Ukuran Standar Kusen Pintu dan Jendela Rumah


Ukuran Standar Kusen Pintu dan Jendela – Kusen merupakan suatu bingkai yang berbentuk balok yang berbahan dasar dari berbagai material mulai dari kayu, aluminium, dan lain sebagainya. Dimana kusen ini memiliki fungsi yaitu untuk tepat diletakkannya sebuah pintu, jendela, kaca, dan teralis agar dapat tepat di bagian konstruksi pada sebuah bangunan. tidak hanya itu, kusen ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu berperan sebagai salah satu faktor dalam memberikan estetika suatu bangunan.

Oleh karena itu tidak heran apabila banyak sekali jenis kusen pintu maupun jendela yang semakin menarik seiring adanya perkembangan zaman. Untuk setiap kusen pintu maupun jendela pasti memiliki ukurang yang berbeda beda berdasarkan jenisnya dan juga ukuran tersebut bergantung pada ukuran daun pintu. Untuk dapat menentukan ukuran dari kusen pintu ini diperlukan ketelitian khusus agar nanti saat sudah dibangun dan dipasang ukuran kusen dapat terlihat pas dan menjadi lebih apik.

Baca Juga: Harga Kayu Kaso Berbagai Ukuran

Baca Juga: Harga Molen Cor Mesin Pengaduk Semen

Pada umumnya apabila seseorang ingin membuat kusen pintu kayu maka menggunakan ukuran balok smepurna yaitu 6 × 15 cm. atau juga dapat menggunakan kayu balok yang memiliki ukuran 6 × 12 cm. disarankan sebelum mulai membuat kusen pintu, juga harus mengetahui tentang jenis dimensi dari pintu yang akan digunakan nantinya. Apabila telah mengerti atau memiliki pengetahuan dasar akan beberapa hal diatas, nantinya dalam menentukan ukuran kusen akan menjadi lebih mudah.

Anda juga dapat menjadi lebih peka terhadap apa yang akan terjadi saat sudah mulai ditempelkan atau dipasangkan. Apakah lebar dari kusen tersebut terlalu kecil atau juga sebaliknya. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa ukuran kusen pintu yang sering digunakan. Berikut ini adalah beberapa ukuran kusen pintu berbagai jenis yaitu:

Kusen Pintu Utama 1 Daun

Pada umumnya terdapat salah satu jenis atau model pintu yang sering digunakan sebagai pintu utama yaitu pintu dengan 1 daun pintu. Untuk ukuran kusen dari jenis atau model pintu utama ini adalah 6 cm pada setiap sisi dengan ukuran daun pintu 80 cm lebar dengan 120 cm tingginya. Pada umumnya untuk memilih jenis pintu yang memiliki 1 daun pintu ini akan disesuaikan dengan desain rumah. Dan untuk ukuran yang digunakan dlaam membuat kusen pintu dengan perpaduan daun jendela adalah 12 cm.

Kusen Pintu Utama 2 Daun

Akhir – akhir ini pintu utama banyak menggunakan dengan 2 daun lebih diminati. Hal tersebut disebabkan pintu utama adalah sebagai akses penting bahi siapa saja untuk keluar masuk. Tidak hanya itu pintu utama juga dapat mempermudah saat ingin memasukkan perabotan dan perlengkapan kedalam rumah. Pada saat terdapat acara, jenis pintu 2 daun ini juga dapat memudahkan banyak orang untuk keluar masuk.

Dalam membuat ukuran daun pintu masing – masingnya berukuran 60 cm × 200 cm. dan untuk ukuran dari kusen 2 daun pintu ini sama dengan ukuran kusen sebelumnya yaitu ukran kusen satu daun dimana ukurannya adalah 6 cm pada setiap sisinya. Sedangkan untuk ukuran pada daun jendela yaitu 12 cm.

Baca Juga: Harga Kusen Kayu Pintu Dan Jendela Agustus 2022