Harga Dan Ukuran List Gypsum Per Meter

Harga Dan Ukuran List Gypsum – Ketika ingin membangun rumah atau merenovasinya kita harus sudah memiliki bayangan akan seperti apa tampilan rumah ataupun bangunan yang akan dibuat nantinya. Baik di sisi eksterior, maupun interiornya. Sedangkan di sisi interior kita bisa berekspresi dengan leluasa sesuai keinginan.

Saat ini ada banyak sekali referensi desain interior yang bisa kita dapatkan dengan mudah lewat majalah, koran, televisi, ataupun internet. Misalnya untuk plafon kita ingin memakai bahan gypsum. Maka kita bisa mencari tahu desain apa saja yang bisa dijumpai di pasaran.

Saat memutuskan memilih plafon gypsum, maka yang tak bisa absen adalah list gypsum. Mungkin Anda sudah mengetahui material ini, berikut fungsinya. Jika belum tidak perlu bingung, berikut akan kami bahas lebih jauh seputar list gypsum, beserta harganya.

Baca juga: Harga Pasang Plafon Gypsum Per Meter

Apa itu List Gypsum

Pertama-tama mari kita bahas apa itu gypsum. Gypsum adalah bahan yang mengandung kadar kalsium cukup tinggi. Biasanya gypsum sangat lazim digunakan dalam dunia konstruksi. Akan tetapi tidak hanya untuk bangunan, gypsum juga biasa dipakai sebagai bahan pembuatan produk kecantikan maupun obat-obatan.

Gypsum merupakan salah satu mineral yang mengendap karena adanya konsentrasi ion oleh penguapan. Saat air mengandung kadar garam yang tinggi maka dapat mengubah bahan tersebut menjadi basanit atau menjadi anhidrit.

Karena merupakan mineral yang terbentuk dari proses penguapan, endapan gypsum membentuk lapisan di batuan-batuan sedimen, batu pasir, batu gamping, serpih merah, garam, lempung, hingga garam batu. Anda bisa menjumpai endapan tersebut di danau, laut, mata air panas, maupun jalur endapan belerang dari gunung berapi.

List atau profile gypsum adalah material bangunan yang fungsinya untuk memperindah plafon interior bangunan. Oleh karenanya di pasaran ada cukup banyak motif list gypsum yang bisa dibeli. Mulai dari motif polos, hingga motif ukiran yang terlihat rumit. Adanya berbagai macam pilihan motif memudahkan calon pembeli untuk menyesuaikan konsep interior bangunan atau rumah.

Tidak hanya motifnya saja yang beragam, ukuran list gypsum juga bervariasi. Ukuran panjang list ini berkisar 1 meter sampai dengan 3 meter. Sedangkan lebarnya mulai 1 cm sampai 50 cm.

List gypsum dibuat dari tepung gypsum casting dan serat fiberglass yang kemudian dicetak memakai cetakan yang terbuat dari resin fiber. Dengan komposisi tersebut tidak mengherankan jika list gypsum mempunyai material yang cukup lentur.

Daftar Harga List Gypsum

Sudah kami jelaskan di atas bahwa list gypsum mempunyai motif dan ukuran yang cukup bervariasi. Kedua hal ini berdampak pada banderol harganya yang bisa berbeda. Akan cukup merepotkan jika Anda harus bertanya soal harga ke beberapa toko. Maka dari itu berikut ada daftar harga list gypsum yang bisa Anda jadikan patokan sebelum membeli ke toko bangunan.

Ukuran List Gypsum Harga Per Batang
2,2 m x 4 cm Type B Nano Rp. 16.000
2,2 m x 4 cm Type B Polos Rp. 16.000
2,2 m x 5 cm Type B Piano Rp. 18.000
2,2 m x 5 cm Type B Kembar Rp. 18.000
2,2 m x 8 cm Type Mitra Rp. 18.000
2,2 m x 5 cm Type B Tambang Rp. 21.000
2,2 m x 18 cm Type S Lama Rp. 30.000 –  35.000
2,2 m x 13 cm Type Beringin Rp. 35.000
2,2 m x 14 cm Type Mawar Rp. 35.000
2,2 m x 15 cm Type QQ Rp. 35.000
2,2 m x 13 cm Type Konde Rp. 36.000
2,2 m x 17 cm Type Shangrila Rp. 41.000
2,2 m x 10 cm Type Piano Rp. 22.000 –  25.000
2,2 m x 9 cm Type Kipas Rp. 22.500
2,2 m x 10 cm Type S BB Rp. 22.500
2,2 m x 10 cm Type Siku Rp. 22.500
2,2 m x 12 cm Type QQ Rp. 24.000 –  27.000
2,2 m x 10 cm Type Sleebor Rp. 25.000
2,2 m x 10 cm Type Bambu Rp. 25.000
2,2 m x 12 cm Type Siku Rp. 27.000
2,2 m x 12 cm Type S Lama Rp. 27.000
2,2 m x 12 cm Type Bayam Rp. 30.000

Perlu kami tekankan bahwa harga di atas masih dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu biasanya masing-masing toko menetapkan harga yang berbeda, meskipun selisihnya tidak terlalu besar.

Alur Perhitungan Biaya Pemasangan

Saat hendak memasang list plafon maka kita harus mengetahui berapa dana yang harus dikeluarkan. Maka dari itu penting bagi kita untuk memahami dan menguasai cara menghitung biaya list plafon Gypsum. Berikut adalah gambaran secara umum mengenai perhitungan biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan list plafon gypsum.

Perhitungan Biaya Material

Ketika ingin memasang list gypsum maka kita perlu menyiapkan material atau bahan bangunan terlebih dahulu. Biasanya yang perlu kita beli mencakup list plafon dan paku list. Akan tetapi bahan yang disiapkan juga tergantung dari pertemuan antara plafon dan tembok, desain plafon maupun variasi yang ingin ditambahkan. Di samping itu lekukan dan tonjolan kolom atau balok pada plafon juga akan mempengaruhi kebutuhan materialnya.

Ongkos Pengerjaan

Selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah ongkos pengerjaan. Anda perlu mencatatnya dan memasukkannya ke dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Jumlah pekerja atau tukang yang dilibatkan tergantung dari pekerjaan pemasangan. Jika tidak banyak maka Anda bisa mempekerjakan 1 tukang saja.

Sedangkan jika berskala besar, maka Anda akan membutuhkan beberapa tukang atau tenaga,  yang mencakup pekerja, tukang kayu atau tukang plafon, kepala tukang, dan mandor. Dari beberapa pekerja tersebut umumnya yang sering dibutuhkan adalah tukang plafon saja. Selain itu khusus kepala tukang dan mandor dapat dikecualikan jika pekerjaan berskala kecil.

Menghitung Volume Pekerjaan List Gypsum

Untuk mengetahui volume pekerjaan list gypsum maka kita perlu menghitungnya berdasarkan panjang list yang mengelilingi ruangan yang ingin dipasangi list tersebut. Menghitung panjang list bisa dengan mencari tahu keliling ruangan secara manual maupun dengan memakai rumus.

Seperti yang diketahui, untuk menghitung keliling ruangan kita bisa memakai rumus di bawah ini:

Keliling ruangan = 2 x (panjang + lebar)

Menghitung Biaya List Gypsum

Apabila Anda ingin menghitung kebutuhan biaya list gypsum, maka Anda tinggal menjumlahkan biaya bahan dan ongkos tukang. Untuk komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan biaya tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang.

Analisa Biaya Pemasangan List Gypsum

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya lis plafon, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m pemasangan lis plafon gypsum, membutuhkan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya sebagai berikut :

ANALISA PEMASANGAN 1 M1 LIST PLAFON GYPSUM PROFIL
URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH
TENAGA
Pekerja OH 0,0500 103.000,00 5.150,00
Tukang Kayu OH 0,0500 115.000,00 5.750,00
JUMLAH TENAGA KERJA 10.900,00
BAHAN
List Gypsum  7 cm m’ 1,0500 12.000,00 12.600,00
Paku list kg 0,0100 30.000,00 300,00
JUMLAH HARGA BAHAN 12.900,00
Jumlah (A + B + C) 23.800,00
Overhead & Profit 0 % x D
Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 23.800,00

Baca juga: Harga Dan Ukuran Fisher Gypsum

Manfaat Gypsum

Berbicara soal gypsum mungkin sebagian besar orang akan beranggapan bahwa bahan ini dipakai untuk plafon. Akan tetapi sebenarnya penggunaan gypsum tidak sebatas itu saja. Masih ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan saat menggunakan material gypsum untuk konstruksi bangunan. Berikut adalah beberapa kegunaan dari gypsum yang bisa Anda simak.

Sebagai Konstruksi Plafon

Gypsum bisa kita manfaatkan sebagai konstruksi plafon. Material gypsum terkenal tahan api dan lebih fleksibel dalam urusan pemasangan. Maka dari itu bahan ini cocok dipakai untuk plafon. Gypsum mempunyai kontur yang lebih rapi, presisi dan tidak mudah rusak.

Tidak hanya itu saja, gypsum juga dibuat dalam bentuk lembaran yang lebar sehingga proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Serta tidak menghabiskan banyak waktu maupun tenaga saat proses instalasi.

Untuk Ornamen Rumah

Gypsum juga bisa kita manfaatkan untuk ornamen rumah. Misalnya kita manfaatkan untuk ceiling center atau list. Di samping itu kita bisa memanfaatkannya untuk diolah menjadi bentuk kubah, bertingkat, dan lain sebagainya. Perawatannya pun juga mudah. Cukup dengan mengelapnya memakai kain basah dan mengeringkannya kembali saat gypsum terlihat kotor maupun berdebu.

Bisa Dipakai untuk Sekat Dinding

Selain untuk plafon gypsum juga bisa kita manfaatkan untuk sekat dinding. Anda bisa langsung mengaplikasikan cat tembok tanpa perlu diblok lagi. Menariknya gypsum mudah menyerap cat dan mempunyai daya rekat yang baik. Sehingga Anda bisa menggunakan berbagai jenis cat untuk mewarnainya.

Untuk Perekat atau Plester

Gypsum bisa dimanfaatkan untuk perekat. Jika dipakai di sisi interior plester gypsum dipakai untuk melapisi dinding atau langit-langit. Sedangkan untuk sisi eksterior gypsum dipakai sebagai pengganti acian di bagian dalam bata.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda terkait harga dan ukuran list gypsum. Semoga Anda terbantu dengan apa yang kami sajikan di atas.