Jenis Jenis Skirting, Fungsi Dan Harganya


Jenis Jenis Skirting Dan Fungsinya – Skirting atau yang biasa disebut dengan papan penyisipan merupakan sebuah papan lis yang terletak secara membentang di sepanjang perbatasan antara dinding interior dengan lantai.

Fungsi dari penggunaan papan lis ini adalah untuk menutupi bagian repi yang nampak tidak rata, menghindari goresan dari furnitur serta memberikan kesan pada ruangan supaya nampak lebih bagus dan rapi.

Perkembangan teknologi yang sudah semakin maju seperti sekarang ini telah membuat desain interior juga semakin beragam. Hal ini ternyata juga berlaku pada model papan skirting. Papan skirting sudah tersedia dalam berbagai macam jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan atau keinginan.

Baca juga: Harga Lis Profil Kayu

Tujuan Pembuatan Papan Skirting

Pembuatan papan skirting untuk lantai dan plafon menjadi salah satu upaya untuk menciptakan aspek keindahan pada ruangan suatu bangunan. Adapun tujuan lain dari pembuatan papan lis atau skirting adalah sebagai berikut:

  • Untuk menyembunyikan kabel listrik yang terbuka. Skirting bisa digunakan untuk menutupi kabel listrik terbuka dan sambungan yang tidak bisa dilepas. Dengan menyembunyikan kabel-kabel listrik di bawah papan pinggir sudah pasti akan lebih praktis daripada diatas plafon.
  • Menutupi celah antara dinding dengan lantai. Beberapa jepit konstruksi bisa menyebabkan terjadinya kesenjangan yang tidak diinginkan antara dinding dengan lantai. Salah satu alternatif paling tepat yang biasa dilakukan adalah mengaplikasikan skirting sehingga pekerjaan yang tidak sempurna akan tertutup.
  • Dapat mencegah goresan dari furniture. Papan skirting yang sudah dipasang dapat memberikan perlindungan yang akan selalu menjaga jarak antara furnitur yang ada di dekatnya dengan dinding interior.
  • Dapat Meningkatkan kualitas interior. Penyisipan bewarna yang terlihat serasi dan baik akan memberikan ruang memiliki penampilan yang bersih. Skirting dapat memberikan sentuhan profesional pada ruangan yang dipasang.

Baca juga: Sirlak Untuk Pelitur Kayu Dan Cara Membuatnya

Jenis-Jenis Skirting

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa papan skirting memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis skirting berdasarkan desain dan bahan yang digunakan:

  1. Penyisipan Kayu

Pinggiran kayu akan memberikan nuansa serta tampilan yang nampak menarik dan terkesan natural. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk lantai marmer dan ubin.

Penggunaan penyisipan kayu akan lebih cocok untuk lantai, dinding, dan langit-langit yang ringan. Penyisipan papan kayu ini dapat digunakan untuk dekorasi modern ataupun tradisional. Penyisipan kayu di pasaran juga tersedia dalam berbagai macam finishing dan dimensi. Selain itu, papan ini juga memiliki banyak model desain dan warna yang bisa dipilih.

Baca juga: Jenis Mata Profil Kayu Dan Router Kayu

  1. Penyisipan Logam