Harga Kanopi Baja Ringan Per Meter 2021

Loading...

Kanopi Baja Ringan – Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu apa fungsi kanopi pada rumah. Salah satu pelengkap rumah ini biasanya dipakai untuk melindungi bagian di bawahnya dari sinar matahari atau air hujan. Biasanya kanopi bisa dengan mudah kita temui di teras rumah.

Seiring berkembangnya zaman, kanopi tidak hanya difungsikan sebagai atap pelindung semata, namun juga sebagai penunjang keindahan dari suatu rumah. Maka dari itu produsen saling berlomba untuk menawarkan beragam jenis kanopi yang tidak hanya menonjolkan kualitas, namun juga memiliki bentuk yang menarik.

Di pasaran ada banyak sekali jenis kanopi yang bisa dibeli. Hal ini tentu memudahkan kita dalam memilih kanopi yang sesuai dengan desain rumah. Namun, di sisi lain banyaknya pilihan membuat kita kebingungan, akan memilih jenis yang mana.

Manfaat Kanopi

Sudah kita ketahui bersama bahwa kanopi pada dasarnya merupakan rangka dan atap yang dipasang di suatu sudut, baik teras, garasi, ataupun halaman rumah. Lalu kenapa kita perlu memasang kanopi pada rumah? Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika menggunakan kanopi:

  1. Melindungi bagian rumah, seperti teras, garasi, maupun bagian lainnya pada rumah agar tidak terkena paparan sinar matahari ataupun air hujan secara langsung.
  2. Kanopi juga bisa melindungi area yang ada di bawahnya dari benda-benda asing yang jatuh dari atas.
  3. Bisa membuat rumah lebih teduh karena kanopi dapat menghalau cahaya matahari. Alhasil Anda tidak perlu merasa silau atau kepanasan saat siang hari.
  4. Bisa menghemat dana karena biaya pembuatan dan pemasangan kanopi lebih murah daripada membuat atap rumah.
  5. Dengan pemilihan desain yang tepat kanopi bisa membuat rumah terlihat lebih menarik.

Jika Anda juga mengalami kesulitan dalam memilih kanopi, kami sarankan untuk memilih kanopi baja ringan. Kanopi jenis ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

  • Lebih Murah
  • Lebih ringan beban konstruksinya
  • Anti Karat
  • Anti Rayap
  • Anti Gempa
  • Tahan Terhadap Api
  • Cepat Proses Pengerjaannya

Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Kekurangan Kanopi Baja Ringan

Meskipun memiliki kelebihan, kanopi baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

  • Konstruksi kanopi berbahan baja ringan terlihat kaku dan kasar. Hal ini dikarenakan tidak ada finishing cat dan penutupan sambungan dengan dempul. Dengan begitu, sambungan atau bahkan paku roofing bisa terlihat jelas dari bawah.
  • Jika menggunakan atap spandek atau zincalume, maka anda akan mendengarkan suara lebih nyaring akibat terkena guyuran hujan, namun ada solusi untuk meredam suara bising atap zincalume, yaitu dengan memakai glaswool dan aluminium foil.

Perlu diketahui, setiap jenis kanopi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu dari kelebihan dan kekurangan yang ada Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut agar tidak salah pilih. Apabila pilihan Anda jatuh pada kanopi baja ringan, selanjutnya jangan lupa untuk menghitung harganya.

Baca juga: Harga Spandek Per Lembar

Teknik dan Model Kanopi

model kanopi baja ringan

Ada beberapa teknik dan model yang digunakan untuk pemasangan baja ringan, yaitu model sederhana, modern, premium dan  super premium. Pastinya setiap pemborong kanopi mempunyai teknik yang tidak sama.

Tetapi biasanya mereka akan menggunakan ke 4 teknik tersebut agar bisa menghasilkan kanopi yang cukup kuat dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Model Sederhana : Harga kanopi baja ringan yang di jual per meter dengan model sederhana akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan model pada umumnya. Hal ini karena hanya menggunakan tiang single box, rangka dan juga reng single.
  2. Model Modern : Untuk teknik ini pada umumnya menggunakan tiang double, rangka single yang dimana dengan sentuhan reng.
  3. Model Premium : Untuk teknik pemasangan dengan model premium biasanya menggunakan tiang double, rangka double yang dimana dengan adanya sentuhan reng single.
  4. Model Super Premium : Teknik pemasangan kanopi dengan model super premium umumnya menggunakan tiang double dan rangka double yang nantinya dilengkapi dengan sentuhan reng double. Dengan demikian akan menghasilkan sebuah desain kanopi baja ringan yang terkesan sangat elegan dan mewah.

Apapun model yang ingin digunakan tentunya dapat mempengaruhi harga kanopi baja ringan per meter. Namun harga yang paling mahal adalah model Super Premium.

Hal ini karena model super premium menggunakan material yang memiliki kualitas terbaik dengan tiang double dan rangk double. Desainnya jauh lebih bagus sehingga akan terlihat sangat mewah dan elegan jika dibandingkan dengan model lainnya.

Selain beberapa seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa model kanopi lainnya yang cukup populer di Indonesia. Seperti kanopi minimalis, kanopi cembung, kanopi kayu, kanopi teralis tipis, kanopi taman rumah, dan lain sebagainya.

Jenis Kanopi

Ada beberapa macam kanopi yang bisa kita pilih dan gunakan untuk rumah kita. Tentu saja masing-masing jenis ini memiliki struktur, karakteristik dan kelebihan yang berbeda-beda.

Maka dari itu silakan simak penjelasan singkat jenis-jenis kanopi di bawah ini agar Anda bisa menentukan pilihan mana kanopi yang tepat dengan selera Anda.

Kanopi Polycarbonate

Kanopi ini dibuat dari lembaran plastik berongga. Kanopi jenis ini memiliki beberapa keunggulan, seperti material yang fleksibel, bobot ringan, kuat, dan ada banyak pilihan warna. Di samping itu kanopi ini juga dapat menyerap sinar matahari dengan baik. Bahkan kanopi polycarbonate juga diklaim bisa digunakan sampai 10 tahun.

Kanopi Spandek

Kanopi spandek atau istilah kerennya zincalume merupakan jenis kanopi yang terbuat dari campuran aluminium dan seng. Akan tetapi juga ada yang dicampur dengan silikon sebanyak 2% agar lebih lentur.

Karena perpaduan tersebut kanopi zincalume memiliki kualitas material yang kuat dan kokoh. Bahkan kanopi ini juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, yakni hingga 20 tahun. Di pasaran spandek memiliki ketebalan yang beragam, yakni 0,3 mm sampai dengan 0,5 mm.

Kanopi Alderon

Jika ingin memiliki kanopi yang tampak mewah dan minimalis kanopi alderon bisa jadi pilihannya. Kanopi ini memiliki kelebihan dalam hal menyerap panas dan kedap suara sehingga tidak akan berisik saat terkena air hujan.

Di samping itu kanopi alderon juga tergolong kuat dan bisa menahan beban sampai dengan 150 kg. Kanopi ini juga anti bocor dan dilengkapi dengan lapisan anti-UV.

Kanopi Onduline

Ciri khas kanopi ini adalah desainnya yang bergelombang dan memiliki total 10 gelombang. Kanopi ini dibuat sedemikian rupa agar memiliki daya serap yang baik terhadap sinar matahari.

Kanopi ini juga kedap suara, anti karat, dan tahan terhadap hembusan angin kencang. Maka dari itu kanopi ini sering digunakan untuk carport rumah.

Kanopi Kaca

Yang terakhir ada kanopi kaca. Sesuai dengan namanya, kanopi ini memanfaatkan kaca transparan sebagai penutupnya. Kelebihannya tentu saja terletak pada tampilannya yang akan membuat suasana rumah atau bangunan menjadi lebih modern, mewah, dan cantik. Kanopi kaca biasanya dipasang dalam dua rangkap karena material kaca yang rentan rusak atau pecah.

Pemasangan kanopi ini juga tidak bisa sembarangan. Harus dilakukan dengan hati-hati agar risiko pecah bisa dihindari.

Kanopi Atap Go Green

Anda juga bisa memilih kanopi dengan rangka baja ringan dan atap  go green. Kanopi ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, yakni plastik baja. Tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Kanopi ini memiliki kualitas yang tak kalah baik, dengan banderol harga yang cukup ramah di kantong.

Kanopi Genteng Metal

Juga ada kanopi genteng metal yang menawarkan beberapa kelebihan. Seperti atap yang anti bocor, anti retak, maupun anti retak. Kanopi ini juga memiliki bobot yang ringan, namun tetap kuat. Tinggal sesuaikan saja mana pilihan desain yang Anda sukai.

Tips Sebelum Memasang Kanopi

Sebelum memutuskan untuk memasang kanopi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak tips-tips di bawah ini:

  1. Ukur luas area yang ingin dipasang kanopi dengan benar. Baik panjang, lebar, hingga tingginya.
  2. Tentukan desain dan jenis kanopi yang Anda inginkan.
  3. Setelah mengetahui luas area dan desain yang diinginkan, susun Rencana Anggaran Biaya atau RAB. Anda bisa melakukan riset lewat internet atau promosi yang ada di media sosial untuk mengetahui kisaran harga kanopi beserta biaya pemasangannya. Kemudian tinggal disesuaikan dengan luas area yang akan dipasang. Pastikan anggaran tidak melebihi kemampuan Anda.
  4. Gunakan jasa tukang yang berpengalaman dan profesional agar hasil pengerjaan memuaskan.
  5. Kanopi umumnya dijual dalam satuan per m2. Untuk itu perhatikan betul-betul luas kanopi yang dibutuhkan agar tidak sampai kelebihan.
  6. Saat ini ada banyak sekali variasi model yang dapat dipilih. Maka dari itu silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana.

Cara Pemasangan Kanopi Baja Ringan

kanopi baja ringan

Proses pemasangan kanopi baja ringan bisa dibilang sangat mudah karena tidak membutuhkan peralatan secara khusus. Bahkan proses pemasangannya juga cukup cepat sehingga tidak memakan banyak waktu. Hal ini karena pemasangannya menggunakan konektor yang akan dipasang dengan baut yang khusus. Adapun langkah-langkah pemasangan kanopi baja ringan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama Anda harus menentukan terlebih dahulu masalah ukuran dan juga bentuk kanopi
  2. Menyiapkan tiang penyangga dan harus ditempatkan sesuai ukuran dan bentuk kanopi
  3. Menancapkan tiang pada setiap sudut. Untuk masalah dalamnya tiang kanopi baja ringan dapat Anda kira-kira sendiri. Namun kami sarankan sekitar 20 sampai dengan 30 cm.
  4. Buat satu kuncian. Tujuannya adalah supaya tiang tidak berubah jaraknya antara satu sama lain atau miring.
  5. Pasang bagian rangka atau langit-langit kanopi. Pemasangannya harus sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan sebelumnya.
  6. Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa baut yang digunakan untuk mengunci tiang nantinya harus kencang dengan kunci inggris.
  7. Setelah rangka kanopi baja ringan sudah beres maka saatnya memasang kasau dan juga atap.
  8. Jika misalnya tidak ada perekat sama sekali, Anda bisa memasang dan mengencangkan kasau dan atap pada rangka kanopi baja ringan dengan menggunakan paku. Terakhir pastikan bahwa semuanya sudah cukup kuat.

Meskipun terlihat sangat mudah dan bisa dikerjakan sendiri, proses pemasangan kanopi sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli atau orang yang sudah berpengalaman. Dengan demikian maka proses pengerjaan kanopi ringan bisa lebih cepat selesai. Anda pun akan mempunyai hasil rancangan kanopi baja ringan kualitas terbaik dan rapi.

Harga Kanopi Baja Ringan Terpasang

Daftar Harga Kanopi Baja Ringan

Kanopi baja ringan tidak memerlukan biaya yang cukup besar untuk proses pemasangannya. Bahkan harganya bisa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kanopi yang lainnya.

Di pasaran harga kanopi baja ringan ini bervariasi, mulai dari Rp 300 ribuan per meter persegi hingga Rp 600 ribu untuk setiap meter persegi tergantung model dan bahan yang digunakan. Untuk lebih jelas, berikut adalah daftar harga kanopi baja ringan terbaru:

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
  • Rangka Atap Besi Hollow Hitam 40×40 (Double)
  • Atap Kanopi Pollycarbonate Atau Atap Spandek
  • Finishing Cat
  • Free Ongkos Kirim Untuk Lokasi Terdekat
  • Garansi Bocor
m2 350.000
  • Rangka Atap Besi Hollow Galvanis Anti Karat 40×40 (Double)
  • Atap Kanopi Pollycarbonate Atau Atap Spandek
  • Finishing Cat
  • Free Ongkos Kirim Untuk Lokasi Terdekat
  • Free Jasa Pemasangan
  • Garansi Bocor
m2 400.000
  • Rangka Atap Besi Hollow 40×60 (Double)
  • Atap Kanopi Polycarbonate Atau Atap Spandek
  • Finishing Cat
  • Free Ongkos Kirim Untuk Lokasi Terdekat
  • Free Jasa Pemasangan
  • Garansi Bocor
m2 450.000
  • Rangka Atap Besi Hollow Galvanis Anti Karat 40×60 (Double)
  • Atap Kanopi Pollycarbonate Atau Atap Spandek
  • Finishing Cat
  • Free Ongkos Kirim Untuk Lokasi Terdekat
  • Free Jasa Pemasangan
  • Garansi Bocor
m2 500.000

Harga Kanopi Baja Ringan Per m2

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Baja ringan (double) Zincalume 0,35mm m2 335.550
Baja ringan (double) Onduline m2 365.550
Baja ringan (double) Go Green m2 310.550
Baja ringan (double) Twinlite 5mm m2 405.550
Baja ringan (double) Solarlite 5mm m2 365.550
Baja ringan (double) Xlite 5mm m2 345.550
Baja ringan (double) Alderlon m2 535.550
Besi Hollow Zincalume 0,35mm m2 365.550
Besi Hollow Onduline m2 375.550
Besi Hollow Go Green m2 340.550
Besi Hollow Twinlite 5mm m2 410.550
Besi Hollow Solarlite 5mm m2 385.550
Besi Hollow Xlite 5mm m2 350.550
Besi Hollow Alderon m2 575.550

Harga Kanopi Baja Ringan Berdasarkan Jenis dan Model

Jenis Model Satuan Harga (Rp)
Kanopi Baja Ringan Go Green Sederhana m2 200.000
Modern m2 230.000
Premium m2 270.000
Super Premium m2 300.000
Kanopi Baja Ringan  Spandek Sederhana m2 210.000
Modern m2 240.000
Premium m2 280.000
Super Premium m2 310.000
Kanopi Baja Ringan  Onduline Modern m2 330.000
Premium m2 360.000
Super Premium m2 370.000
Kanopi Baja Ringan  Alderon Modern m2 400.000
Premium m2 440.000
Super Premium m2 450.000
Kanopi Baja Ringan Polycarbonate Modern m2 300.000
Premium m2 340.000
Super Premium m2 350.000
Kanopi Baja Ringan  Genteng Metal Sederhana m2 230.000
Modern m2 260.000
Premium m2 300.000
Super Premium m2 310.000
Kanopi Baja Ringan  Solartuff Modern m2 370.000
Premium m2 400.000
Super Premium m2 420.000

Tips Memilih Kanopi

Seperti yang sudah Anda simak di atas, ada cukup banyak opsi yang bisa kita pilih ketika ingin memasang kanopi di rumah. Dengan adanya pilihan yang beragam Anda mungkin kesulitan untuk menentukan mana kanopi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akan tetapi sebenarnya menentukan kanopi yang tepat tidaklah sulit. Disarankan untuk memilih kanopi yang kuat, kokoh, dan anti korosi. Serta yang tak kalah penting pilih kanopi yang tahan terhadap perubahan cuaca, baik panas maupun hujan.

Jika Anda tetap bingung untuk menentukan pilihan kami sarankan untuk memilih kanopi yang terbuat dari bahan dasar galvalume atau baja ringan. Kanopi ini mempunyai beberapa keunggulan. Seperti materialnya yang ringan, namun tetap kuat. Di samping itu kanopi ini mudah untuk dipasang. Dan yang terpenting kanopi ini memiliki harga yang terjangkau dibandingkan jenis lainnya.

Akan tetapi tetap jangan lupa untuk memperhatikan biaya-biaya lainnya seperti biaya pengiriman dan pemasangan. Saat ini ada banyak sekali yang menawarkan jasa pemasangan kanopi di internet, seperti e-commerce, maupun sosial media. Anda bisa melihat-lihatnya terlebih dahulu untuk menentukan mana yang menurut Anda paling bagus. Akan tetapi usahakan untuk memilih yang satu area dengan tempat tinggal Anda agar pemasangan lebih mudah dan tidak memakan banyak biaya.

Baca juga: Harga Besi Hollow Per Batang

Demikian adalah daftar harga kanopi baja ringan 2021 terbaru. Sebelum melakukan pembelian kanopi baja ringan kami sarankan untuk melakukan pembelian sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Jangan terlalu memaksakan diri agar tidak berat di ongkos. Semoga website yang kami kelola ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan mana yang tepat dengan kebutuhan Anda.

Perlu diingat, daftar harga yang kami sampaikan di atas tidak selalu sama persis. Sebab di masing-masing daerah harga kanopi baja ringan bisa berbeda-beda.