Harga Dan Ukuran Sekrup Baja Ringan


Ukuran Dan Jenis Sekrup Baja Ringan – Dalam dunia konstruksi kita mengenal banyak macam material bangunan. Mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Semuanya mempunyai peran penting tersendiri yang tidak bisa dilewatkan begitu saja saat hendak membangun sebuah konstruksi. Salah satunya adalah sekrup baja ringan.

Baja ringan merupakan material yang sedang naik daun belakangan ini. Alasannya tentu saja karena sederet kelebihan yang dimilikinya. Sesuai dengan namanya, baja ringan memiliki bobot yang ringan. Akan tetapi bukan berarti kekuatannya buruk. Justru material ini tetap kokoh dan terbilang aman untuk dipakai dalam bangunan.



Untuk diketahui, baja ringan merupakan baja karbon bersifat kuat dan kaku yang biasa dipakai untuk keperluan konstruksi. Mulai untuk membangun rumah, gendung perkantoran, atau bahkan untuk super market. Tidak hanya di bidang konstruksi saja, baja ringan juga biasa dipakai sebagai rangka mobil, membuat peralatan listrik, hingga senjata api.

Sedangkan sekrup adalah batang logam berukuran kecil yang fungsinya untuk mengikat atau menyambungkan dua objek yang solid. Alat tersebut biasanya mempunyai ulir helks di bagian batang. Ulir ini bisa dibilang merupakan perekat sehingga dua material atau benda bisa menempel dengan kuat dan kencang.

Fungsi Sekrup Baja Ringan

Sekrup baja ringan sendiri dibuat untuk memudahkan pekerja dalam memasang rangka baja ringan. Dalam tahap ini sekrup mempunyai peran yang vital. Sebab penyambungan antar sisi harus kuat sehingga untuk melakukannya kita membutuhkan sekrup.

Dalam memasang material baja ringan, misalnya pada atap maka dibutuhkan alat pendukung agar pemasangan dapat lebih maksimal. Maka dari itu kita membutuhkan beberapa komponen, seperti paku beton, dynabolt, atau pakyu payung. Di samping itu kita juga memerlukan sekrup baja ringan.



Sekrup baja ringan juga memiliki nama lain, yakni Self Drilling Screw (SDS). Biasanya sekrup ini mempunyai kepala dengan bagian khusus yang memungkinkan ujung sekrup bisa diubah atau didorong. Sekrup ini memiliki ujung yang tajam. Bahkan ujung tersebut akan tetap lancip walaupun sudah dipakai beberapa kali.

Biasanya sekrup dijual terpisah dari rangka baja ringan. Sehingga Anda perlu membelinya sendiri. Di samping itu pilihan sekrup baja ringan juga cukup beragam. Sekrup yang tersedia di pasaran biasanya mempunyai ukuran panjang, diameter, atau bentuk yang berbeda.

Baca juga: Baut Dan Sekrup Sistem Knock Down

Ukuran Sekrup Baja Ringan

Pemilihan sekrup baja ringan perlu diperhatikan dengan benar. Jangan sampai Anda salah membelinya, sebab hal tersebut dapat membuat struktur bangunan menjadi kurang sempurna. Seperti yang sudah diketahui, ukuran sekrup ini cukup beragam. Di toko ada beberapa macam ukuran, yakni SDS 12-24×45 untuk baut spandex, SDS 12-24×20 untuk baut kanal, dan SDS 8-18×13 untuk baut reng.