Harga Dan Ukuran Reng Baja Ringan


Harga Dan Ukuran Reng Baja Ringan – Untuk menciptakan bangunan yang kokoh, kuat, dan tahan dari berbagai macam cuaca atau bencana kita harus memperhatikan segala hal dari awal sebelum bangunan tersebut didirikan. Salah satunya adalah dengan menentukan pilihan material bangunan yang tepat dan berkualitas.

Masing-masing jenis bangunan membutuhkan material yang berbeda-beda. Sedangkan material-material tersebut juga terbagi menjadi beberapa jenis dilihat dari beberapa hal, seperti bahan dasarnya, bentuk, atau ukurannya. Contohnya adalah reng yang sering kita jumpai pada bangunan rumah.



Anda tentu sudah tahu bahwa ada beberapa jenis reng atap rumah yang sering ditawarkan di pasaran. Seperti kayu, baja ringan, beton, baja, atau bahkan bambu. Dari beberapa jenis tersebut baja ringan menjadi pilihan yang cukup populer saat ini. Bukan tanpa sebab, bahan bangunan ini memiliki tiga keunggulan yang menjadi kunci. Yakni kekuatan yang baik, tahan lama, dan dibanderol dengan harga terjangkau.

Awalnya kayu menjadi primadona di Tanah Air dan sering digunakan sebagai rangka atap rumah. Hanya saja ada permasalahan klasik dari kayu, yakni tidak tahan lama dan rentan terserang rayap untuk beberapa jenis kayu. Karena hal tersebut mulai banyak yang beralih dari kayu ke baja ringan sebagai rangka atap rumah atau reng.

Di sisi lain hal tersebut disambut dengan hadirnya cukup banyak produsen baja ringan yang ada di Indonesia. Masing-masing menawarkan beragam produk menarik yang dikemas dengan harga jual yang menarik.

Baca juga: Analisa RAB Atap Baja Ringan

Pengertian dan Ukuran Reng

Reng merupakan struktur rangka atap yang berada di bawah penutup atap. Tugas dari reng adalah untuk menyalurkan tekanan penutup atap ke struktur lain di bawahnya. Reng baja ringan juga mempunyai fungsi yang serupa. Material ini digunakan sebagai tempat untuk meletakkan atap. Pada reng atap atau genteng dipasang dengan cara disekrup.



Ukuran reng sendiri bisa bermacam-macam. Akan tetapi lazimnya ketebalan reng adalah 0,45 mm dan 0,60 mm. Lalu panjangnya mencapai 6 meter. Sedangkan tingginya mulai dari 28 mm hingga 40 mm. Perlu dicatat, semakin tinggi profil reng maka materialnya akan semakin kuat. Apabila Anda ingin memakai genteng keramik atau beton maka dianjurkan untuk memakai reng dengan tinggi paling tidak 30 mm ke atas.

Baja ringan reng mempunyai keunikan dari bentuknya yang menyerupai huruf W dan memiliki bentuk trapesium. Reng ini menjadi bagian atap bangunan yang dipakai untuk meletakkan genteng. Di masyarakat sendiri reng baja ringan sering disebut profil B.

No. Jenis Ketebalan Tinggi profil Panjang
1. Baja ringan kaso (kanal C) 0.60 mm, 0.65 mm, 0.70 mm, 0,75 mm dan 1.00 mm 75 mm 6 meter
2. Baja ringan reng 0.45 mm 28 mm – 40 mm 6 meter
3. Baja ringan taso 0.65 mm, 0.75 mm, 0.80 mm dan 1.00 mm 75 mm 6 meter

Daftar Harga Reng Baja Ringan