Harga Kaca Cermin Per Meter Terbaru 2021


Harga Kaca Cermin – Kaca menjadi bagian penting dalam bahan bangunan atau rumah, tak terkecuali kaca cermin. Sebagai pengetahuan, kaca cermin adalah salah satu jenis kaca yang dibuat tampak transparan di satu sisi. Oleh karenanya kaca cermin juga sering disebut one way mirrored glass.

Cermin dibuat dari kaca yang ditambah lapian reflektif yang terbuat dari logam tipis perak, emas, perunggu, atau krom. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan barang yang satu ini. Kaca cermin bisa dijumpai di hampir setiap rumah. Fungsinya pada dasarnya untuk berkaca, baik saat ingin merias wajah, cuci muka, atau bahkan saat menyikat gigi.

Maka dari itu kaca ini sering ditemui di kamar tidur dan kamar mandi atau wastafel. Akan tetapi kaca cermin juga bisa memiliki fungsi lain. Penggunaan cermin pada salah satu sudut ruangan bisa membuat ruangan tersebut tampak luas. Tidak hanya itu, cermin juga bisa menjadi komponen dekorasi yang mempercantik ruangan.

Oleh karenanya tidak sedikit yang mencari kaca cermin dalam ukuran meter dan kemudian dikreasikan sesuai kebutuhan. Lalu berapa harganya?

Harga kaca cermin cukup beragam. Tergantung dari spesifikasi atau bentuknya. Kaca cermin memiliki ketebalan yang bervariasi. Ukurannya pun juga bermacam-macam. Anda bisa membelinya dalam satuan meteran, atau juga ada yang dijual dalam ukuran tertentu.

Sebagai referensi, berikut kami sajikan daftar harga kaca cermin yang ada di pasaran. Tentu saja harga di bawah ini tidak bersifat pasti. Harga bisa berbeda-beda di daerah atau toko-toko lain. Meski demikian selisih harga kaca cermin umumnya tidak terlalu besar.

Daftar Harga Kaca Cermin Per Meter

Nama Kaca Ukuran Harga
Kaca Tebal 2 mm Per Meter Rp. 55.000
Kaca Tebal 3 mm Per Meter Rp. 85.000
Kaca Tebal 5 mm Per Meter Rp. 125.000
Cermin Berdiri 35×127 cm Rp. 250.000
Kaca Cermin Kotak Wastafel 40×60 cm Rp. 90.000
Cermin Kaca Besar Dinding Ukuran Custom Rp. 3.500.000
Cermin Kaca Bundar 50 cm x 2 mm Rp. 135.000
Cermin Kaca Kamar Mandi 60 cm x 40 cm x 5 mm Rp. 85.000
Kaca Cermin Gantung Oval Polos 40 x 60 cm Rp. 90.000

Kegunaan Kaca Cermin

Di atas telah disinggung beberapa manfaat dari kaca cermin. Supaya lebih jelas, berikut kami beberkan beberapa kegunaan dari kaca cermin:

  1. Untuk memberikan kesan ruangan tampak lebih luas.
  2. Jika ditata dengan tepat kaca cermin bisa memberikan pencahayaan yang baik di dalam ruangan.
  3. Dari segi fengshui penggunaan kaca cermin di dalam rumah dapat memberikan energi positif bagi pemilik rumah.
  4. Bisa sebagai unsur dekorasi yang mempercantik interior bangunan atau rumah.

Tips Membeli Kaca Cermin

Di pasaran kita juga bisa menjumpai penjual yang juga menawarkan kaca cermin biasa dan ada pula yang kustom. Kaca kustom ini pada dasarnya merupakan cermin besar yang memiliki ukuran bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketika ingin membeli cermin biasa ataupun cermin kustom ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut kami sampaikan beberapa tips untuk membeli kaca cermin.

Pilih Warna yang Sesuai

Ada beberapa macam kaca cermin yang bisa Anda dapatkan. Seperti cermin bronze, cermin rustic atau rustic mirror, cermin grey, cermin purple, gold, dan lain sebagainya. Karena sekarang ada banyak sekali jenis cermin berdasarkan warnanya, maka penting bagi Anda untuk memilih warna yang tepat untuk interior. Sehingga kehadiran cermin nantinya akan semakin mempermanis suasana interior tersebut.

Anda juga bisa menyesuaikan warna bingkai cermin dengan ornamen di sekitar ruangan. Misalnya dinding, meja, atau dekorasi lainnya. Sehingga tampilannya akan serasi.

Menentukan Jenis Coating

Selain menentukan warna yang tepat, pemilihan jenis coating juga tak boleh diabaikan. Sebab hal tersebut berhubungan dengan daya tahan dari kaca cermin tersebut terhadap oksidasi ataupun karat. Di pasaran ada beberapa macam coating yang dipakai pada cermin. Misalnya coating titanum atau coating silver.

Jika bingung, Anda bisa memilih cermin dengan coating titanium jika berniat memasangnya di area yang basah, lembap, atau outdoor. Pasalnya coating tersebut sudah mengusung teknologi anti karat pada cermin. Lalu Anda bisa memakai cermin dengan coating silver jika diletakkan di area yang cenderung kering.

Akses ke Lokasi Pasang

Jangan lupa untuk memperhatikan akses ke lokasi pemasangan cermin. Terlebih jika Anda ingin memasang kaca berukuran besar. Pastikan penempatan cermin memiliki akses yang mudah dijangkau. Sehingga nantinya proses pengangkutan cermin dari luar ke lokasi pemasangan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa berkonsultasi kepada penjual kaca cermin untuk mendapatkan masukan yang tepat.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Pemilihan cermin juga dapat disesuaikan dengan tema interior. Misalnya jika interior rumah mengusung nuansa minimalis, maka Anda bisa menggunakan kaca cermin dengan ukuran sedang sampai besar yang diletakkan di ruang utama agar memberikan kesan lapang. Akan tetapi jangan lupa untuk mengukur ruangan sehingga Anda bisa menentukan ukuran yang sesuai dengan interior Anda.

Mencocokkan kaca cermin dengan tema interior tidak hanya sebatas pada ukurannya saja. Anda juga bisa memilih cermin oval untuk memperkuat tema vintage. Atau jika interior mengusung konsep kontemporer Anda bisa berkreasi dengan cermin lingkaran atau segi empat.

Tips Perawatan Kaca Cermin

Kaca cermin juga membutuhkan perawatan agar dapat dipakai dalam waktu yang lama. Cara merawatnya pun perlu dilakukan dengan hati-hati, sebab materialnya yang mudah pecah. Walaupun demikian perawatan cermin terbilang mudah. Anda hanya perlu memperhatikan debu yang ada di cermin.

Debu bisa hinggap kapan saja dan di mana saja, termasuk pada kaca. Maka dari itu sangat disarankan  untuk membersihkan cermin. Usahakan untuk membersihkannya setiap hari. Anda bisa menggunakan lap kering atau kemoceng.

Dengan kebersihannya yang selalu terjaga kaca cermin akan selalu tampak mengkilap seperti baru. Selain itu juga membuat cermin enak dipandang, terutama saat ada tamu datang berkunjung.

Baca juga: Desain Ruang Kantor Minimalis

Perawatan Kaca Cermin Agar Tetap Berkilau

Ada perawatan khusus yang dapat Anda lakukan secara rutin agar cermin selalu berkilau dan terhindar dari jamur. Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang biasa tersedia di rumah. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi jika ingin membersihkannya.

Cuka Putih

Cuka menjadi salah satu bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan cermin. Cuka putih umumnya dipakai untuk memasak. Akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan kaca cermin.

Caranya siapkan air hangat dan campurkan cuka ke dalamnya. Campuran ini bisa langsung dipakai untuk membersihkan noda yang menempel pada cermin.

Alkohol

Selain cuka Anda juga bisa mencoba membersihkannya dengan alkohol. Sama seperti cuka, campurkan alkohol dengan air dan masukkan ke dalam botol dengan semprotan.

Alkohol dapat dipakai untuk menghilangkan kerak yang ada pada cermin. Selain itu cairan ini juga bisa membuat cermin tampak bersih seperti baru. Anda hanya perlu menyemprotkan campuran air dan alkohol tadi ke area yang berkerak dengan lap kering.

Pasta Gigi

Pasta gigi bisa dipakai untuk menghilangkan jamur pada cermin. Caranya oleskan pasta gigi pada area yang berjamur, diamkan sampai kering dan bersihkan dengan kain basah. Terakhir keringkan kaca cermin.

Kain Katun

Untuk membersihkan debu yang menempel pada kaca cermin Anda dapat memakai kain katun. Apabila tidak terlalu tebal cukup gunakan kain katun kering. Sedangkan jika debu yang menempel sudah tebal pakai kain katun yang sudah dibasahi dengan air ataupun cairan pembersih. Lalu gosok cermin sampai bersih.


Loading...