Cara Tes Kapasitas Baterai Yang Tepat

Endah Wahyuni

Cara Tes Kapasitas Baterai Yang Tepat – Baterai bisa dibilang menjadi salah satu benda yang penting bagi kebanyakan orang. Sebab baterai bisa digunakan pada berbagai peralatan elektronik. Mulai dari senter, jam, remote, keyboard dan mouse wireless, serta masih banyak lagi peralatan lainnya.

Saat ini ada cukup banyak jenis baterai yang bisa kita temui di sekitar kita. Banyaknya jenis baterai ini bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Seperti berdasarkan bahan pembuatnya, bentuk, dan ukurannya. Salah satu yang populer belakangan ini adalah baterai lithium-ion.

Baterai tersebut cukup banyak beredar di pasaran dan menjadi salah satu yang paling diminati oleh masyarakat. Baterai lithium-ion dijual dengan spesifikasi yang beragam. Umumnya baterai ini memiliki kapasitas daya 2200-3000 mAh.

Baterai rechargeable bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Hanya saja salah satu kekurangan dari penggunaan baterai yang dapat dicas adalah tidak adanya informasi mengenai kapasitas baterai yang tersisa. Untuk mengetahuinya kita butuh alat yang dibuat khusus untuk mengetahui kapasitas daya yang ada pada sebuah baterai lithium-ion. 

Apabila mencarinya di toko atau e-commerce, Anda akan menjumpai ada banyak macam peralatan untuk mengecek kapasitas baterai. Ada yang bentuknya menyerupai modul dan juga ada yang berbentuk seperti charger. Di samping itu kita juga bisa mengetahui voltase dengan memanfaatkan multimeter.

Bagikan: