Model Dan Cara Membuat Ranjang Besi


Model Dan Cara Membuat Ranjang Besi – Ranjang atau yang sering disebut dengan tempat tidur merupakan salah satu meber atau tempat yang digunakan sebagai tempat untuk tidur atau beristirahat.



Ranjang sendiri memiliki sudah berkembang dengan pesat seiring berkembangnya jaman mulai dari ranjang dengan jenis yang sederhana seperti kasur yang didiisi oleh jerami sampai dengan perlekngkapan mewah yang didekorasi dengan kain – kain. Seperti berbagai jenis furnitur lainnya, ranjang sering sekali dipandang sebagai simbol kelas sosial dan kekayaan.

Pada umumnya ranjang modern terdiri dari kerangka – kerangka besi maupun kayu (bedstead), kasur untuk alas tidur, seprai yang digunakan sebagai kain alasa penitup kasur, selimut dan juga bantal guling. Seiring dengan perkembangnya teknologi ranjang tersebut juga dapat digunakan sebagai dfurnitur lainny, misal menjadi sofa pada saat tidak digunakan.

Baca juga: Tinggi Plafon Ideal Untuk Rumah Dan Ruko

Untuk isi kasur yang terletak diatas ranjang dapat berupa jerami, bulu, kapas, atau bahakan pengisi buatasn, kebanyakan kasur modern saat ini telah menggunakan pegas, busa keras, air, maupun udara. Pada bagian bawah kasur, biasanya terdapat kotak pegas (box spring). Dimana kotak ini memiliki ukuran yang sama dengan kasur dan terbuat dari kayu dan juga pegas yang dapat memberikan dukungan tambahan an suspensi untuk kasur. Dan lapisan selanjutnya adalah rangka ranjang yang digunakan untuk menyokong kasur atau kotak per yang ada diatas tanah.

Jenis Ranjang

Ranjang sendiri terdapat beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis ranjang yaitu:

  • Ranjang bertingkat (bunk bed). Dimanaa ranjang ini dapat terbuat dari kayu maupun besi dan pada umumnya ranjang ini diaplikasikan pada penggunaan untuk anak atau suatu asrama. Ranjang tersebut multifugsi karena dapat memuat dua orang atau lebih.
  • Ranjang air. Ranjang jenis ini memiliki kerangka yang dilengkapi dengan kasur yang terdiri dari kantung vinyl berisi air.
  • Ranjang lipat dinding (murphy bed). Untuk jenis ini merupakan tempat tidur yang dapat dilipat dengan engselnya kedalam sebuah kloset.

Selain dari ketiga jenis diatas juga terdapat beberapa jenis lainnya sebagai berikut:



  • Four-poster bed, ranjang 4 tiang
  • Bunk beds, ranjang bertingkat
  • Futon, tempat tidur orang Jepang
  • Single bed, ranjang tunggal
  • Divan, ranjang tak berkaki
  • Double bed, ranjang dobel
  • Buaian (‘hammock’), tempat tidur gantung
  • Sofa bed, ranjang sofa

Baca juga: Cara Membuat Lilin Aromaterapi Dengan Mudah

Keunggulan Penggunaan Ranjang Besi

Setiap penggunaan dari furnitur – furnitur didalam rumah pasti memiliki keunggulannya masing – masing. Karena pada artikel ini membahan tentang ranjang besi maka berikut ini adalah beberapa keunggulan dari penggunaan ranjang besi tersebut yaitu:

  • Ranjang besi lebih kokoh dan stabil. Umumnya ranjang besi lebih kuat dibandingkan dengan rangjang yang terbuat dari material lain. Rangka dari ranjang besi ini kukuh dan mampu menunjang kasur yang berbobot berat, jadi tidak erlu khawatir akan ranjang yang jebol. Dengan memakai ranjang besi ini, tempat tidur tidak akan bergoyang saat sedang tidur.
  • Ranjang besi lebih awet. Dapat dipastikan bahwa ranjang besi ini memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis ranjang yang menggunakan material lainna seperti ranjang kayu. Hal tersebut dikarenakan material utama dari ranjang ini adalah jenis besi atau logam yang diketahui dapat berumur lama karena material tersebut lebih mudah beradaptasi dengan cuaca dibandingkan dengan material kayu. Ranjang ini tidak mengenal istilah lapuk. Dengan awetnya ranjang ini maka dapat menghemat biaya.
  • Ranjang besi tidak memakan tempat. Ranjang besi ini memiliki rangka yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis ranjang lainnya. Dengan konsep yang mini malis maka dibuat desain ranjang besi ini lebih sederhana agar dapat ditempatkan di tengah maupun disudut ruangan.
  • Ranjang besi minim perawatan. Seperti yang telah dijelaskan pada manfaat sebelumnya bahwa besi merupakan material yang kokoh dan tahan lama. Oleh karena itu ranjang besi ini tidak memerlukan perawatan berlebih untuk membuatnya awet. Unutk perawatannya sendiri hanya cukup membersihkannya dari debut dan lalukan pengecatan ulang apabila cat mulai memudar.
  • Ranjang besi cocok untuk berbagau desain inside. Salah satu manfaat dari penggunaan ranjang tidur ini adalah dapat diseusaikan dengan berbagai jenis inside untuk kamar. Jadi ranjang besi tidak hanya cocok pada desain interior kamar yang ingin terlihat sipel dan lapang, akan tetapi juga cocok untuk desain interior kamar tidur industrial maupun kontemporer.

Baca juga: Cara Membuat Dinding Semen Expose Unfinished

Macam – Macam Jenis Besi Hollow Untuk Tempat Tidur

Berikut ini adalah beberapa jenis besi hollow yang umumnya digunakan untuk membuat rangka ranjang atau tempat tidur yaitu:

Besi Hollow Gypsum

Besi ini memeliki sifat yang kokoh dan juga tahan lama. Unuk jenis ini dipasaran merupakan jenis besi holo yang memiliki banyak peminat. Pada pembuatan rangka plafon pada gedung maupun rumah biasnya menggunakan besi ini. Hal itu disebabkan karena besi ini kokoh, ringan dan juga memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan material kayu karena terhindar dari sarang rayap.

Besi Hollow Galvalume

Jenis ini merupakan salah satu jenis besi hollow yang paling bagus. Jenis besi ini memiliki komposisi bahan dengan ketahanan lebih baik terhadap karat jika dibandingkan dengan besi hollow jenis lainnya. Jenis ini juga dikenal dengan nama Zinc – Aluminium. Hal tersebut terjadi karena besi ini mengandung unsur besi dan juga aluminium yang tinggi



Besi Hollow Galvanis

Merupakan besi kotak yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Jenis besi ini memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap karat dibandingkan dengan hollow hitam. Kelebihan yang terdapat pada jenis besi ini dapat membuat umunya lebih panjang dibandingkan dengan jenis hollow hitam. Pengaplikasian jenis ini dapat digunakan untuk membuat tempat tidur yang kokoh, stabil dan juga simpel.

Baca juga: Mengenal Lampu LED COB / HPL (High Power LED)

Cara Membuat Tempat Tidur dari Besi Holo

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pembuatan ranjang besi mulai dari mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan dilanjutkan dengan langkah – langkah atau tahapan – tahapan dalam pembuatan ranjang besi dengan menggunakan beso hollow.

Persiapan Alat dan Bahan

Dalam suatu langkah – langkah pembuatan suatu barang pastikan terlebih dahulu telah menyiapkan perlengkapan kebutuhan alat maupun bahan – bahan yang kemungkinan diperlukan dalam proses pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan ranjang besi dengan besi hollow yaitu:

  • Gerinda potong
  • Mesin las listrik trafo las 450 watt
  • Alat pengecatan
  • Pipa besi berbagai ukuran sesuai kebutuhan

Langkah – Langkah Pembuatan Ranjang Besi

Apabila seluruh alat dan bahan yang akan digunakan telah dipersiapkan, maka selanjutnya adalah langkah – langkah dari pembuatan ranjang dengan meggunakan besi hollow yaitu sebagai berikut: