Cara Membuat Talang Cor Beton Anti Rembes


Membuat Talang Cor Anti Rembes – Dalam membuat konstruksi bangunan, maka yang perlu dipikirkan tidak terbatas pada seperti apa desainnya saja. Kita juga harus memikirkan berbagai hal lainnya yang juga tak kalah penting. Misalnya bagaimana instalasi listriknya, saluran air, hingga talang air.

Di Indonesia talang air tentu menjadi hal yang tak bisa dilupakan begitu saja. Sebab komponen ini berfungsi untuk menyalurkan air hujan saat musim hujan. Pada dasarnya talang air berfungsi untuk mempermudah air hujan mengalir ke bawah sehingga dapat mencegah munculnya genangan di atas atau area tertentu pada bangunan.



Seiring dengan berkembangnya zaman talang air terbagi menjadi beberapa macam dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dari sekian macam talang yang ada, talang air beton merupakan jenis yang cukup populer di Tanah Air. Talang ini dibuat dengan memakai adukan beton dan diletakkan menempel di sekeliling bagian atap bangunan maupun rumah. 

Talang ini sudah pasti anti karat, sehingga sangat cocok diterapkan pada bangunan di kawasan tropis. Tidak hanya itu saja, talang cor beton juga lebih kuat dan bisa tahan lama. Perawatan talang ini juga relatif lebih mudah. Karena kuat talang ini juga dapat dinaiki, sehingga akan mempermudah proses perbaikan atau pembersihan talang.

Ukuran lebar talang beton juga dapat disesuaikan, bahkan bisa diubah saat sudah jadi tanpa harus merusak desain rumah. Hanya saja pengerjaan talang ini lebih lama dibandingkan jenis lainnya.

Lalu bagaimana cara membuat talang air beton ini? Pada artikel ini kami jelaskan secara garis besar tahap dalam membuat talang cor beton yang bisa Anda simak dan perhatikan.



talang beton

Baca juga: Overstek Atap Bangunan

Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus disiapkan adalah alat dan bahannya. Dalam membuat talang air dari beton ada beberapa peralatan dan juga bahan bangunan yang harus disiapkan. Berikut daftar yang dapat Anda lihat:

  1. Cetok
  2. Kawat Cor
  3. Papan
  4. Semen
  5. Pasir
  6. Air

Tahap Membuat Talang Air Beton

Agar bisa membuat talang air beton anti bocor dan rembes maka Anda harus memahami teknik dalam membuatnya. Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk memperoleh hasil akhir yang maksimal dan memuaskan. Berikut kami jelaskan selengkapnya.

Menyusun Perencanaan Pekerjaan

Tahap awal kita perlu menyusun perencanaan pekerjaan. Hal ini mencakup harus diawali dari mana pengerjaan talang cor beton yang ingin Anda buat. Biasanya talang cor beton dibuat di samping kanan dan kiri bangunan atau rumah.



Di samping itu Anda juga bisa membuat talang di antara kap. Disarankan untuk membuat sebagian lebar talang menapak di atas pasangan batu bata atau dinding bangunan sebagai penyangga. Sehingga talang air akan lebih kuat.

Menentukan Ukuran Talang

Yang tak kalah penting adalah menentukan ukuran talang. Untuk hal ini Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan juga dana yang tersedia. Tak terkecuali curah hujan di mana bangunan tersebut berdiri.