Harga Dan Ukuran Talang Air PVC


Harga Dan Ukuran Talang PVC – Di negara beriklim tropis seperti Indonesia para arsitek harus memberikan perhatian khusus terhadap sistem drainase pada konstruksi yang mereka buat. Sebab saluran air yang baik menjadi salah satu kunci yang membuat bangunan terhindar dari berbagai masalah.

Seperti yang diketahui, saat hujan turun ada banyak masalah yang bisa menghantui rumah atau bangunan. Misalnya bocor, munculnya jamur, adanya rembesan air, dan berbagai masalah lainnya. Maka dari itu bangunan rumah atau bangunan lainnya harus dilengkapi dengan saluran pembuangan air hujan yang memadai.

Definisi Talang Air

Jika membicarakan soal saluran air maka tidak bisa lepas dari yang namanya talang air. Apa itu talang air?

Talang air adalah jaringan seperti pipa yang berfungsi sebagai jalan untuk air hujan yang jatuh ke atap rumah. Air hujan tersebut diarahkan menuju area yang ditentukan, misalnya sumur resapan, atau tangki penampungan air hujan. Tanpa adanya talang air maka air hujan akan mengalir langsung dan bisa menjadi penyebab munculnya rembesan pada dinding atau plafon. Selain itu rembesan air yang tidak terkontrol dapat memicu terjadinya korsleting listrik.

Berbicara soal saluran air, ada beberapa macam talang air yang bisa kita gunakan. Salah satu di antaranya adalah talang air PVC. Material yang satu ini sangat populer di tengah masyarakat dan banyak bangunan-bangunan yang memanfaatkan pipa PVC sebagai saluran air, tak terkecuali sebagai talang air.

Ada beberapa alasan yang membuat talang air PVC banyak diminati masyarakat. Misalnya harga yang terjangkau dibandingkan jenis talang air lainnya, bobot yang ringan, ukuran yang bervariasi, hingga kekuatan yang tergolong baik.

Lalu berapa harga talang air PVC? Sama seperti material bangunan lainnya, harga talang air PVC bermacam-macam. Tergantung merek yang Anda pilih, dan spesifikasinya. Sebagai bahan pertimbangan Anda bisa simak harganya di bawah ini.

Baca juga: Membuat Talang Cor Beton

Ukuran Talang Air

Talang air yang dijual di toko bahan bangunan memiliki ukuran tertentu yang berbeda-beda. Maka dari itu kita perlu menentukan dengan tepat agar talang air yang dipilih nantinya dapat bekerja dengan maksimal saat mengalirkan air hujan yang jatuh di atas atap.

Agar dapat menyalurkan air hujan dengan baik biasanya dipakai talang air dengan diameter minimal 3 inci dan diteruskan pada talang horizontal dengan kemiringan sekitar 0,5% sampai dengan 1%.

Agar mengetahui ukuran talang air yang tepat Anda perlu menyesuaikannya dengan konstruksi rumah yang akan dipasangi talang tersebut nantinya. Kapasitas talang nantinya disesuaikan dengan kemampuan konstruksi rumah dalam menopang beban. Berikut ukuran talang air beserta volume air yang dapat ditampung olehnya:

  1. Diameter 3 inci untuk volume air 255 liter/menit
  2. Diameter 4 inci untuk volume air 547 liter/menit
  3. Diameter 5 inci untuk volume air 990 liter/menit
  4. Diameter 6 inci untuk volume air 1610 liter/menit
  5. Diameter 8 inci untuk volume air 3470 liter/menit

Daftar Harga Talang Air PVC

Jenis Talang Air PVC Harga
Talang Kotak PVC Sinar Daku Biru 4? Rp 67.200
Talang Kotak PVC Sinar Daku Putih 4? Rp 79.200
Talang Kotak PVC Champion Putih 4? Rp 90.400
Talang Kotak PVC ITR Abu 4? Rp 67.200
Talang Kotak PVC Intilon Abu 4? Rp 107.200
Talang Bulat PVC Abu/Putih 8? Rp 149.950
Talang Bulat PVC Abu/Putih 6? Rp 113.100
Talang Bulat PVC Abu 8? Rp 84.800
Talang Bulat PVC Abu 6? Rp 64.000
Talang Bulat PVC Abu/Putih 8? Rp 150.000
Talang Bulat PVC Abu 6? Rp 64.000
Gutter Bracket Abu/Putih GB-R-140 Rp 8.450
Gutter Angel Abu/Putih GA-R-140 Rp 27.200
Gutter Outlet Abu/Putih GO-R-140 Rp 36.200
Gutter Cap Abu/Putih GC-R-140 Rp 10.150
Gutter Union Abu/Putih GU-R-140 Rp 11.750
Gutter Profile Abu/Putih GP-R-140 Rp 162.500
Gutter Bracket Trilliun GB-R-140 Rp 4.450
Gutter Angel Trilliun GA-R-140 Rp 18.000
Gutter Outlet Trilliun GO-R-140 Rp 21.550
Gutter Cap Trilliun GC-R-140 Rp 5.850
Gutter Union Trilliun GU-R-140 Rp 7.550
Gutter Profile Trilliun GP-R-140 Rp 136.300
Belokan Talang Sinar Daku Rp 6.400
Sambungan Talang Sinar Daku Rp 3.150
Tutup Talang Sinar Daku Rp 2.900
Gantungan Talang Koyak Sinar Daku Rp 2.250
Corong Talang Koyak Sinar Daku Rp 6.900
Belokan Talang Bulat Abu 8? Rp 28.350
Sambungan Talang Bulat Abu 8? Rp 6.750
Tutup Talang Bulat Abu 8? Rp 7.400
Gantungan Talang Bulat Abu 8? Rp 18.900
Corong Talang Bulat Abu 8? Rp 37.800
Belokan Talang Bulat Abu 6? Rp 18.900
Sambungan Talang Bulat Abu 6? Rp 3.950
Tutup Talang Bulat Abu 6? Rp 4.800
Gantungan Talang Bulat Abu 6? Rp 15.200
Corong Talang Bulat Abu 6? Rp 16.400

Perlu dicatat, harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu harga di atas tidak mengikat, artinya di masing-masing daerah bisa ada perbedaan banderol harga. Walaupun selisihnya tidak terlalu besar.

Perawatan Talang Air PVC

Talang air PVC tetap membutuhkan perawatan berkala. Tujuannya tidak lain agar talang ini bisa tahan lama dan dapat mengalirkan air dengan baik. Apa saja perawatan yang bisa kita lakukan sendiri? Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda.

Membuang Kotoran

Karena berada di luar ruangan, maka potensi saluran air kotor menjadi lebih besar. Pada talang air biasanya kita bisa menjumpai banyak kotoran, entah pasir, kayu atau ranting, hingga dedaunan. Untuk membersihkan talang air PVC hindari memakai benda tajam karena hal tersebut bisa membuat materialnya tergores.

Di samping itu manfaatkan beberapa alat seperti sendok plastik atau peralatan lain yang terbuat dari plastik. Anda bisa membersihkan kotoran yang ada di talang dan membuatnya di tempat khusus, seperti ember.

Ambil Benda yang Menyumbat

Adanya benda yang menyumbat saluran air dapat menyebabkan talang tidak dapat mengalirkan air dengan maksimal. Agar permasalahan tersebut teratasi Anda bisa menyemprotkan air dengan tekanan cukup besar ke dalam pipa yang mengarah ke bawah. Anda juga bisa memakai tongkat untuk mendorong kotoran tersebut keluar.

Semprot Talang

Apabila kotoran yang menumpuk pada talang sudah hilang, jangan lupa untuk menyemprotnya. Alirkan air dari selang ke saluran talang, sampai mengalir ke pipa yang mengarah ke bawah. Disarankan untuk memakai selang yang dilengkapi pengaturan tekanan air. Tujuannya supaya tekanan air tidak terlalu keras. Langkah selanjutnya gosok permukaan talang dengan sikat yang lembut sembari menyemprotkan air.

Lapisi Bagian yang Retak

Apabila Anda menjumpai adanya retakan, terutama pada pipa PVC maka lapisi retakan tersebut dengan lem khusus talang. Setelah mengaplikasikan lem, tunggu sampai kering. Anda bisa menambahkan lapisan aspal.

Jenis Talang Air Berdasarkan Bentuknya

Jika dilihat dari bentuknya talang air bisa dibagi menjadi 3 macam. Berikut penjelasan singkat yang dapat Anda baca.

Talang Air K Style

Talang air ini bisa dibilang cukup banyak digunakan di Indonesia. Sebab bentuknya yang estetik dan bisa mempermanis suasana eksterior. Talang air ini diklaim bisa menampung lebih banyak air hujan dibandingkan dengan jenis lainnya. Oleh karenanya talang air ini cocok diaplikasikan pada daerah dengan intensitas hujan yang cukup sering.

Talang Air Victorian Ogee

Talang ini mempunyai desain layaknya rumah dengan konsep klasik dan tradisional. Lebih tepatnya seperti rumah bergaya Victoria abad ke-19. Talang ini biasanya terbuat dari aluminium ringan. Hanya saja talang air ini dangkal dan hanya cocok diaplikasikan pada rumah yang tidak terlalu besar. Sebagai gantinya perawatan talang air ini tergolong mudah.

Talang Air Half-Round

Talang ini sekilas tampak seperti huruf U. Biasanya talang air ini dipakai pada rumah yang mengusung konsep modern. Talang ini cukup mudah dibersihkan. Sebab bentuk talang ini yang berupa setengah lingkaran.

Baca juga: Harga Pipa PVC Maspion

Memasang Talang Air Sendiri

Untuk memasang talang air ada teknik khusus yang harus dipahami. Sebab pemasangannya tidak boleh sembarangan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Sebagai gambaran berikut adalah alur memasang talang air:

  1. Rencanakan kemiringan talang supaya terpasang menurun dan air hujan bisa mengalir ke pipa tegak.
  2. Tentukan titik awal atau titik tertinggi jalur pemasangan.
  3. Berikutnya tentukan titik lokasi pipa tegak.
  4. Tahap selanjutnya adalah menentukan titik akhir pemasangan memanfaatkan kemiringan 0,5 inci.
  5. Tarik garis antara titik rendah dan titik tinggi.
  6. Potong talang sesuai ukuran, lalu pasang penggantung talang langsung pada permukaan papan.
  7. Tandai lokasi bukaan untuk sambungan ke pipa tegak.
  8. Lakukan pemasangan pipa tegak dan penutup dengan bantuan sekrup.
  9. Selanjutnya pasang talang dengan sekrup baja anti karat berukuran panjang, agar bisa menembus permukaan papan.
  10. Lapisi dengan lempengan aluminium tipis yang sudah dicat di setiap sudut.
  11. Tahap terakhir pasang pipa tegak dengan sok dan rekatkan masing-masing sambungan dengan sealant.

Loading...