Cara Memasang HPL Pada Dinding Dan Furniture


Pemasangan HPL Pada Dinding Dan Triplek – Kebanyakan orang lebih suka memilih perabotan kayu dibandingkan perabotan berbahan dasar lainnya. Bukan tanpa sebab, furnitur dengan bahan dasar kayu mempunyai tampilan yang lebih menarik, kuat, dan juga terlihat mewah. Oleh karenanya saat ini tidak sulit untuk menjumpai maupun membeli perabotan kayu.

Perabotan kayu ini ada yang dibuat dengan memberikan lapisan tambahan untuk meningkatkan nilai estetika dan meminimalisir risiko kerusakan akibat serangga sehingga lebih tahan lama. Ada cukup banyak opsi finishing yang bisa diterapkan pada furnitur kayu. Salah satu yang populer adalah High Pressure Laminate atau juga disebut HPL.



HPL cukup populer lantaran harganya yang lebih terjangkau dan mempunyai banyak sekali pilihan motif. Lantas apa itu HPL?

HPL adalah bahan finishing dengan laminasi tekanan tinggi yang biasanya digunakan pada furnitur. Mulai dari kitchen set, kabinet, permukaan meja, lemari, dan furnitur-furnitur lainnya.

Kita bisa mengaplikasikan HPL sendiri pada permukaan yang diinginkan. Ada teknik-teknik yang perlu dipahami agar pemasangan bisa sempurna. Berikut kami bahas lebih lanjut untuk Anda.

Baca juga: Harga Triplek Berbagai Ukuran

Cara Memasang HPL

Pada cara ini kami jelaskan bagaimana cara memasang HPL pada dinding. Silakan ikuti panduan di bawah ini.



Pemotongan HPL

Pemasangan diawali dengan memotong material HPL. Sebelum memotongnya Anda perlu mengukur dinding yang hendak dipasangi HPL. Kemudian buat pola sesuai dengan ukuran dinding. Lakukan pemotongan dengan hati-hati dan usahakan untuk meminimalkan potongan agar hasil akhirnya terlihat lebih rapi. Agar lebih mudah dalam memotong HPL, gunakan gergaji circle dengan mata potong keramik.

Memasang di Dinding

Tahap selanjutnya adalah melakukan pemasangan. Usahakan untuk melakukannya saat siang hari dan cuaca sedang cerah namun tidak terlalu panas. Sebab cuaca yang terlalu panas atau dingin akan membuat HPL melengkung.

HPL harus menempel pada permukaan yang rata, oleh karena itu tembok / dinding harus dipasang papan terlebih dahulu. Untuk pelapis dinding bisa menggunakan kalsiboard atau gypsum board. Cara menempelkan kalsiboard dan gypsum board menggunakan sekrup dan apabila ada permukaan yang tidak rata bisa didempul terlebih dahulu.



Dalam proses pemasangan gunakan lem kuning dan oleskan di bagian belakan HPL maupun permukaan dinding yang sudah ditempel kalsiboard. Kemudian tempelkan HPL secara perlahan sembari menekan dari tengah ke atas, dan dari tengah ke bawah. Berikutnya pasang paku dengan mesin tembak paku untuk memperkuat bagian tersebut.

Finishing

Agar hasil pemasangan lebih sempurna, tutup bagian-bagian sambungan dengan dempul. Oleskan dempul secara perlahan sehingga hasilnya tampak rapi. Selain itu jangan sampai dempul yang dioleskan mengenai permukaan HPL. Jika menjumpai ujung HPL yang tidak rata dengan sisi sebelahnya Anda bisa merapikannya dengan memakai cutter.