Harga Seng Plastik Rata Dan Gelombang


Harga Seng Plastik Rata Dan Gelombang – Penggunaan dari seng pastik pada dunia konstruksi atau bangunan beraneka ragam mulai dari sebagai penutup atap, sebagai penutup pagar, dan lain sebagainya.



Sebelumnya kita bahas dahulu mengenai pengertian tentang seng. Dimana seng merupakan salah satu material bangunan yang salah satu kegunaannya adalah sebagai atap rumah dan berfungsi untuk menghindarkan penghuni rumah atau bangunan dari teriknua matahari dan air hujan. Seng biasanya terbuat dari besi, akan tetapi selain dari besi seng juga dapat terbuat dari galcalum, seng talang dan lainnya, bahkan saat ini sudah terdapat seng yang terbuat dari plastik.

Baca juga: Harga Asbes (Gelombang, Plafon, Transparan)

Untuk seng plastik memiliki peran yang sama dengan jenis seng lainnya, akan tetapi yang menjadi perbedaannya adalah dari segi warna dan kegunaannya. Kegunaan dari seng plastik ini tergantung pada tipis dan tebal pembuatan atau produksi dari seng tersebut.

Terdapat banyak sekali jenis dari seng plastik yang juga dibedakan tergantung dari bahan dalam pembuatannya seperti seng plastik fiber, seng gelombang, dan seng plastik transparan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai seng plastik gelombang dan seng plastik rata. Sedangkan untuk seng plastik sendiri memiliki kelebihan yaitu:

  • Sangat ringan. Karena terbuat dari bahan plastik maka seng ini sangat mudah dibawa
  • Sangat praktis. Untuk pemasangan seng plastik gelombang memanglah sangat praktis karena sudah memiliki pola gelombang sendiri jadi tidak perlu bersusah payah untuk menyamakan pola tinggal menyamakan gelombangnya saja dan memperkatnya dengan paku besar atau skrup.
  • Hemat listrik. Karena seng plastik ini terdapat warna yang transparan maka cocok digunakan untuk ruang tertutup sehingga dapat menghemat listrik.
  • Harga yang murah. Jenis seng ini karena terbuat dari plasti maka penjualannya dipasaran memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan seng berbahan lain.

Baca juga: Upah Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Seng Gelombang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seng ini memiliki pola gelombang yang dapat memudahkan kita saat melakukan pemasangan oleh seng plastik jenis ini. Seng ini juga memiliki ketebalan plastik yang berbeda – beda tergantung pada penggunannya.



Fungsi Seng Gelombang

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari seng gelombang dari berbagai macam bahan yaitu:

  • Sebagai atap. Pada umumnya memang seng gelombang ini banyak digunakan sebagai atap rumah. Hal tersebut didasari oleh kemampuannya dalam menyerap panas sehingga dapat membuat sebagian besar orang mengaplikasikannya pada rumah – rumah yang ada didaerah pegungungan.
  • Sebagai dinding. Seng gelombang ini dapat digunakan sebagai dinding maupun sekat ruangan, apanila seng jenis gelombang ini terbuat dari spandek maka merupakan pilihan terbaik untuk membuat sekat ruangan pada suatu bangunan.
  • Sebagai canopy. Pada saat ini sangat umum rumah yang membuat canopy dari bahan seng terlebih lagi untuk jenis seng yang transparan sehingga dapat membuat ruangan terlihat lebih terang. Penggunaanya sebagai canopy cocok untuk menaungi teras, area jemuran, maupun carpot.
  • Sebagai talang dan bubungan atap. Seperti yang diketahui bahwa talang dapat membantu mempermudah aliran air hujan pada titik tertentu, maka untuk penggunaan jenis seng yang paling sering orang gunakan untuk talang adalah plat seng. Lembaran plat seng yang tipis namun kokoh dan mudah dibuat lekukan akan mempermudah proses pemasangan, serta sanga pas untuk membuat bubungan atap.

Baca juga: Harga Atap Zincalume Per M2

Kelebihan dan Kekurangan Seng Gelombang

Dalam penggunaan seng gelombang pada kebutuhannya pasti terdapat kelebihan dan kekurangan dari seng jenis gelombang ini. Disarankan apabila ingin membeli seng jenis ini harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari seng jenis gelombang ini yaitu: