Sistem Struktur Kantilever Pada Bangunan


Struktur Kantilever – Seiring berjalannya waktu tampilan bangunan di sekitar kita semakin menarik dan unik. Tidak sedikit kita jumpai bangunan dengan desain yang terlihat tak lazim. Hal ini tentu saja merupakan hasil kreativitas banyak orang di luar sana yang gemar mengeksplorasi gaya arsitektur bangunan.

Dari sekian banyak gaya desain bangunan yang unik, mungkin Anda pernah menjumpai bangunan yang salah satu bagiannya dibuat melayang tanpa penyangga. Struktur semacam ini dinamai kantilever. Struktur kantilever cukup lazim digunakan belakangan ini dan menjadi tren di tengah masyarakat.



Lantas sebenarnya seperti apa struktur kantilever itu? Pada artikel ini kami jelaskan lebih jauh mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kantilever. Mulai dari definisi, penggunaan struktur kantilever, kelebihan dan kekurangan hingga tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengaplikasikan struktur ini.

Pengertian Struktur Kantilever

Kantilever adalah bentuk fisik struktur yang dibangun menonjol atau keluar dari bangunan utama dan didukung penyangga di salah satu sisinya saja. Oleh karenanya struktur bangunan ini tampak seperti melayang tanpa adanya penyangga.

Agar bangunan tetap stabil, maka dibutuhkan penguasaan teknis yang memadai dan perhitungan mekanika yang tepat. Dengan perhitungan dan teknik yang tepat bangunan bisa didirikan dengan kokoh serta tahan terhadap berbagai cuaca.

Karena pembangunan yang cukup sulit dan membutuhkan tenaga ahli, tidak terlalu banyak rumah yang memanfaatkan struktur kantilever ini. Biasanya struktur ini dimanfaatkan pada bangunan atau rumah mewah.



Baca juga: Desain Tangga Rumah

Penggunaan Struktur Kantilever

Sebenarnya struktur kantilever tidak hanya dimanfaatkan untuk bangunan berlantai atau hunian saja, namun juga jembatan atau bahkan furnitur rumah. Struktur kantilever ini tidak hanya membuat bangunan terlihat lebih menarik, namun juga mampu memberikan ruang tambahan dan menangkap lebih banyak pemandangan dari lingkungan sekitar.

Eksterior Rumah

Kanopi Akses Masuk Rumah

Salah satu kegunaan struktur kantilever adalah untuk kanopi di area akses masuk rumah. Sehingga bagian teras atau pintu depan rumah akan terlindung dari panas matahari maupun air hujan. Tidak hanya itu, dilihat dari depan tampilan rumah juga akan tampak memikat dan unik.

Carport Rumah

Selain dimanfaatkan sebagai kanopi, struktur kantilever juga bisa dipakai untuk carport yang akan melindungi kendaraan dari berbagai cuaca yang tak menentu. Sehingga kendaraan akan terlindung dari panas, hujan hingga angin.



Interior Rumah

Struktur Tangga Melayang

Struktur kantilever juga bisa dimanfaatkan sebagai tangga. Anak tangga berbentuk papan-papan panjang ini dibuat menempel ke dinding dan berbaris rapi menuju ke lantai dua. Desain seperti ini membuat tangga seolah melayang dan bisa menjadi salah satu spot menarik di dalam rumah. Akan tetapi jangan lupa untuk memastikan kekuatannya saat dinaiki oleh penghuni rumah, serta pastikan keamanannya.

Meja Dapur

Struktur kantilever tidak hanya bisa dimanfaatkan pada bangunan saja, namun juga pada furnitur. Salah satunya adalah meja dapur. Dengan memanfaatkan struktur ini meja akan terlihat mengambang di udara dan menghadirkan kesan modern.