Harga Hollow Aluminium Per Batang


Harga Aluminium Hollow – Ketika ingin membangun sebuah rumah, gedung, atau bangunan lainnya kita memerlukan berbagai macam material bangunan untuk mendukung kegiatan tersebut. Mungkin Anda sudah mengenal cukup banyak material bangunan yang ada di pasaran. Dan perlu diketahui bahwa bidang konstruksi juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya material atau peralatan yang semakin banyak dan canggih. Salah satu yang sudah tidak asing di tengah masyarakat adalah hollow aluminium. Walaupun asing dengan sebutannya, pasti Anda sudah pernah melihatnya. Besi hollow adalah jenis besi yang memiliki rongga. Sekilas bentuknya menyerupai sebuah pipa. Biasanya besi hollow dimanfaatkan untuk rangka tembok partisi, rangka plafon, dan lain-lain.

Baca juga: Bahan Aluminium Composite Panel

Fungsi Besi Hollow

Besi hollow digunakan untuk pekerjaan tertentu. Supaya tidak salah pakai, berikut adalah beberapa kegunaan dari material besi hollow yang bisa Anda simak:

  1. Rangka plafon dan railing. Kita bisa membuat plafon dan railing dari beberapa macam material, salah satunya adalah dengan besi hollow. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan besi ini sebagai rangka railing ataupun plafon. Sebab besi hollow mempunyai penampang yang cocok jika diaplikasikan pada kedua rangka tersebut.
  2. Untuk pagar. Selain sebagai rangka plafon atau railing, besi hollow juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pagar. Penggunaan besi hollow sebagai pagar sangat tepat. Karena material ini lebih awet dan anti karat, sehingga Anda bisa mengandalkannya untuk pemakaian jangka panjang.
  3. Bahan pembuatan furnitur. Besi hollow juga sering dipakai untuk pembuatan furnitur bertema industrial. Terlebih besi ini memiliki warna dasar hitam keabu-abuan yang sangat cocok dengan konsep industrial. Besi ini seringkali dipadukan dengan besi siku agar memperoleh furnitur yang kokoh dan bagus.

Jika memanfaatkannya sebagai penyangga plafon papan gypsum, maka Anda bisa memilih hollow galvalum yang memiliki karakteristik ringan dan mempunyai lapisan anti karat. Anda bisa memilih ukuran besi hollow yang tidak terlalu kecil dan juga besar. Misalnya besi hollow 4×4 yang mempunyai panjang dan lebar penampang 40 mm.

Sedangkan jika memanfaatkannya sebagai rangka kanopi maka besi hollow yang dipakai harus mampu menahan beban sesuai dengan bobot atap kanopi. Contohnya Anda bisa memakai hollow galvanis berukuran 50 x 100 mm yang tebalnya minimal 1,6 mm.

Lalu jika ingin memakainya sebagai pagar Anda bisa berkreasi sesuka hati. Atau Anda juga bisa memadukan material ini dengan kayu maupun bebatuan. Sedangkan besi yang digunakan biasanya berukuran 4×4.