Cara Membuat Talang Cor Beton Anti Rembes

Membuat Talang Cor Anti Rembes – Dalam membuat konstruksi bangunan, maka yang perlu dipikirkan tidak terbatas pada seperti apa desainnya saja. Kita juga harus memikirkan berbagai hal lainnya yang juga tak kalah penting. Misalnya bagaimana instalasi listriknya, saluran air, hingga talang air.

Di Indonesia talang air tentu menjadi hal yang tak bisa dilupakan begitu saja. Sebab komponen ini berfungsi untuk menyalurkan air hujan saat musim hujan. Pada dasarnya talang air berfungsi untuk mempermudah air hujan mengalir ke bawah sehingga dapat mencegah munculnya genangan di atas atau area tertentu pada bangunan.

Seiring dengan berkembangnya zaman talang air terbagi menjadi beberapa macam dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dari sekian macam talang yang ada, talang air beton merupakan jenis yang cukup populer di Tanah Air. Talang ini dibuat dengan memakai adukan beton dan diletakkan menempel di sekeliling bagian atap bangunan maupun rumah. 

Talang ini sudah pasti anti karat, sehingga sangat cocok diterapkan pada bangunan di kawasan tropis. Tidak hanya itu saja, talang cor beton juga lebih kuat dan bisa tahan lama. Perawatan talang ini juga relatif lebih mudah. Karena kuat talang ini juga dapat dinaiki, sehingga akan mempermudah proses perbaikan atau pembersihan talang.

Ukuran lebar talang beton juga dapat disesuaikan, bahkan bisa diubah saat sudah jadi tanpa harus merusak desain rumah. Hanya saja pengerjaan talang ini lebih lama dibandingkan jenis lainnya.

Lalu bagaimana cara membuat talang air beton ini? Pada artikel ini kami jelaskan secara garis besar tahap dalam membuat talang cor beton yang bisa Anda simak dan perhatikan.

talang beton

Baca juga: Overstek Atap Bangunan

Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah alat dan bahannya. Dalam membuat talang air dari beton ada beberapa peralatan dan juga bahan bangunan yang harus disiapkan. Berikut daftar yang dapat Anda lihat:

  1. Cetok
  2. Kawat Cor
  3. Papan
  4. Semen
  5. Pasir
  6. Air

Tahap Membuat Talang Air Beton

Agar bisa membuat talang air beton anti bocor dan rembes maka Anda harus memahami teknik dalam membuatnya. Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk memperoleh hasil akhir yang maksimal dan memuaskan. Berikut kami jelaskan selengkapnya.

Menyusun Perencanaan Pekerjaan

Tahap awal kita perlu menyusun perencanaan pekerjaan. Hal ini mencakup harus diawali dari mana pengerjaan talang cor beton yang ingin Anda buat. Biasanya talang cor beton dibuat di samping kanan dan kiri bangunan atau rumah.

Di samping itu Anda juga bisa membuat talang di antara kap. Disarankan untuk membuat sebagian lebar talang menapak di atas pasangan batu bata atau dinding bangunan sebagai penyangga. Sehingga talang air akan lebih kuat.

Menentukan Ukuran Talang

Yang tak kalah penting adalah menentukan ukuran talang. Untuk hal ini Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga dana yang tersedia. Tak terkecuali curah hujan di mana bangunan tersebut berdiri.

Umumnya talang air beton mempunyai ukuran lebar sebesar 30 cm. Lebar tersebut diukur dari dinding talang. Sedangkan ketebalan talang biasanya mencapai 8 cm.

Menyiapkan Besi

Selesai melakukan dua tahap di atas, proses selanjutnya adalah menyiapkan besi yang akan dipakai untuk tulangan di dalam struktur beton. Anda bisa memanfaatkan besi berdiameter 12 mm untuk bentangan. Sedangkan untuk sekatan pilih besi berbentuk U seperti besi begel. Ukurannya minimal 10 mm dengan jarang renggang sekitar 10 cm.

Melakukan Pengecoran

Untuk proses pengecoran, buat terlebih dahulu adukan cor beton dari campuran semen, kerikil, dan pasir. Gunakan perbandingan 1 : 3 : 3 untuk membuatnya. Kemudian campur seluruh bahan secara merata dan adukan cor beton siap untuk digunakan. Lakukan pengecoran sesuai dengan rencana yang Anda buat sebelumnya.

Proses Pengeringan

Sesudah talang selesai dibuat atau proses pengecoran selesai, diamkan selama 24 jam sampai talang mengering sepenuhnya. Agar risiko kebocoran dapat dihindari, Anda bisa menyiramkan air semen di bagian atas talang dan biarkan air tersebut menggenangi permukaan selama proses pengeringan.

Proses Pengacian

Jika talang sudah kering dengan sempurna, tahap berikutnya adalah melakukan proses pengacian. Tujuannya agar membuat tekstur permukaan talang lebih halus. Sehingga air dapat mengalir dengan lebih baik.

Dalam proses ini Anda perlu memperhatikan tingkat kemiringan permukaan talang. Jangan sampai permukaan talang bergelombang atau justru lebih tinggi di bagian ujung talang. Sebab hal tersebut dapat membuat genangan air muncul dan sulit untuk mengalir.

Pengeringan Acian

Tahap selanjutnya setelah proses pengacian selesai adalah melakukan pengeringan. Disarankan untuk mengeringkan acian dalam waktu yang lama. Sebab lapisan acian ini rentan mengalami keretakan karena terpapar suhu panas. Untuk itu selama proses pengacian disarankan untuk menggenangi permukaan dengan air secukupnya.

Penggunaan Waterproof

Langkah terakhir Anda bisa memakai produk waterproof khusus beton cor pada permukaan talang. Sehingga talang air terhindar dari kebocoran, awet, dan bisa lebih tahan lama.

Jenis Talang Air

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat talang air dari beton cor, selanjutnya kita bahas apa saja jenis talang air yang lazim dipakai pada bangunan atau rumah. Setidaknya ada tiga jenis talang yang biasa kita jumpai, yakni talang beton seperti yang sudah kami jelaskan di atas, talang logam, dan talang PVC. Berikut kami jelaskan secara singkat satu per satu.

Talang Beton

Talang ini merupakan jenis talang yang sudah lama ada dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Talang ini seringkali diaplikasikan pada persinggungan atap, pagar, maupun antar bangunan satu dengan sebelahnya.

Kelebihan talang ini terletak pada konstruksinya yang lebih kuat dan tahan lama. Talang ini tetap kokoh walaupun terkena sinar matahari dan hujan secara terus-menerus. Bahkan diklaim talang beton bisa bertahan hingga puluhan tahun. Kelebihan lain dari talang ini adalah daya tampung air yang lebih besar, sehingga bisa mengalirkan air dengan baik walaupun sedang hujan deras.

Hanya saja talang air cor beton memiliki harga yang mahal. Selain itu proses pengerjaannya juga tergolong lebih lama dibandingkan jenis lainnya. Akan tetapi sebagai kompensasi nyata talang beton mudah dalam urusan perawatan, sebab tidak memerlukan perawatan khusus. Anda juga bisa melapisinya dengan karpet talang untuk memperkecil kemungkinan kebocoran saat musim hujan.

Talang PVC

Talang ini bisa dibilang sering digunakan pada rumah. Alasannya adalah harganya yang lebih terjangkau dan mempunyai bobot ringan sehingga proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Ukuran talang air PVC juga variatif. Belum lagi ada banyak produsen atau merek yang menawarkan talang ini sehingga Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan dana saja.

Hanya saja talang ini bisa mengalami retak atau patah. Masa pakainya juga bisa lebih singkat Maka dari itu pilih material yang berkualitas.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Pipa PVC Maspion

Talang Logam

Talang ini umumnya terbuat dari galvalum, aluminium atau seng. Harganya juga tak kalah terjangkau. Biasanya talang ini dijual dalam bentuk lembaran dan bisa dibentuk sesuai kebutuhan.

Proses pemasangannya juga tergolong praktis. Hanya saja talang ini bisa berkarat akibat cuaca.