Perbedaan Marmer Dan Granit Wajib Diketahui


Perbedaan Marmer Dan Granit Wajib Diketahui – Granit dan marmer adalah dua batu alam yang sangat populer di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bukan tanpa sebab memang, baik granit maupun marmer menawarkan keindahan tersendiri yang bisa membuat bangunan terlihat lebih menarik dan elegan. Tak mengherankan jika akhirnya kedua batu alam ini banyak dimanfaatkan sebagai dekorasi di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, restoran, atau bahkan di rumah.

Mungkin orang awam akan sedikit kesulitan untuk menentukan mana dari kedua jenis batu ini yang cocok dengan kebutuhannya. Meski demikian ada beberapa karakteristik yang membuat granit dan marmer berbeda. Dan hal ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan saat akan membelinya. Mari kita bahas lebih dalam.



Asal Batu Marmer dan Granit

Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu dari mana batu ini berasal. Granit berasal dari pemadatan dan pendinginan magma yang berada jauh di dalam bumi. Proses ini berlangsung selama jutaan tahun lamanya.

Dari proses pemanasan dan pendinginan yang lambat, akhirnya terciptalah sebuah granit yang sangat keras. Jika diteliti lebih jauh granit terdiri dari feldspar dan kuarsa yang dikenal menjadi mineral yang sangat keras. Karena berasal dari pendinginan magma cair, granit diklasifikasikan ke dalam batuan beku.

Berbeda dengan marmer yang masuk dalam kategori baru metamorf. Batu ini terbentuk dari transformasi jenis batu lain yang dikenal dengan sebutan batu sedimen. Batu tersebut terbentuk dari sedimen di bumi yang dipadukan dengan tanaman yang terkubur di bawah bumi dalam rentang waktu yang lama.

Batuan sedimen tadi mengalami metamorfosis dan berubah menjadi marmer berkat bantuan panas di bawah bumi dan tekanan yang kuat. Proses tersebut menggabungkan mineral lain ke dalam marmer sehingga menghasilkan warna yang unik dan menarik.



Tak berlebihan jika pada dasarnya batu marmer merupakan batu kapur yang berubah wujud menjadi marmer. Dilihat dari komposisinya batu ini terdiri dari kalsium karbonat yang lebih empuk dari granit.

Baca juga: Harga HPL Taco Motif Marmert Dan Granit

Perbedaan Fisik Marmer dan Granit

Yang tak kalah penting dalam mengenal marmer dan granit adalah mengetahui perbedaan fisik keduanya. Ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari kedua material ini.

Ciri-ciri Batu Marmer

  1. Terdiri dari mineral kalsit dan beberapa jenis mineral lain
  2. Terdapat gugusan kristal yang bisa dijumpai pada batu marmer
  3. Pengaruh terhadap efek porositas dan cuaca
  4. Nilai jual sedikit lebih tinggi dari granit

Ciri-Ciri Batu Granit

  1. Terbuat dari mineral kuarsa dan feldspar
  2. Susunan butiran acaknya merupakan plutonik, yaitu batu yang magma menerobos permukaan lalu membeku

Baca juga: Mengenal HPL Berbagai Merk Dan Harganya

Perbedaan Marmer dan Granit

Ada beberapa perbedaan yang ada pada marmer dan granit. Untuk lebih jelasnya simak perbedaannya di bawah ini.