Harga Kayu Kaso Berbagai Ukuran


Harga Kayu Kaso Berbagai Ukuran – Didalam bidang konstruksi pasti banyak sekali aspek dan komponen penting yang harus diperhatikan agar dalam proses pembangunan tersebut dapat berlangsung dengan lancar dan baik.



Sedangkan dalam proses pembangunan tersebut pasti membutuhkan beberapa material serta peralatan – peralatan yang dapat menunjang. Salah satu material tersebut adalah kayu. Kayu sendiri memiliki peranan penting sebagai salah satu material konstruksi tersebut. Kayu terdiri dari berbagai macam jenisnya. Salah satu jenis kayu yang digunakan pada bidang konstruksi adalah kayu kaso.

Baca juga: Model Variasi Tiang Baja Ringan

Baca juga: Harga Kayu Mahoni Per Kubik Terbaru 2022

Kayu kaso merupakan kayu yang terbuat dari gabungan kayu lain seperti jari, merantu ataupun kamper. Kayu kaso pada umumnya dimanfaatkan sebagai salah satu material bangunan. meskipun seiring berjalannya waktu penggunaan dari kayu kaso sendiri telah terganti dengan besi hollow akan tetapi kayu ini masih menjadi favorit untuk beberapa orang.

Dalam penggunaan kayu ini umumnya digunakan sebagai penopang plafon dan rangka dasar bangunan. tidak jarang juga digunakan untuk membantu proses pengecoran. Kayu jenis kaso ini paa umumnya dijual di pasaran dengan dua macam tergantung dari ukuran dan bahan kayunya, untuk ukuran pasaran kayu kaso yaitu 4×6 cm dan 5×7 cm dengan panjangnya sekitar 4 meter.



Fungsi Kayu Kaso

Pada umunya kayu kaso ini digunaka sebagai material utama dalam pembuatan rangka dasar dan juga plafon. Kayu ini dapat membuat proses pembangunan lebih mudah dan juga cepat. Hal itu disebabkan karena kayu kaso memiliki bobot yang lebih ringan dibanding dengan kayu lainnya.

Hal itulah yang membuat pemasangan kayu kaso ini tidak membutuhkan banyak tenaga atau tukang dalam pengangkatannya. Jenis kayu ini biasanya cocok digunakan pada konsruksi dengan konsep tradisional atau heritage. Seperti halnya dengan kayu dan material lainnya kasyu kaso juga dapat dicat sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Kuda Kuda Baja Ringan Berbagai Jenis Atap

Baca juga: Plafon Triplek, Cocok Untuk Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga



Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso

Setiap jenis kayu pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing – masing. Berikut ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari kayu kaso yaitu:

Kelebihan

  • Kayu kaso mudah lebih mudah diaplikasikan pada setiap rangka bangunan. Proses pengerjaannya cukup ringkas, cepat, dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Untuk memasang kayu kaso Pins hanya perlu gergaji, paku, dan palu.
  • Ada jenis kayu kaso yang tahan rayap. Oleh karena itu, kayu kaso bisa menjadi pilihan jika kamu masih ragu memakai baja hollow. Karena anti rayap, maka kayu kaso tersebut juga tahan lama.
  • Kayu kaso memiliki kemampuan untuk menopang beban yang sangat berat. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakannya untuk menopang rangka atap agar tidak ambrol
  • Kayu kaso memiliki bobot yang sangat ringan, sekalipun bisa menopang beban berat.
  • Bobot kayu kaso yang ringan akan mempermudah proses pengerjaan konstruksi. Selain itu, Pins juga tidak memerlukan tukang banyak karena pemindahan kayu kaso mudah dilakukan.
  • Kayu kaso banyak dijual di pasaran. Harganya pun cukup beragam, jadi bisa memilih dengan kebutuhan.

Kekurangan

  • Harga kayu kaso bisa mengikuti kebutuhan pasar. Apabila sedang tidak musim dan permintaan pasar cukup banyak, maka harga kayu kaso melambung tinggi.
  • Kayu kaso memiliki tampilan yang lawas atau jadul, sehingga kurang cocok digunakan pada rumah minimalis modern.
  • Ada jenis kayu kaso murah yang tidak anti rayap, sehingga hal tersebut membuat daya tahan konstruksi menjadi berkurang.
  • Kayu kaso yang digunakan untuk membuat konstruksi bangunan umumnya lebih banyak daripada material lain. Oleh karena itu, penggunaannya juga dinilai tidak ramah lingkungan karena harus menebang banyak pohon, sekalipun kayu kaso bisa didaur ulang.

Baca juga: Harga Kayu Glugu Gelondongan Dan Per Batang