan scaffolding akan membuat para pekerja merasa aman yang akan berujung pada peningkatan produktivitas dan kelancaran sebuah proyek konstruksi bangunan.

Dalam penggunaannya apabila scaffolding digunakan dengan benar maka akan dapat meminimalisir kejadian seperti yang disebutkan sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan keselamatan dalam penggunaan scaffolding ini selalu bermula dari aman atau tidaknya suatu scaffolding untuk digunakan. jadi sebaiknya dipasang ileh pekerja yang ahli dan dilakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum digunakan.

Standar Penggunaan Scaffolding

Dalam rangka menghindari kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh scaffolding tersebut maka pihak terkait harus mematuhi standar penggunaan scaffolding yang benar. Berikut ini adalah beberapa standar yang harus dipatuhi dalam penggunaan scaffolding yaitu:

– Pastikan pekerja mendapat pelatihan mengenai scaffolding sebelum menggunakannya.

– Pekerja wajib menggunakan alat pelindung diri seperti helm dan lain-lain.

– Jangan simpan barang atau peralatan pada pagar pengaman.

– Perhatikan rekan kerja yang ada di atas dan bawah scaffolding

Bagikan:

Tags