Harga Gunting Baja Ringan Yang Bagus


Harga Gunting Baja Ringan Yang Bagus – Baja ringan pada bidang konstruksi saat ini semakin umum saja. Baja ringan merupakan material yang diperlukan dalam pembuatan rangka genteng, kusen, kanopi dan lain sebagainya.



Dalam penggunaan bajaringan memiliki berbagai keunggulan yang sulit ditemukan paa produk lainnya. Baja ringan ini sangat kokoh akan tetapi juga tipisi dan awet yang tahan lama dikarenakan tidak bisa dimakan oleh rayap tidak seperti material kayu. Dalam penggunaanya baja ringan memerlukan penyesuaian dalam bentuk dan ukurannya.

Agar komposisi dari baja yang dibuat untuk ranga memiliki benuk yang sempurna maka baja harus dipotong – potong sesuai dengan pola yang telah di desain sedangkan untuk memotong maupun mengguntingnya tidak dapat menggunakan gunting sembarangan. Baja ringan memerlukan gunting khusus untuk memotong material ini.

Baca juga: Rangkaian Panel Surya Mini Sederhana

Baca juga: Harga Lem HPL Berbagai Merk (Fox, Crona, Dll)

Pengertian Gunting Baja Ringan

Gunting baja ringan merupkana salah satu perlatan konstruksi yang wajib dimiliki di rumah. Bukan hanya untuk pekerja konstruksi atau bangunan, gunting tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga sehari – hari seperti untuk menggunting kawat atau seng.

Gunting baja adalah gunting serbaguna yang dapat digunakan untuk memotong baja ringan, aluminium, seng, kawat. Gunting ini juga dapat digunakan untuk menggunting bahan kulit sehingga gunting ini merupakan peralatan yang sangat praktis. Gunting ini dapat membantu untuk menyesuaikan bentuk dan ukuran baja ringan saat sedang adanya konstruksi atau renovasi rumah maupun gedung.

Spesifikasi Gunting Baja Ringan

Pada setiap peralatan konstruksi pasti memiliki spesifikasi sendiri – sendiri. Berikut ini adalah spesifikasi dari gunting baja ringna yaitu:



  • Ukuran Gunting: 10?
  • Panjang keseluruhan: 25cm
  • Diameter Gunting (bagian kepala): 17 mm
  • Lebar gerigi pada bagian gunting: 2 mm
  • Bahan: CR-V / Chrome Vanadium
  • Warna seperti pada gambar
  • Memudahkan menggunting seng
  • Sangat praktis digunakan
  • Hasil potongan Rapi
  • Bisa digunakan untuk memotong bahan kulit juga

Baca juga: Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan

Baca juga: Konstruksi Atap Baja Ringan Yang Aman

Perbedaan Gunting Baja Ringan yang Berbentuk Lurus dan Bengkok

Gunting Baja Ringan Lurus

Gunting Baja Ringan Bengkok



Gunting baja ringan memiliki dua jenis kepala gunting, yaitu kepala gunting yang berbentuk bengkok dan kepala gunting yang memiliki bentuk lurus. Kedua bentuk ini pasti memiliki perbedaas saat penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kedua jenis gunting baja ringan yaitu:

  • Kedua jenis ini memiliki perbedaan pada harganya. Untuk harga dari gunting baja ringan dengan kepala gunting lurs sekitar 67.000 rupiah sampai 73.000 rupiah. Sedangkan untuk gunting baja ringan dengan kepala bengkok memiliki harga mulai dari 70.000 rupiah sampai 200.000 rupiah, dari sisi harga ini dapat disimpulkan bahwa gunting baja ringan bengkok memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan gunting baja lurus.
  • Kedua jenis ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Untuk fungsi dari gunting baja ringan luru dapat digunakan untuk memotong apa saja potongan untuk baja ringan tersebut. sedangkan untuk gunting baja ringan bengkok memiliki fungsi untuk memotong dengan bentuk lingkaran. Jadi gunting baja ringan bengkok memiliki kelebihan dalam melakukan pemotongan lekukan sedangkan untuk gunting baja lurus untuk memotong permukaan yang datar.
  • Ketajaman pada masing – masing jenis gunting ini juga berbeda. Pada umumnya gunting baja ringan lurus lebih tajam dan awet dibandingkan dengan gunting baja ringan bengkok yang lebih cepat tumpul
  • Kedua jenis ini memiliki perbedaan kode. Apabila gunting baja ringan lurus memiliki kode “S” yang merupakan singkatan Straight, maka kode gunting baja ringan bengkok tidak ada kode “S” tersebut.

Baca juga: Teknik Sambungan Baja Ringan Dan Caranya