Harga Batu Bata Merah Di Berbagai Kota


Harga Batu Bata Merah Di Berbagai Kota – Bangunan atau rumah kita terdiri dari berbagai macam material bangunan. Salah satu diantaranya adalah batu bata. Material bangunan ini biasanya digunakan untuk membuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerah-merahan.

Sejalan dengan berkembangnya teknologi, mulai sedikit bangunan yang mengandalkan batu bata. Sebab ada bahan material lain, seperti gipsum atau bambu yang sudah diolah.

Bahan material ini banyak digunakan lantaran memiliki harga yang lebih terjangkau dan terlihat lebih indah. Meski begitu batu bata masih banyak dipakai oleh masyarakat, terutama di Indonesia.

Batu bata terdiri dari dua jenis, yakni batu bata tanah liat dan batu bata pasir-kapur. Untuk batu bata tanah liat dibagi menjadi dua kategori, yaitu bata biasa dan bata muka.

Untuk bata biasa memiliki ciri khas permukaan dan warna yang tidak menentu. Bata jenis ini sering disebut dengan nama bata merah.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Batako

Sementara untuk bata muka memiliki permukaan yang baik dan warna serta corak yang seragam. Selain digunakan untuk dinding, bata jenis in juga bisa dipakai untuk penutup dinding dan sebagai dekorasi.

Sementara batu bata pasir-kapur terbuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1 : 8.

Di samping itu, kita juga mengenal batako. Batako umumnya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau di-press. Batako memiliki karakter yang lebih ringan dari bata merah dan mempunyai tekstur yang lebih halus dibandingkan bata merah.

Hanya saja penggunaan batako untuk dinding membuat bangunan lebih hangat, bahkan cenderung pengap dan panas, tidak seperti bata merah yang terbuat dari material tanah.

Daftar Harga Bata Merah

Apabila dari beberapa jenis di atas Anda sudah memiliki gambaran mana batu bata yang akan dipakai, maka pertimbangan berikutnya adalah masalah harga. Batu bata memiliki harga yang bervariasi, tergantung dari jenisnya.

Oleh karenanya penting untuk mempertimbangkan harga batu bata agar sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Untuk memudahkan Anda, di bawah ini adalah daftar harga lengkap batu bata terbaru 2021 :

Spek Barang
Satuan
Harga
Batako
Biji
3.500,-
Batu Bata Merah (biasa)
Biji
725,-
Batu Bata Merah (oven)
Biji
900,-
Batu Kali Belah
m3
185.000,-
Split
pick up
270.000,-
Split
truk
1.270.000,-
Batu Knecker
m3
210.000,-
Batu Candi (30 x 30)
m2
120.000,-
Batu Andesit (30 x 30)
m2
160.000,-
Batu Bali
10 kg

70.000,-

Jenis Batu Bata Merah Harga Per Satuan
Batu Bata Merah Biasa Rp. 600
Batu Bata Merah Oven Rp. 850
Batu Bata Merah Grade A Super bs Expose Temanggung Rp. 900
Batu Bata Merah pres Grade A Rp. 4.000
Batu Bata Merah Jumbo Rp. 650
Batu Bata Merah Jumbo Pres Grade A Rp. 750
Batu Bata Merah pres Cikarang Rp. 380
Batu Bata Merah Jumbo Serang Rp. 480
Batu Bata Merah Cilegon Rp. 700
Batu Bata Merah Jumbo Pres Yogyakarta Rp. 1.100
Batu Bata Merah Pres Stamdard Yogyakarta Rp. 750
Batu Bata Merah Ekpose Yogyakarta Rp. 1.250
Batu Bata Merah AT Magelang Rp. 750
Batu Bata Merah Grobogan Rp. 300
Batu Bata Merah Pres Sukoharjo Rp. 550
Batu Bata Merah Ekpose Sukoharjo Rp. 1.200
Batu Bata Merah Pres Pati Rp. 520
Batu Bata Merah Ekpose Pati Rp. 1.200
Batu Bata Merah Grobogan Rp. 300
Batu Bata Merah press BRANI Rp. 475
Batu Bata Merah Banyumas Rp. 600

Perlu dicatat harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Masing-masing toko juga bisa memiliki banderol harga yang berbeda. Anda bisa mengecek harga bata merah di beberapa toko agar Anda bisa mengetahui harga pasaran di daerah tempat tinggal Anda atau daerah sekitar proyek yang Anda kerjakan.

Baca juga: Harga Pasir 1 Truk Dan Pickup

Jenis Batu Bata Merah

Sesudah mengetahui banderol harga batu bata merah, maka Anda juga perlu mengetahui apa saja macam batu bata merah yang ada di pasaran. Mungkin Anda mengetahui bahwa bata merah hanya ada satu macam. Padahal sebenarnya ada beberapa macam yang mempunyai perbedaan.

Batu bata ini dapat dibagi menjadi tiga macam. Yakni bata merah biasa, bata merah press, dan bata merah expose. Apa saja perbedaan ketiganya? Berikut kami jelaskan secara singkat ketiga jenis batu bata ini.

Batu Bata Merah Biasa

Bata merah ini mempunyai kualitas yang standar. Walaupun demikian Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk konstruksi bangunan. Baik untuk membangun rumah, ruko, atau bahkan gedung.

Bata ini dibuat dengan memakai campuran mortar atau semen sebagai perekat. Yang pasti saat membelinya jangan lupa untuk memastikan bahwa materialnya bagus dan tidak cacat.

Batu Bata Merah Press

Secara kualitas batu bata merah ini lebih baik dari yang biasa. Batu bata ini dibuat dengan cara dipres. Hal inilah yang membuatnya menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah. Dan menariknya batu bata ini mempunyai daya tahan yang cukup baik saat dibiarkan dalam waktu yang lama.

Batu Bata Merah Expose

Batu bata ini mempunyai kualitas yang paling baik dibandingkan dua jenis di atas. Kelebihan batu bata ini terletak pada materialnya yang kuat dan tidak mudah pecah. Tidak cukup hanya itu saja, batu bata merah expose juga memiliki tekstur yang lebih halus, sehingga tampilannya terlihat lebih menarik. Selain itu warna dan coraknya juga seragam.

Biasanya batu bata merah ini dipakai untuk dinding. Batu bata ini juga sering dipakai untuk penutup dinding maupun sebagai dekorasi. Tak mengherankan jika batu bata ini memiliki harga yang lebih mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Bata merah dibuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar dalam suhu tinggi. Karena tahap tersebut bata ini menjadi kering dan berwarna kemerahan. Bata merah masih menjadi andalan banyak masyarakat, terutama mereka yang ingin membangun atau merenovasi rumah.

Alasan batu bata ini populer adalah karena materialnya yang sangat mudah dijumpai. Selain itu bata merah juga mempunyai daya tahan yang baik. Pada saat proses pemasangan bata ini kita memerlukan bahan yang juga mudah dibeli, seperti semen dan pasir ayakan yang dipakai sebagai perekat.

Terlepas dari kelebihan tersebut tentu ada kekurangan di balik material bangunan ini. Supaya lebih jelas berikut kelebihan dan kekurangan bata merah yang harus Anda ketahui sebelum membelinya untuk proyek konstruksi Anda.

Kelebihan Bata Merah

  1. Mudah diangkut karena memiliki ukuran yang kecil.
  2. Harga bata merah lebih terjangkau.
  3. Material sangat mudah untuk didapatkan.
  4. Tahan panas sehingga dapat melindungi bangunan dari bara api.
  5. Interior bangunan terasa lebih sejuk.
  6. Kuat dan tahan lama.
  7. Pemasangannya tidak membutuhkan keahlian khusus karena dapat disusun dan dipasang dengan mudah.
  8. Untuk perekat kita hanya membutuhkan semen dan pasir, tidak perlu memakai perekat khusus seperti halnya bata ringan.
  9. Dengan bata merah, membuat bidang kecil atau mengerjakan di area sempit akan lebih mudah.

Kekurangan Bata Merah

  1. Membutuhkan banyak perekat sehingga lebih boros.
  2. Sulit menyusun pasangan bata yang rapi.
  3. Ukuran materialnya lebih kecil dari batako dan hebel.
  4. Waktu pengeringan bata merah lebih lama dibandingkan jenis material lainnya.
  5. Kualitas dan ukuran bisa tidak seragam sehingga hasil pemasangan bisa terlihat tidak rapi.
  6. Karena pemasangan yang tidak bisa rapi maka akan membutuhkan plasteran yang tebal untuk membuat dinding terlihat rata.
  7. Material bata merah cukup berat sehingga bisa membuat beban struktur bangunan lebih berat.
  8. Bata merah memiliki sifat menyerap panas sekaligus menyerap dingin. Sehingga suhu di dalam interior bisa tidak stabil.
  9. Karena dimensi kecil, maka kita membutuhkan lebih banyak bata yang berimbas pada waktu pemasangan yang lebih lama dari batako ataupun hebel.

Tips Memilih Batu Bata Merah

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya maka setidaknya Anda sudah memiliki gambaran apakah batu bata merah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jika Anda yakin membeli batu bata ini, maka Anda perlu mengetahui tips dalam membelinya. Sebab membeli bata merah tidak boleh sembarangan jika tidak ingin mendapatkan material berkualitas rendah.

Dengan pemilihan yang cermat kita bisa mendapatkan batu bata merah yang berkualitas. Sehingga hasil pekerjaan menjadi lebih sempurna dan membuat struktur bangunan lebih kokoh dan bagus.

Beli di Toko Terpercaya

Satu tips penting yang harus selalu Anda ingat adalah beli bata merah di toko atau penjual yang benar-benar terpercaya. Anda bisa mendapatkan referensi toko bangunan yang terpercaya dari kerabat, tukang, atau teman yang berkecimpung di dunia konstruksi.

Perhatikan Ukuran dan Bentuk

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan ukuran dan bentuk bata merah yang akan dibeli. Bata merah yang baik memiliki bentuk segi empat panjang dengan sudut siku-siku tajam dan permukaan yang tidak retak. Ada beberapa ukuran bata merah yang bisa Anda beli. Antara lain modul M-5a (190 x 90 x 65 mm), modul M-5b (190 x 140 x 65 mm) dan modul M-6 (230 x 110 x 55 mm).

Di samping itu bata merah juga terbagi menjadi beberapa kelas. Di antaranya kelas 25, 50, 100, 150, 200 dan 250. Perlu dicatat, bata merah yang bagus tidak memiliki kandungan garam terlalu banyak. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan pengkristalan sampai 50%.

Periksa Kekuatan Material

Anda bisa mengetahui kualitas material bata merah lewat bunyi benturannya saat Anda mengetukkan dua bata merah. Jika nyaring seperti besi maka kualitas bata tersebut sudah baik. Cara lain mengetahui kekuatan bata merah adalah dengan mengetukkan potongan besi ke permukaan bata.

Direndam dalam Air atau Dibelah

Memeriksa dengan cara direndam ke dalam air digunakan untuk melihat daya serap bata terhadap air. Semakin sedikit air yang terserap ke dalam bata maka semakin baik kualitasnya. Sedangkan untuk cara dibelah untuk mengetahui warna di dalam bata. Apabila warnanya merah merata maka kualitasnya sudah bagus.

Cek Secara Acak

Apabila ingin membeli bata merah dalam jumlah besar, maka Anda bisa mengeceknya secara acak untuk memastikan kualitasnya. Untuk mengeceknya bisa dengan beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas. Apabila kualitas sampel yang Anda ambil mayoritas atau seluruhnya bagus, maka kemungkinan besar seluruhnya juga berkualitas baik.

Demikian adalah daftar harga harga batu bata terbaru 2021 di website hargaper.com. Saran kami, jangan memaksakan diri untuk membeli batu bata harga mahal. Anda bisa saja mendapat batu bata harga terjangkau, asal cermat dalam pemilihan.


Loading...