Model Variasi Tiang Baja Ringan


Model Variasi Tiang Baja Ringan – Baja Ringan adalah salah satu material konstruksi yang saat ini semakin diminati karena memiliki bobot yang ringan serta memiliki ketahanan yang kuat. Meterial ini dapat digunakan sebagai material pengganti baja konvensional dan juga material kayu yang lebih efisien, murah dan juga anti rayap.



Baja ringan pada umumnya memiliki ukuan yang banyak varian mulai dari 0,75 mm – 1,00 mm sampai dengan 31 mm – 100 mm. rangka atap baja ringan justru dapat lebih mengurangi beban bangunan saat terjadi guncangan.

Baca juga: Harga Gunting Baja Ringan Yang Bagus

Baca juga: Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa model variasi dari tiang baja ringan. Dimana tiang baja ringan sendiri merupakan suatu konstruksi yang dapat menyokong suatu bagian konstruksi yaitu atap yang benbentu batang baja ringan dengan kondisi vertikal. Sebelumnya akan dijelaskan beberapa hal yang perlu diketahui seperti penjelasan selanjutnya.

Ukuran Baja Ringan



Pada umumnya ukuran dari ketebalan baja ringan adalah 0,75 mm sampai 1,00 mm. meski dengan ketebalan yang tipis baja ringan ini memiliki ketahanan yang kuat dan tahan lama dibandingkan dengan penggunaan kayu atau bambu. Berikut ini adalah tabel dari ukuran Baja Ringan yaitu:

Baca juga: Konstruksi Atap Baja Ringan Yang Aman

Baca juga: Teknik Sambungan Baja Ringan Dan Caranya



Jenis Baja Ringan

Jenis Baja Ringan ini dapat dibahi menjadi 3. Berikut ini adalah beberapa jenis – jenis baja ringan yaitu:

Baja Ringan Kaso

Jenis ini biasa disebut dengan trus, yang merupakan salah satu jenis baja ringan yang diaplkasikan menjadi kaki utama dari sebuah konstruksi bangunan sebagai kuda – kuda. Untuk jenis ini sendiri juga dapat terbagi menjadi dua profil yaitu profil C dan W. perbedaan kedua profil C dan W tersebut berdasakan dari segi ukurannya dimana Profil C lebih kecil dibandingkan profil W.

Pada pengaplikasiannya jenis ini sering digunakan sebagai tiang pada konstruksi yang tidak mempunyai beban yang berat seperti contohnya penopang kanopi. Untuk baja ringan jenis ini memiliki segi penggunaan yang mudah jadi dapat mempercepat proses pembangunan dan juga dapat dikondisikan sesuai kebutuhannya.

Baja Ringan Reng

Jenis ini pada umumnya dapat disebut dengan baja ringan profil B, dimana baja ringan jenis ini merupakan bagian atap bangunan yang dapat digunakan untuk meletakkan genteng. Awalnya reng ini terbuat dari bahan babu, akan tetapi karena proses pembuatannya yang memakan waktu lama dan harus melalui serangkaian proses agar tahan lama, maka hadirlah renga yang terbuat dari baja ringan ini. Jenis ini memiliki kelebihan dapat memberikan kesan modern pada tampilan bangunan.

Baja Ringan Taso

Untuk jenis baja ringan ini memiliki bentuk yang persis dengan huruf A, dimana jenis ini merupakan baja ringan yang dari luar akan tampak seperti balok kecil yang memiliki fungsi sebagai pengikat baja ringan reng. Apabila semakin tipis ketebalan baja jenis ini maka akan semakin bagus juga tampilan bangunan. pengaplikasian baja ringan taso ini wajib apabila ingin menyusun rangka atap bangunan yang kokoh.