Jenis Baut Dan Mur Beserta Ukurannya


Jenis Baut Dan Mur Semua Ukuran – Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang baut dan mur. Dua benda ini sudah pasti menjadi barang yang sangat sering Anda jumpai. Mulai dari alat rumah tangga, kendaraan, sampai konstruksi bangunan.

Baut dan mur sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Meskipun berukuran kecil baut mempunyai banyak sekali manfaat. Di samping itu Anda juga bisa menemui begitu banyak jenis baut dan mur di pasaran. Sehingga tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut kamu sampaikan penjelasan lebih dalam seputar mur dan baut yang bisa Anda jadikan tambahan wawasan.



Pengertian Baut dan Mur

Sebagai pembuka kita bahas apa itu baut dan mur. Baut atau dalam bahasa Inggris disebut bolt adalah sebuah benda berbentuk tabung atau batang yang memiliki alur heliks atau tangga spiral di permukaannya. Sedangkan mur atau nut merupakan pasangan dari baut yang tugasnya untuk mengunci suatu benda sehingga tidak mudah bergeser atau terbuka.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, baut dan mur berfungsi untuk menggabungkan beberapa komponen sehingga dapat menyatu menjadi satu bagian yang sifatnya tidak permanen. Oleh karenanya komponen yang memakai sambungan ini dapat dilepas maupun dipasang dengan mudah tanpa merusak benda yang disambungkan.

Umumnya baut dan mur dipakai untuk pengerat yang pemakaiannya diputar searah jarum jam atau disebut dengan istilah ulir kanan. Sementara baut dan mur dengan ulir kiri dipakai untuk keperluan tertentu yang berlawanan dengan arah jarum jam. Misalnya untuk pedal pada sepeda.

Baut dan mur biasa dipakai dalam dunia konstruksi maupun otomotif. Bahkan kedua komponen ini juga sering dipakai pada pembuatan jembatan ataupun mesin.



Baca juga: Baut Dan Sekrup Sistem Knock Down Furniture

Jenis-jenis Baut

Jenis baut dan mur sangat banyak dan mempunyai bentuk serta kegunaan yang bisa berbeda. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mengetahui macam-macam baut dan mur. Sehingga saat Anda ingin membelinya Anda sudah tahu jenis mana yang harus Anda beli. Berikut kami sampaikan beberapa jenis baut yang lazim ditemui di toko.

Carriage Bolts

Baut jenis ini biasa dipakai untuk menyambungkan komponen berbahan kayu. Baut ini mempunyai kepala menyerupai kubah dan mempunyai bentuk segiempat di sisi leher. Fungsi bentuk persegi ini untuk mengencangkan komponen yang disambungkan dencan menekan masuk ke dalam kayu. Dengan demikian ikatan baut menjadi kuat.

Square Head Bolts



Sesuai dengan namanya, baut ini mempunyai kepala berbentuk persegi. Baut ini cukup sering dipakai oleh banyak orang. Biasanya baut ini dipakai untuk pekerjaan konstruksi maupun industri berat.

Flange Bolts

Jika diamati pada baut ini terdapat bubungan atau flens yang terletak di bawah kepala baut. Flens tersebut bertugas memberikan kekuatan pada baut seperti memakai washer. Baut ini biasanya terbuat dari material yang beragam, seperti baja hitam maupun besi biasa.

Hex Bolts

Baut ini sangat lazim dipakai untuk konstruksi atau perbaikan. Ciri khas dari baut ini adalah bentuknya yang segi enam atau hexagonal. Bahan baku baut ini beragam dan disesuaikan dengan kegunaannya. Di antaranya carbon steel, stainless steel, dan alloy steel yang dilapisi dengan kadium atau seng plating untuk mencegah terjadinya korosi.



Baut dengan kepala berbentuk segi enam ini bisa digunakan untuk keperluan yang beragam. Mulai dari otomotif, eksterior bangunan, pesisir, atau bahkan lingkungan yang memiliki suhu tinggi.

Jenis Mur

Setelah mengetahui macam-macam jenis baut, berikutnya kita bahas apa saja jenis mur yang beredar di pasaran. Sama seperti baut, mur cukup beragam jenisnya dilihat dari bentuk, material ataupun fungsinya. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda ketahui.

Mur Segi Enam

Sesuai dengan namanya, mur ini mempunyai bentuk segi enam atau hexagonal plain nut. Biasanya mur ini dipakai untuk keperluan industri. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan baut ini dipakai untuk keperluan konstruksi atau pembuatan furnitur. Mur ini juga menjadi jenis yang sangat umum ditemui.

Castellated Nut

Dibandingkan dengan jenis di atas, castellated nut mungkin sedikit tidak lazim. Jika diamati bentuknya menyerupai mahkota dengan slot pengunci atau castellated nut dan slotted nut. Mur ini juga dilengkapi dengan mekanisme penguncian. Kepala mur dibuat demikian untuk mengunci posisi mur sehingga tidak mengubah posisi yang sudah ditentukan.

Mur Pengunci

Mur pengunci atau lock nut adalah mur yang mempunyai ukuran lebih tipis dibandingkan dengan jenis lainnya. Mur ini umumnya dipasang di bawah mur utama sebagai pengunci.

Ukuran Baut dan Mur

Baut dan mur mempunyai ukuran yang cukup beragam. Sebagai gambaran silakan simak gambar di bawah ini.

Sebelum memahami bagaimana cara tepat membaca tabel ukuran untuk mur dan baut, sebaiknya kenali setiap bagiannya beserta spesifikasinya.

Dengan mengenali setiap bagian alatnya, secara tidak langsung membantu Anda mengetahui berapa ukuran standar yang digunakan.

Lalu apa saja bagian yang dimiliki oleh sebuah baut?

1. B (width accross flats).