Harga Mesin Potong Besi Dan Aluminium / Miter Saw


Harga Mesin Potong Besi Dan Aluminium / Miter Saw – Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mesin pemotong besi. Mesin ini menjadi sudah menjadi salah satu alat yang waib dimiliki oleh para tukang bangunan. Sesuai namanya, alat ini biasa digunakan untuk memotong besi, mulai dari besi kecil, plat dan besi yang mempunyai ukuran atau diameter 14 inch.



 

Namun selain digunakan oleh orang-orang yang bekerja dalam sektor bangunan, alat ini juga banyak dijumpai di bengkel-bengkel las atau bengkel bubut. Keberadaan mesin pemotong besi akan membuat pekerjaan konstruksi menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

Baca juga: Cara Membuat Table Saw Sendiri Yang Aman

Baca juga: Harga Table Saw Berbagai Merk Rekomendasi

Mengenal Mesin Pemotong Besi (Miter Saw)

Mesin pemotong besi atau yang biasa disebut dengan cutting potong besi adalah sebuah alat yang pemotong benda dengan menggunakan pisau potong berupa batu gerinda yang tipis. Adapun fungsi utamanya adalah untuk memotong benda kerja yang dibuat dari logam keras seperti alumunium dan besi.

Penggunaan mesin besi bisa menghasilkan benda kerja yang memiliki permukaan kasar atau halus dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Mesin pemotong besi ini biasanya digunakan untuk mengerinda permukaan yang meja mesinnya bergerak secara bolak-balik. Dalam hal ini benda kerja akan dicekam pada meja kerja yang selanjutnya bisa digerakkan maju atau mundur di bawah batu gerinda.



Fungsi Mesin Pemotong Besi

  • Memotong benda kerja dengan ketebalan yang tidak relatif tebal.
  • Menghaluskan dan meratakan permukaan benda kerja.
  • Sebagai proses jadi akhir atau finishing pada benda kerja.
  • Mengasah alat potong agar tajam.
  • Menghilangkan sisi tajam pada benda kerja.
  • Membentuk suatu profil pada benda kerja (baik itu elips, siku, dan lain-lain).

Baca juga: Perbedaan Mesin Router Dan Trimmer Profil Kayu

Jenis-Jenis Mesin Pemotong Besi

  1. Mesin Surface Grinding

Mesin surface grinding merupakan sebuah mesin pemotong besi yang berfungsi untuk membuat bentuk datar dan permukaan rata pada suatu benda kerja yang diletakkan di bawah batu gerinda yang berputar. Mesin ini biasanya digunakan untuk menggerinda permukaan yang dimana meja mesinnya mengalami pergerakan secara horizontal bolak-balik.

Untuk meja pada mesin gerinda datar bisa dioperasikan secara manual atau otomatis yang bisa diatur di bagian tuasnya. Sedangkan hasil pengerjaan diperuntukkan khusus untuk parallel block, bed mesin, jangka sorong, dan lainnya.

  1. Mesin Pemotong Besi Tipe Tangan

Mesin pemotong besi tipe tangan merupakan sebuah mesin pemotong yang digunakan untuk menggerinda benda kerja yang memiliki prinsip seperti pisau dan pahat. Selain itu, juga bisa membentuk benda kerja seperti untuk merapikan hasil pemotongan, merapikan hasil las, membentuk lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan bagian permukaan benda kerja yang ingin dilas, dan lain sebagainya.