Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter 2022


Kanopi Baja Ringan – Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu apa fungsi kanopi pada rumah. Salah satu pelengkap rumah ini biasanya dipakai untuk melindungi bagian di bawahnya dari sinar matahari atau air hujan. Biasanya kanopi bisa dengan mudah kita temui di teras rumah.

Seiring berkembangnya zaman, kanopi tidak hanya difungsikan sebagai atap pelindung semata, namun juga sebagai penunjang keindahan dari suatu rumah. Maka dari itu produsen saling berlomba untuk menawarkan beragam jenis kanopi yang tidak hanya menonjolkan kualitas, namun juga memiliki bentuk yang menarik.



Di pasaran ada banyak sekali jenis kanopi yang bisa dibeli. Hal ini tentu memudahkan kita dalam memilih kanopi yang sesuai dengan desain rumah. Namun, di sisi lain banyaknya pilihan membuat kita kebingungan, akan memilih jenis yang mana.

Manfaat Kanopi

Sudah kita ketahui bersama bahwa kanopi pada dasarnya merupakan rangka dan atap yang dipasang di suatu sudut, baik teras, garasi, ataupun halaman rumah. Lalu kenapa kita perlu memasang kanopi pada rumah? Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika menggunakan kanopi:

  1. Melindungi bagian rumah, seperti teras, garasi, maupun bagian lainnya pada rumah agar tidak terkena paparan sinar matahari ataupun air hujan secara langsung.
  2. Kanopi juga bisa melindungi area yang ada di bawahnya dari benda-benda asing yang jatuh dari atas.
  3. Bisa membuat rumah lebih teduh karena kanopi dapat menghalau cahaya matahari. Alhasil Anda tidak perlu merasa silau atau kepanasan saat siang hari.
  4. Bisa menghemat dana karena biaya pembuatan dan pemasangan kanopi lebih murah daripada membuat atap rumah.
  5. Dengan pemilihan desain yang tepat kanopi bisa membuat rumah terlihat lebih menarik.

Jika Anda juga mengalami kesulitan dalam memilih kanopi, kami sarankan untuk memilih kanopi baja ringan. Kanopi jenis ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

Kelebihan Kanopi Baja Ringan



  • Lebih Murah
  • Lebih ringan beban konstruksinya
  • Anti Karat
  • Anti Rayap
  • Anti Gempa
  • Tahan Terhadap Api
  • Cepat Proses Pengerjaannya

Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Meskipun memiliki kelebihan, kanopi baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

  • Konstruksi kanopi berbahan baja ringan terlihat kaku dan kasar. Hal ini dikarenakan tidak ada finishing cat dan penutupan sambungan dengan dempul. Dengan begitu, sambungan atau bahkan paku roofing bisa terlihat jelas dari bawah.
  • Jika menggunakan atap spandek atau zincalume, maka anda akan mendengarkan suara lebih nyaring akibat terkena guyuran hujan, namun ada solusi untuk meredam suara bising atap zincalume, yaitu dengan memakai glaswool dan aluminium foil.

Perlu diketahui, setiap jenis kanopi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu dari kelebihan dan kekurangan yang ada Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut agar tidak salah pilih. Apabila pilihan Anda jatuh pada kanopi baja ringan, selanjutnya jangan lupa untuk menghitung harganya.