Sistem Struktur Kantilever Pada Bangunan


Struktur Kantilever – Seiring berjalannya waktu tampilan bangunan di sekitar kita semakin menarik dan unik. Tidak sedikit kita jumpai bangunan dengan desain yang terlihat tak lazim. Hal ini tentu saja merupakan hasil kreativitas banyak orang di luar sana yang gemar mengeksplorasi gaya arsitektur bangunan.

Dari sekian banyak gaya desain bangunan yang unik, mungkin Anda pernah menjumpai bangunan yang salah satu bagiannya dibuat melayang tanpa penyangga. Struktur semacam ini dinamai kantilever. Struktur kantilever cukup lazim digunakan belakangan ini dan menjadi tren di tengah masyarakat.

Lantas sebenarnya seperti apa struktur kantilever itu? Pada artikel ini kami jelaskan lebih jauh mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kantilever. Mulai dari definisi, penggunaan struktur kantilever, kelebihan dan kekurangan hingga tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengaplikasikan struktur ini.

Pengertian Struktur Kantilever

Kantilever adalah bentuk fisik struktur yang dibangun menonjol atau keluar dari bangunan utama dan didukung penyangga di salah satu sisinya saja. Oleh karenanya struktur bangunan ini tampak seperti melayang tanpa adanya penyangga.

Agar bangunan tetap stabil, maka dibutuhkan penguasaan teknis yang memadai dan perhitungan mekanika yang tepat. Dengan perhitungan dan teknik yang tepat bangunan bisa didirikan dengan kokoh serta tahan terhadap berbagai cuaca.

Karena pembangunan yang cukup sulit dan membutuhkan tenaga ahli, tidak terlalu banyak rumah yang memanfaatkan struktur kantilever ini. Biasanya struktur ini dimanfaatkan pada bangunan atau rumah mewah.

Baca juga: Desain Tangga Rumah

Penggunaan Struktur Kantilever

Sebenarnya struktur kantilever tidak hanya dimanfaatkan untuk bangunan berlantai atau hunian saja, namun juga jembatan atau bahkan furnitur rumah. Struktur kantilever ini tidak hanya membuat bangunan terlihat lebih menarik, namun juga mampu memberikan ruang tambahan dan menangkap lebih banyak pemandangan dari lingkungan sekitar.

Eksterior Rumah

Kanopi Akses Masuk Rumah

Salah satu kegunaan struktur kantilever adalah untuk kanopi di area akses masuk rumah. Sehingga bagian teras atau pintu depan rumah akan terlindung dari panas matahari maupun air hujan. Tidak hanya itu, dilihat dari depan tampilan rumah juga akan tampak memikat dan unik.

Carport Rumah

Selain dimanfaatkan sebagai kanopi, struktur kantilever juga bisa dipakai untuk carport yang akan melindungi kendaraan dari berbagai cuaca yang tak menentu. Sehingga kendaraan akan terlindung dari panas, hujan hingga angin.

Interior Rumah

Struktur Tangga Melayang

Struktur kantilever juga bisa dimanfaatkan sebagai tangga. Anak tangga berbentuk papan-papan panjang ini dibuat menempel ke dinding dan berbaris rapi menuju ke lantai dua. Desain seperti ini membuat tangga seolah melayang dan bisa menjadi salah satu spot menarik di dalam rumah. Akan tetapi jangan lupa untuk memastikan kekuatannya saat dinaiki oleh penghuni rumah, serta pastikan keamanannya.

Meja Dapur

Struktur kantilever tidak hanya bisa dimanfaatkan pada bangunan saja, namun juga pada furnitur. Salah satunya adalah meja dapur. Dengan memanfaatkan struktur ini meja akan terlihat mengambang di udara dan menghadirkan kesan modern.

Selain meja dapur struktur kantilever juga bisa diterapkan pada meja makan dengan space yang lebih luas. Atau Anda juga bisa mengaplikasikannya pada kitchen island, rak penyimpanan dan elemen interior lainnya. 

Kasur Kamar

Selain sebagai meja dapur, struktur ini juga bisa dimanfaatkan pada kasur kamar tidur. Sehingga saat kasur tidak dipakai bisa dinaikkan dan bagian bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai. Tentu akan lebih menghemat tempat dibandingkan harus menyiapkan area tambahan untuk bersantai di dalam kamar.

Kelebihan dan Kekurangan Struktur Kantilever

Struktur kantilever mempunyai beberapa keunggulan yang sudah disinggung di atas. Akan tetapi apakah struktur ini memiliki kelemahan? Jawabannya iya. Terlepas dari beberapa kelebihan tersebut, kantilever tetap memiliki beberapa kekurangan yang patut untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk menerapkan struktur ini. Berikut kami jelaskan lebih lanjut.

Kelebihan Struktur Kantilever

Struktur kantilever diminati banyak orang karena beberapa kelebihannya. Selain mampu menciptakan kesan yang unik dan tetap menarik, berikut adalah beberapa kelebihan lain struktur kantilever:

  • Membuat pemandangan di sekitar rumah menjadi terlihat lebih luas
  • Bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan, seperti kanopi, carport, meja dan lain sebagainya.
  • Dana yang disiapkan untuk membuat struktur kantilever lebih terjangkau, sebab hanya memanfaatkan satu sisi penyangga saja.
  • Sistem atau struktur kantilever dapat diaplikasikan pada lokasi-lokasi yang curam. Sehingga bangunan dapat terintegrasi dengan alam di sekelilingnya.
  • Kantilever bisa membuat suasana interior lebih stylish dan bahkan menyenangkan.
  • Dengan pemanfaatan yang tepat Anda juga bisa menghemat tempat sehingga kelegaan ruangan tetap terjaga dengan baik. Misalnya dengan membuat tangga kantilever yang lebih hemat tempat dan akan membuat ruangan di sekitarnya tetap terlihat lapang.

Untuk diketahui, kantilever menjadi metode yang pernah dipakai oleh arsitek Frank Lloyd Wright pada Fallingwater House yang menjadi salah satu karyanya. Penerapan ini sebagai bentuk integrasi bangunan dengan alam. Sehingga menciptakan efek dramatis air terjun yang seolah mengalir dari dalam rumah.

Kekurangan Struktur Kantilever

Setelah mengetahui apa saja kelebihan struktur kantilever, kini kita bahas apa yang menjadi kekurangan dari struktur ini. Berikut adalah beberapa poin minusnya:

  • Desain harus dibuat dengan matang dan membutuhkan perhitungan yang akurat.
  • Dalam pembuatan struktur kantilever pada bangunan dibutuhkan tenaga yang ahli, sehingga akan memakan dana yang tidak sedikit.
  • Material yang dipakai harus memiliki bobot yang ringan dan kokoh, sehingga anggaran untuk pembelian material akan lebih besar.
  • Perlu memperhatikan lahan dan tanah dengan cermat agar struktur bangunan nantinya tidak mudah ambruk.

Baca juga: Desain Rumah Tropis Modern

Tips Membangun Struktur Kantilever pada Bangunan

Saat ini menerapkan struktur kantilever, maka ada sejumlah pertimbangan yang perlu dipikirkan baik-baik. Sebab seperti yang diketahui struktur ini tidak boleh dibangun asal-asalan. Sebelum membangun struktur kantilever, kita perlu mengetahui karakter lahan dan jenis tanah yang ada di bawah bangunan tersebut.

Tidak hanya itu, kita juga perlu memperhatikan material bangunan. Kita harus memilih material bangunan yang baik dan tepat sehingga struktur kantilever bisa berdiri dengan kuat dan kokoh. Kita juga perlu mengurangi beban pada bagian atas bangunan. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan bahan bangunan berbobot ringan.

Karena struktur kantilever hanya bertumpu pada satu sisi saja, maka perhitungan beban yang akan dipikul juga harus dilakukan dengan benar. Perhitungan ini dilakukan agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan tidak mudah ambruk. Sehingga pengguna atau pemilik rumah bisa terhindar dari risiko yang tak diinginkan.

Jika semua hal sudah dipertimbangkan dengan matang, maka Anda akan mendapatkan bangunan atau rumah dengan struktur kantilever yang menawan. Anda pun bisa bersantai di dalamnya dengan nyaman dan tenang.

Itulah penjelasan seputar struktur kantilever yang bisa kami sampaikan di website ini untuk Anda. Dengan adanya penjelasan di atas, termasuk kelebihan dan kekurangannya semoga Anda bisa mempunyai gambaran apakah struktur ini cocok untuk diterapkan pada lahan Anda. Dan jangan lupakan soal biaya yang perlu dikeluarkan juga sehingga Anda tidak kekurangan dana pada saat proses pembangunan berlangsung.


Loading...