Harga Borongan Baja Ringan Per Meter


Harga Borongan Baja Ringan Per Meter – Biasanya baja ringan digunakan untuk konstruksi terutama pada bagian atap bangunan, yang digunakan untuk pembangunan rumah gudang, tempat parkir, pabrik, maupun bangunan lainnya yang biasa dibuat dalam konstruksi.



Baja ringan adalah material baja yang dapat digunakan untuk rangka konstruksi bangunan. baja ringan ini pada umumnya terbuat dari bahan dasar campuran anatara seng dan aluminium. Baja ringan tersebut merupakan canai dingin yang keras dan dilakukan proses kembali komposisi atom dan molekulnya yang membuat baja tersebut lebih fleksibel.

Bahan dasar dari baja ringan tersebut adalah carbon steel, dimana karbon steel sendiri adalah baja yang terdiri dari elemen – elemen yang memeiliki prosentase maksimum selain bajanya sebagai berikut: 1.70% Carbon, 1.65% Manganese, 0.60% Silicon, 0.60% Copper. Dimana alloy tersebut akan diberi coating agar dapat melindungi baja ringan dari potensi korosi.

Jadi dapat dijelaskan baja ringan terbuat dari galcalum yaitu material baja dengan pelapisan yang memiliki unsur karbon, aluminium dan juga zinc yang dapat tahan terhadap korosi dan terbuat sesuai dengan standar ISO.

Baca juga: Kuda Kuda Baja Ringan Berbagai Jenis Atap

Jenis Profil Bentuk Baja Ringan

Dalam penggunaan baja besi disarankan untuk terlebih dahulu mengetahui jenis, bentuk, dan juga ukuran dari baja ringan yang nantinya cocok dalam pemakaian konstruksi bangunan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah jenis – jenis dari baja ringan yang umum dibapai di Indonesia yaitu:

Profil Baja Ringan Z

Profil baja ini memeiliki bentuk seperti huruf Z. oleh karena itu profil baja ringan ini dinamai dengan profil Z. untuk profil baja ringan ini dapat berfungsi sebagai profil utama dalam suatu penyambungan, terutama untuk struktr kuda – kuda pada rangka atap. Profil ini memiliki titik berat yang berada pada bagian tengah, hal itu menyebabkan profil baja ringan ini dapat dengan mudah menyeimbangkan beban yang ada di kanan dan kirinya.



Profil Baja Ringan C (Canal) dan W

Untuk profil yang kedua ini merupakan profil yang berfungsi sebagai pelengkap sekaligus kekuatan dari profil baja ringan Z. kedua profil ini memiliki bentuk yang sama, akan tetapi profil W memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan profil C. dari ketiga profil ini (Z, C, dan W) memiliki fungsi sebagag batang struktural yang memiliki ketebalan 0,8 sampai 1 mm.

profil baja ringan tipe C



profil baja ringan tipe W

Profil baja ringan B (Reng)

Untuk suatu konstruksi pada bagian rangka atap baja ringan memerlukan batang penahan pada bagian penutup atapnya (reng). Profil baja ringan B tersebut sudah didesain lebih tipis dibandingkan dengan profil baja ringan yang lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan penahan pada bagian penutup atap tersebut.