Ukuran Standar Kusen Pintu dan Jendela Rumah


Baca Juga: Harga Kusen Aluminium

Kusen Pintu Kamar Tidur Aluminium

Pada suatu rumah pasti terdapat ruangan kamar tidur. Dimana salah satu bahan yang sering digunakan adalah aluminium. Sebagian besar orang memilih pintu aluminium dikarenakan lebih awet dari pada pintu yang terbuat dari kayu. Untuk harganya juga lebih terjangkau, sehingga banyak orang yang memilih pintu dengan berbahan dasar aluminium ini.

Idealnya untuk ukuran pintu kamar tidur adalah 80 cm × 200 cm. Ukuran tersebut tentu saja belum termasuk ukuran dan ketebalan dari kusennya. Pada umumnya ukuran kusen dari pintu aluminium unu menggunakan 4 inch. Dan untuk ketebalan kusenn ini digunakan antara 1 sampai dengan 1,5 cm. apabila anda menggunakan pintu kamar dengan bahan Engineering, maka ukuran pintu ditambah dengan ketebalan kusennya 92 cm × 220 cm.

Kusen Pintu Geser

Apabila anda ingin yampilan rumah yang terlihat minimalis, maka anda dapat menggunakan jenis pintu geser atau dapat juga disebut dengan sleeding door. Dimana pintu geser ini pada umumnya digunakan untuk melihat taman atau sebagai tempat bersantai. Terdapat juga jenis pintu lipat yang juga menarik untuk digunakan. kedua jenis pintu tersebut hampir sama akan tetapi memiliki ukuran yang berbeda.

Untuk pintu geser ini menggunakan jenis material aluminium dimana bagian atas atau bawahnya terdapat rel. pada umumnya pintu jenis ini dibuat dengan ukuran 210 cm × 80 cm. dengan membuat ukuran yang lebih lebar dan besar akan membuat anda dapat menikmati pemandangan hanya dari dalam rumah saja.

Akan tetapi terdapat juga yang tampaknya hanya memakai ukuran kecil untuk digeser. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan berbagai desai atau model rumah dna uga ukuran dari keseluruhan rumah. Ukuran tersebut sudah termasuk dalam ketebalan kusen yaitu 92 cm × 220 cm.

Kusen Pintu Kamar Mandi

Pada umumnya untuk pintu kamar mandi ini terbuat dari bahan aluminium dan PVC. Dimana ukuran antara kedua material tersebut juga berbeda. Untuk ukuran pintu berbahan aluminium adalah 40 cm × 180 cm. dan bahan tersebut digunakan pada jenis rumah minimalis. Sedangkan anda yang lebih suka menggunakan bahan PVC, ukuran pintunya adalah

Baca Juga: Harga Kusen Cor / Beton Jendela Dan Pintu Agustus 2022

Baca Juga: Harga Dan Ukuran Kusen Baja Ringan

Tabel Ukuran Kusen Pintu dan Jendela

Untuk lebih detailnya dan mudah diperbandingkan antara ukuran kusen pintu ruangan satu dengan yang lainnya, bisa disimak daftar tabel ukuran berikut di bawah ini:

Jenis Ruangan Ukuran Kusen Pintu
Ruang Utama, Ruang Tamu, dan Ruang Keluarga 150 cm x 220 cm
Kamar Mandi 72 cm x 220 cm
Kamar Tidur 92 cm x 220 cm
Dapur dan Ruang Makan 92 cm x 220 cm
Pintu Eksterior atau Taman 92 cm x 220 cm
Gudang 92 cm x 220 cm
Garasi 82 cm x 240 cm

Gambar Ukuran Kusen Pintu dan Jendela

1. Ukuran Kusen Pintu Utama

2. Ukuran Pintu Utama 1 Daun